8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Tradisi “Ngobeng” Warga Ciroyom Cipedes Kota Tasikmalaya di Moment Perayaan HUT RI Ke – 75 Tahun

Cipedes, faktadanrealita.com
Kemeriahan tradisi ‘ngobeng’ (ngambil ikan pakai tangan) di lingkungan RT. 01 dan RT. 07 RW.10 Kampung Ciroyom Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga berbagai kalangan usia baik anak-anak, muda-mudi, kaum ibu dan bapak.

Ketua RW.10, Heri Juhaeri (bertopi) dan ketua RT.07 Jaja saat memantau persiapan ‘ngobeng’

‘Ngobeng’ sendiri berlangsung di saluran air (selokan) yang ada di wilayah RW.10. “Sebelum ditaburi ikan, warga bergotong royong membersihkan sampah seperti paku, beling dan sebagainya yang bisa membahayakan para pengobeng. Setelah bersih, selokan pun di taburi ikan emas dan nilem sebanyak 30 kg lebih”, demikian kata Ketua RW.10 Heri Juhaeri pada faktadanrealita.com, Minggu, 23 Agustus 2020.

Baca Juga :   BLT Akan Cair April 2020, Mendes PDTT Jelaskan Mekanisme Penerimaan BLT-Dana Desa
Keseruan ‘ngobeng’ warga RT.01 dan RT.07 Ciroyom

Kemeriahan pun semakin pecah saat warga di keRTan itu turun bersamaan untuk memulai acara ‘ngobeng’, bahkan ada salah satu penonton yang secara spontan ikut tercebur ke area saluran air tersebut, kontan saja mengundang banyak tawa orang – orang yang melihatnya.

Kaum ibu dan anak saat mengikuti serunya ‘ngobeng’.

Mayoritas warga mengaku senang bisa ikut lomba ‘ngobeng’ di moment perayaan HUT Kemerdekaan RI ke – 75 ini meski tak banyak yang berhasil mendapat ikan bahkan sampai ada yang tidak mendapatkan satu ekor ikan pun namun mereka tetap senang dan terhibur. *

Reporter Liputan : Neng Meida
Editor : Irfans Hasanudin

Bagikan :
error: Protect !!!