Pondok Pesantren Suci Gelar Tabligh Akbar

oleh -160 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PONDOK Pesantren (Ponpes) Suci atau dikenal dengan sebutan Pesantren Balong menggelar Tablig Akbar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah dan Syukuran Rehab Masjid Jami, serta Pembagian Ijazah Wal Qiroah Kitab Burughul Marom, bertempat di Lokasi 1 Pesantren Suci, Jalan Raya A. Yani Timur, Desa Suci, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat, Sabtu (06/11/2022).

Pada kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren yang telah berdiri satu abad lebih sejak jaman pemerintahan kolonial belanda, seiring pindahnya pusat pemerintahan kabupaten Garut dari Balubur Limbangan ke kawasan Suci ini, tampak hadir para tokoh ulama dan alumni santri Ponpes Suci yang berdatangan dari berbagai pelosok daerah di seluruh Indonesia.

Selain itu, hadir pula dalam acara tersebut, Jajaran Forkopimcam Karangpawitan, Perwakilan MUI Kabupaten/kecamatan, Tokoh dan Ulama Garut, Ketua DPC Pemuda Pancasila Garut, Banser NU, Perwakilan Ormas, dan Tokoh Masyarakat setempat.

Pimpinan Pondok Pesantren Suci, KH Abdurahman Al Qudsi dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan tamu undangan yang telah menghadiri kegiatan di pesantrennya ini.

“Kepada para tokoh dan ulama, dari MUI, Ormas Islam, mereka yang sudah datang jauh-jauh dari luar provinsi, Pak Camat, Pak Kapolsek, Bu Danramil, semuanya saya ucapkan terima kasih telah turut hadir,” ucap Kyai yang baru saja memimpin Ponpes Suci, meneruskan ayahnya KH Muhammad Qudsi tokoh ulama besar yang namanya mendunia, dan dikenal aktif di Partai Masyumi semasa Kemerdekaan ini.

Dikatakan Kyai Qudsi, agenda utama hari ini adalah pembagian ijazah wal qiroah kitab burughul marom angkatan ke-4, yang mana ada 50 santri dari berbagai pelosok yang berhasil lulus.

“Sebelumnya di kita ini, untuk ijazah wal qiroah santri yang mendengarkan gurunya ngaji, tapi sekarang metodenya kita rubah, jadi santri yang membacanya,” terangnya.

 

Lanjutnya, karena momen kali ini, waktunya bertepatan dengan selesainya pelaksanaan rehab Mesjid Jami dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW maulidan maka sekalian saja kita adakan Tabligh Akbar.

“Untuk tabligh akbar, alhamdulillah telah hadir di tengah-tengah kita tamu kehormatan yang akan menjadi penceramah hari ini, yakni ustad KH Qodsi yang akan memberikan tausiyahnya kepada kita semua,” katanya.

Sementara itu, pada pidato sebelumnya, mewakili forkopincam Karangpawitan, Kapolsek Karangpawitan, AKP H Budi Jakaria menyampaikan aspresiasi sebesar-sebesarnya terkait pelaksanaan kegiatan Tabligh Akbar di Ponpes Suci ini.

Menurutnya, pada kenyataannya ulama dan umaro sudah sepatutnya saling berdampingan dan bersinegitas satu sama lainnya, agar kepentingan umat bisa terlayani dengan baik.

“Hari ini kami aparatur pemerintahan kecamatan Karangpawitan, alhamdulillah bisa bersilaturahmi dengan para tokoh ulama di pondok pesantren yang memiliki historis sejarah panjang dan sejak jauh-jauh hari terus berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,” tegas Budi.

Kapolsek juga menyebutkan, pihak kepolisian sebagai aparat penegak hukum tentunya telah berkomitmen akan selalu membantu masyarakat dalam hal apapun sesuai tupoksi yang dimiliki, termasuk bilamana ada dari kalangan pesantren yang membutuhkan bantuan.

“Pokoknya jangan segan-segan untuk melaporkan kepada kami, jikalau ada atau terjadi hal-hal yang diluar ketentuan hukum yang berlaku di negara kita,” pungkasnya.

Terpantau Media Fakta dan Realita, pada kegiatan Tabligh Akbar yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan ormas yang ada di Kabupaten Garut ini, tampak berlangsung aman, tertib dan lancar, yang mana mereka begitu antusias dan khidmat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disusun oleh pihak panitia.

RED_FR

 

No More Posts Available.

No more pages to load.