Sejumlah Warga di Garut Kecewa atas Buruknya Pelayanan PDAM Tirta Intan

oleh -23 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BERBAGAI keluhan dari masyarakat menyeruak muncul kepermukaan yang diakibatkan buruknya pelayanan PDAM Tirta Intan kabupaten Garut.

Diketahui dari hasil pantauan Fakta dan Realita di lapangan kepada sejumlah pelanggan PDAM Tirta Intan, banyak diantara mereka yang merasa kecewa atas pelayanan  perusahan air minum berplat merah alias milik Pemerintah kabupaten Garut ini.

Dari mulai tidak stabilnya suplai air sampai nominal tagihan pembayaran yang kadang tak masuk diakal.

Seperti halnya dialami oleh salah satu pelanggan PDAM Tirta Intan berinisal A, warga komplek Perumahan Karisma Garut yang mengaku sangat dikecewakan dengan pelayanan yang diberikan PDAM. Ia menilai kinerja PDAM Garut jauh dari kata Profesional.

“Suplai air PDAM beberapa bulan ini tidak sesuai harapan, pada pagi hari dari jam 8 pagi sampai dengan menjelang Magrib, air sama sekali tidak mengalir. Baru setelah magrib atau malam hari air mulai mengalir, namun itu pun kecil dan agak keruh,” ungkap A kepada wartawan media Fakta dan Realita di rumahnya, Sabtu (11/07).

Ia mengaku, kejadian yang dialaminya ini telah berlangsung cukup lama, yakni sejak lebaran kemarin sampai dengan sekarang.

“Bukan hanya air di rumah saya saja, tapi semua warga di komplek Karisma bernasib sama. Sama-sama dipusingkan dengan tersendatnya suplai air PDAM ini, padahal dalam urusan pembayaran tagihan bulanannya, kita ini jarang telat,” tandasnya.

Selain itu A juga mempertanyakan cara kerja PDAM terkait penentuan nominal pembayaran tagihan air per bulannya yang kadang rancu karena tidak sesuai dengan jumlah pemakaian air yang digunakannya.

“Saya heran dengan tagihan air PDAM bulanan yang harus dibayar pelanggan, dasar penentuan nominalnya berdasarkan data dari mana, sementara petugas PDAMnya saja tak datang ke lokasi untuk mencatat meteran pelanggan, “ini kan aneh bagaimana caranya kok bisa begitu !!,” tegas A.

A yang juga aktif di LSM ini berharap agar pasokan air PDAM bisa mengalir dengan lancar kembali, baik pagi, siang hari maupun malam hari. Begitu pula dengan masalah pencatatan jumlah tagihan bulanan pelanggan yang dipandang sudah seharusnya mendapatkan perhatian serius.

“Kami ingin pihak PDAM bisa merespon segala permasalahan ini. Berusahalah bekerja dengan baik dan profesional dalam melayani pelanggan,” harapnya.

A juga menilai, banyaknya ketidak puasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Tirta Intan Garut sangat sungguh  disayangkan, dan ini telah menjadi pertanyaan besar bagi kami tentang  seperti apa manajemen yang diterapkan PDAM Tirta Intan selama ini.

“Seharusnya PDAM Tirta Intan bisa mencontoh manajemen PLN atau PDAM di kabupaten lain agar bisa memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, dan itu sudah menjadi tanggung jawab Dirut PDAM Tirta Intan bersama rengrengan para pengawas PDAM,” tandasnya.

Terakhir A mengatakan, masalah ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, harus segera ditanggapi secara serius oleh pihak PDAM demi terpeliharanya kepercayaan masyarakat pengguna air. “Pelanggan adalah raja, jangan sampai kecewakan mereka, tolong segera selesaikan permasalahan ini,” pungkasnya.

Reporter: Wa’Oded/WH|Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.