17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Reses Dadan Hidayatulloh Anggota DPRD Jabar Fraksi PKB, Soroti Rendahnya IPM Garut

Garut, faktadanrealita.com-

Bertempat di SMP Plus Nurul Qodir, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Garut, Anggota DRPD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Dadan Hidayatulloh, menggelar kegiatan reses II tahun 2020 dengan dihadiri ratusan masyarakat.

Kedatangan wakil rakyat yang bertugas di rumah rakyat DPRD Jawa Barat, sangat dinantikan oleh masyarakat yang berada di Garut Utara, khsususnya Kecamatan Cibatu. Yang mana dengan bertatap muka langsung dengan wakil rakyat bisa menyampaikan berbagai persoalan yang harus di perjuangkan.

“Persoalan yang saat ini terjadi di Kabupaten Garut, selain angka kemiskinan dan pengangguran, yakni yang paling utama Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang masih berada di tingkat bawah di 27 Kabupaten/Kota,” ujar salah satu warga Desa Wanakerta, Badru (38), Selasa (3/2/2020).

Dikatakan Badru, persoalan IPM hampir sejak dulu Garut masih terus berada di peringkat bawah, tidak ada perubahan yang sangat signifikan. “Bagaimana mau IPM naik, jika indikator yang berkaitan dengan IPM tidak ada kemajuan. Misalnya di bidang kesehatan, pelayanan masih buruk serta angka stunting masih tinggi,” ucapnya.

Baca Juga :   Wajib di Baca !! Cerita Hebat Bocah 10 Tahun Asal Sragen Peraih 700 Piala, Kini Jadi Guru Cilik

Sementara anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dadan Hidayatulloh, mengatakan, angka kemiskinan Garut merupakan salah satu persoalan yang memang harus menjadi perhatian semua pihak, bukan saja pemerintah, melainkan masyarakatnya sendiri harus ikut memikirkan dan memberikan jalan keluarnya.

“Angka kemiskinan memang salah satu problem yang klasik bagi Garut. Padahal banyak potensi yang bisa digali dalam mengurangi angka kemiskinan,” ucapnya.

Persoalan IPM Garut, kata Dadan, Pemerintah Kabupaten Garut sudah berupaya maksimal yang mana dalam setiap penganggaran selain memfokuskan pada bidang insfratruktur. Bidang kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas utamanya.

“Anggaran selalu besar setiap tahun di bidang pendidikan dan kesehatan. Itu upaya pemerintah dalam meningkatkan IPM Kabupaten Garut,” ujar Dadan.

Diakuinya, selain anggaran yang di gelontorkan sangat besar bidang pendidikan dan kesehatan dari APBD Garut, APBD dari Provinsi Jawa Barat juga sangat besar.

“Saya selaku wakil rakyat yang ada di Provinsi akan terus berjuang dalam mendatangkan anggaran untuk Kabupaten Garut, termasuk dalam penguatan perekonomian rakyat,” pungkasnya.(Dedi Oded)

Bagikan :
error: Protect !!!