17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Dalam Rangka Penyusunan RKPD 2021, Pemerintahan Kecamatan Tarogong Kaler selenggarakan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Garut, faktadanrealita.com-

Pemerintahan Kecamatan Tarogong Kaler menggelar acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2021 yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tarogong Kaler, Jalan Hasan Arif, kabupaten Garut, Kamis (13/02/2020).

hadir dalam pelaksanaan Musrenbang, Forkopimcam Kecamatan Tarogong Kaler, Staff Ahli Bupati, H.Mahmud, M.Pd (mewakili Bupati Garut), Anggota DRPD Garut dari  Fraksi Demokrat, H.moch. Riki, Kabid Bappeda, H. Yayan, Para Korwil dan UPT, Para Kepala Desa/ Kelurahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, RW, RT, dan Tamu Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Garut yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Mahmud, M.Pd mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 Tentang Tatacara Perencanaan Evaluasi Pembangunan Daerah tentang RPJMD dan RKPD Pasal 94 Ayat 3 dijelaskan bahwa dalam rangka penyusunan kerja  RKPD kabupaten maka perlu dilakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang ) di tingkat kecamatan.Musrembang di tingkat kecamatan ini merupakan forum antar pelaku pembangunan di tingkat kecamatan untuk membahas Hasil Daptar Usulan di Desa atau Kelurahan dilingkup kecamatan, sekaligus untuk bahan masukan penyempurnaan.

Di katakan Mahmud, selain dimaksudkan untuk menyusun RKPD tahun anggran 2021, pelaksanaan Musrenbang kali ini juga dijadikan sebagai wadah musyawarah antar dan para para pemangku kepentingan dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan di kecamatan tarogong kaler.

Baca Juga :   Songsong Porda Jabar, IPSI Garut Gelar Dandim Cup 2021

“Hasil musrenbang terkait penyusunan RKPD tahun anggaran 2021 di Kecamatan Tarogong Kaler ini, nantinya akan dijadikan sebagai bahan rancangan kerja perangkat daerah dan juga sebagai bahan kajian di tahun 2022, ” jelas Mahmud.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kecamatan (Camat) Tarogong Kaler, Saepul Rohman mengatakan, ada banyak potensi daerah di Kecamatan Tarogong Kaler, antara lain : Destinasi Wisata, Peternakan, Perikanan, Pertanian, Toko Oleh-oleh, Kerajinan dan Kesenian.

Saeful menjelaskan, selama ini kecamatanTarogong Kaler telah menyampaikan usulan perencanaan pembangunan yang merupakan hasil input SIPD, dan di tahun 2021 anggaran khusus  bidang infrastruktur telah ditentukan sebesar Rp 4 Milyar, yang leading sektornya berada di Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Dinas Perhubungan Garut.

Sementara itu, Anggota DPRD kabupaten Garut dari Fraksi Demokrat, moch. Riki dalam sambutan singkatnya mengatakan, mudah-mudahan Musrenbang sekarang ini tidak mustahil dan usulan aspirasi akan terealisasi dengan baik, ” tanpa harus ada kedekatan dengan bupati atau wakil bupati,”Ujarnya.(Rahman/Yosef)

Bagikan :
error: Protect !!!