19 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Babinsa 1102/ Karangpawitan Bersama Warga Bahu Membahu Bangun TPT Kampung Joglo

Garut, faktadanrealita.com

Karya bakti pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Kampung Joglo dengan panjang 15 meter, tingggi 6 meter dan lebar 1,5 meter dilakukan secara swadaya yang berlokasi di kampung Joglo Desa Karangpawitan, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat, Kamis (13/02/2020).

Tanah pinggul jalan longsor akibat diterjang hujan deras pada hari kamis tanggal 06/02/2020 minggu kemarin.

Pembangunan TPT ini mulai dilaksanakan pada hari jumat tanggal 07/02/2020 yang lalu dan pada hari ini direncanakan pengerjaannya akan beres.

Sesuai keterangan dari mulyana (45) sebagai tokoh masyarakat bahwa pengerjaan TPT ini sudah memakan waktu 6 hari lamanya.

“Pembangunan TPT ini sudah menghabiskan semen 70 sak, pasir 4 dam truk dan batu pondasi 7 truk, itu semua dari swadaya masyarakat termasuk bantuan dari para pengusaha lio bata didaerah ini,” katanya

Mulyana menambahkan bahwa pembangunan TPT ini tidak asal-asalan, sudah dirapatkan terlebih dahulu dengan warga.

“TPT ini dibuat 2 tingkat, dari dasar dengan tinggi 3 meter kita buat lebar 1,5 meter dan pada tingkatan kedua sampai atas dengan tinggi 3 meter juga kita buat lebar 1meter, jadi insyaAllah TPT bisa kuat menahan beban tanah,” ucapnya.

Baca Juga :   Bukannya Mendapat Perbaikan, Rumah Janda 72 Tahun di Kecamatan Karangpawitan Malah Mau Hancur

Hal senada diutarakan oleh Babinsa 1102/krp Sertu Taufik, bahwanTPT ini dikerjakan secara swadaya.

“Jadi awalnya saya mendapat laporan dari pak mulyana tentang jalan yang longsor, karena ini merupakan jalan inti maka kami beserta warga sepakat bahwa hari jumat minggu kemarin TPT mulai dikerjakan,” kata Sertu Taufik.

Sertu Taufik menjelaskan bahwa dirinya merasa bangga atas semangat gotong royong warga kampung Joglo.

“Panas, hujan kita gerak terus karena kita ingin TPT ini cepat selesai agar warga pengguna jalan merasa aman tidak perlu khawatir lagi, dengan gotong royong TPT dengan panjang 15 meter, tinggi 6 meter dan lebar 1,5meter dijadwalkan hari ini beres,” pungkasnya.(Wita)

Bagikan :
error: Protect !!!