17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

PAUD TK Prima Insani Garut Sambut Baik Kunjungan ‘Sarling’ Bunda PAUD Jabar

Garut, faktadanrealita.com-

Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil melakukan kunjungan kesejumlah tempat di Kabupaten Garut dalam rangka Siaran Keliling (Sarling) Jawa Barat.

Salah satu tempat yang dipilih untuk dikunjungi  Bunda PAUD Jabar, Atalia Praratya Kamil adalah PAUD TK Prima Insani yang berlokasi di Komplek Yayasan Prima Insani Garut, Jalan Ciledug no. 281, kelurahan Kota Kulon, kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut, Rabu (11/03/2020).

Dipilihnya PAUD TK Prima Insani untuk menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi oleh Istri tercinta Gubernur Jabar ini, tak telepas dari kepercayaan yang diberikan Bunda PAUD kabupaten Garut, Hj. Diah Kurniasari, yang mana Istri Bupati Garut itu menilai PAUD TK Prima Insani lebih siap dalam segala hal, baik dalam segi fasilitas maupun sumber daya yang dimilikinya.

Atas pertimbangan itulah, PAUD TK Prima Insani dipandang layak dan mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kunjungan Sarling Istri orang nomor satu di Jawa Barat ini.

Kesiapan PAUD TK Prima Insani terbukti tatkala, Atalia Praratya Kamil yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak  PKK  Jabar tiba bersama rombongannya di Komplek Prima Insani, mereka langsung disambut dengan tabuhan Drumband dan Persembahan Tarian oleh anak-anak PAUD TK Prima Insani.

Dalam kunjungannya di PAUD TK Prima Insani, Bunda PAUD Jabar, Atalia Praratya Kamil yang didampingi Bunda PAUD Garut dan Ketua Yayasan Prima Insani,  Dra. Hj. Lilis Rostina Ato serta Kepala Sekolah Prima Insani, Puji Fauziah, S.Pd.SD., berkesempatan mengadakan acara ramah-tamah sambil bertatap muka bersama para pengurus Prima Insani, perwakilan orangtua murid dan anak-anak peserta didik.

Bunda PAUD Jabar juga mengadakan acara sosialisasi “cara mencuci tangan yang baik” dengan mengajak anak-anak PAUD untuk memperagakan cara mencuci tangan menggunakan sabun. Terpantau Wartawan Fakta & Realita, dengan telaten dan penuh perhatian, Atalia memandu anak-anak untuk menirukan apa yang diperagakannya olehnya. Atalia juga mengingatkan kepada anak-anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun pada saat sebelum dan sesudah melakukan aktifitas tak terkecuali saat makan. Kegiatan mencuci tangan ini, dilakukan Atalia sebagai salah satu program Jabar dalam upaya pencegahan merebaknya wabah virus penyakit saat ini.

Selanjutnya, dikarenakan Atalia Praratya Kamil  juga manjabat sebagai Ketua Umum Forum Peningkatan Makan Ikan (Forikan), maka Ia pun berlanjut ke acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Pada kegiatan ini, Atalia berkenan mengadakan jamuan makan bersama anak-anak PAUD, dengan menu berbagai macam olahan berbahan dasar ikan yang selama ini telah biasa disukai anak-anak.

Diakhir acara, Bunda PAUD Provinsi Jabar ini membagi-bagikan buku berjudul ‘Mia dan Ikan Goreng’ dengan tak lupa membacakannya untuk anak-anak dan semua orang yang hadir, buku tersebut ia tulis dan ciptakan untuk mendukung Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Ditemui usai kunjungan dari Bunda PAUD Jabar ini, Kepala Sekolah PAUD TK Prima Insani Garut, Puji Fauziah, S.Pd.SD., kepada Wartawan Fakta & Realita, mengatakan bahwa atas nama ketua Yayasan Prima Insani, Para Pengurus, Para Orangtua dan Anak-anak peserta didik, menyambut baik kedatangan Bunda PAUD Jabar beserta rombongan, karena banyak hal positif yang didapat dari Sarling Jabar ini.

Baca Juga :   Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman: Masyarakat Disarankan Tak Gelar Munggahan Saat Menjelang Ramadhan

“Selamat datang di Garut Bunda, kami bangga dan berterimakasih, bagi kami ini merupakan suatu kehormatan,” ungkap puji

Ucapan terimakasih juga Ia sampaikan kepada Dispusipda Provinsi Jawa Barat, Bunda PAUD kabupaten Garut, Bunda PAUD kecamatan Garut Kota, Ibu Sekda, Dinas Pendidikan kabupaten Garut, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas perpustakan dan Arsip, IGTKI Kabupaten Garut, Team Hebat Prima Insani dan Seluruh Tamu Undangan yang telah menghadiri acara Sarling Ini.

Puji menilai, kegiatan Sarling yang dilakukan Bunda PAUD jabar disekolahnya ini, sangatlah positif khususnya bagi anak-anak, karena materi-materi yang disampaikannya sangat mendidik baik secara keilmuan maupun dalam sisi pembentukan karakter anak.

“Tadi ada peragaan cara mencuci tangan yang baik, Bunda PAUD Jabar sendiri yang memperagakannya, sebetulnya di Prima Insani hal ini sudah biasa dilakukan anak-anak, dengan adanya peragaan tadi, justru bagus, ya namanya juga anak-anak, pasti harus terus dan terus diingatkan,” ujar Puji.

Dikatakan Puji, untuk fasilitas kesehatan di Prima Insani ‘Alhamdulillah’ semuanya sudah lengkap. Khusus untuk tempat cuci tangan, kita telah menyediakannya di berbagai sudut sekolah, baik di lantai atas maupun lantai bawah, bahkan di dekan kolam pun ada.

“Jumlah tempat cuci tangan dirasa telah cukup dan anak-anak juga mudah menjangkaunya karena ketinggiannya telah kita sesuaikan,” jelasnya.

Untuk acara ‘Gemarikan’, menurut Puji, program tersebut sangat baik dan perlu dibiasakan pada anak-anak kita, selain sangat baik bagi kesehatan karena tidak menimbulkan lemak berbahaya. Ikan itu kaya protein dan mengandung omega3 yang baik bagi pertumbuhan badan dan perkembangan otak anak.

“Negara kita adalah negara maritim, kekayaan Ikannya melimpah ruah, kalau anak-anak Indonesia semua suka makan ikan dipastikan, negara kita akan maju,” harapnya.

Puji menyimpulkan, kunjungan Bunda PAUD Jabar ke PAUD TK Prima Insani Garut, diartikan sebagai sebuah bentuk kepercayaan pihak pemerintah terhadap kemampuan sekolah ini. Dan untuk menjaga kepercayaan ini tentunya kita akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, baik kepada orangtua, anak-anak, masyarakat dan juga pihak pemerintah.

Terakhir Puji berharap, kepada anak-anak peserta didik untuk senantiasa membiasakan diri dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, jadikanlah pengalaman tadi sebagai contoh yang harus selalu dilakukan. Khusus kepada orangtua murid diharapkan  selalu terjalin kerjasama yang baik, karena kemajuan pendidikan seorang anak sangatlah ditentukan oleh sejauh mana kolaborasi dan sinergitas antara pihak sekolah dan orangtuanya.(Wena/Dedi/Wita)

Bagikan :
error: Protect !!!