31 Juli 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Melalui “Mapaba”, PC PMII Pidie Jaya Cetak Kader Baru Berintelektual dan Bermoral

Meuredue, Fakta dan Realita-

PENGURUS Cabang Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Pidie Jaya-Pidie, terus berupaya mencetak para kader yang berintelektual dan bermoral, melalui giat Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Ke-2 ini.

Kegiatan Mapaba ke-2 ini digelar di Gedung PMI (Palang Merah Indonesia) Pidie jaya, pada tanggal 13-14 Juni 2021, dengan mengangkat tema “Menjadikan Mahasiswa Sebagai Insan Pergerakan Tahun 2021”.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Panitia kegiatan, Sahabat Sukurdi menyebutkan, Mapaba adalah jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII, yang merupakan pengenalan awal bagi  mahasiswa sebelum menjadi anggota PMII.

”Mapaba itu penting bagi mahasiswa yang ingin mengenal dan bergabung dengan PMII. Selain sebagai jenjang kaderisasi formal pertama dalam PMII, mapaba ini juga merupakan tahap penting yang wajib dilalui oleh calon kader untuk menjadi anggota PMII dengan predikat Mu’takid, secara khusus,” ujar Sukurdi.

Ia menambahkankan, sebagai mahasiswa tentunya banyak hal yang harus dipahami hari ini. Tatkala sudah berani melangkah dan memutuskan sebuah pilihan menjadi mahasiswa maka akan melekat sebuah tanggung jawab akan apa yang disandangnya.

“Disamping itu, Mahasiswa sebagai seseorang yang belajar di perguruan tinggi sudah barang tentu harus memiliki nalar kritis, berintelektual, spiritual dan bertindak elegan. Semua itu adalah sifat yang melekat pada mahasiswa, selain sisi tanggung jawab terhadap diri sendiri dan sosial,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua umum PMII Cabang Pidie Jaya-Pidie, Syahrul Maulana Mansur mengatakan, masa penerimaan anggota baru atau MAPABA Ke-2 adalah fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada mahasiswa, dalam rangka rekruitmen mahasiswa menjadi anggota PMII yang didalamnya terdapat materi kemahasiswaan, kebangsaan, keislaman dan keaswaja’an.

Baca Juga :   Patroli Gugus Tugas Covid-19 Kab. Tasikmalaya, Razia 70 Pelanggar Tak Bermasker

“Sejak berdiri di tahun 1960, PMII adalah salah satu organisasi Mahasiswa terbesar di Indonesia. Maka dari itu sudah sepatutnya kita sebagai penerus agen of change untuk terus menjaga keutuhan pergerakan mahasisswa indonesia,” ucapnya

Dia pun berpesan, bersemangatlah dalam berproses di PMII, serta amalkan ilmu-ilmu yang sudah didapat di PMII. Selain itu, diharapkan seluruh peserta Mapaba Ke-2 ini bisa tetap istiqomah selama berproses di PMII, termasuk untuk NU sendiri.

“Saya juga berhatap, semoga para calon anggota PMII bisa tetap konsisten dalam berproses tidak hanya pada tingkatan Mapaba tapi juga sampai ke jenjang selanjutnya supaya dapat menciptakan progres-progres yang baik untuk menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya

Terpantau, pada kegiatan Mapaba Ke-2 PMII ini diikuti sebanyak 30 peserta dan yang berhasil lulus sekitar 17 kader baru. Kegiatan Mapaba ini dibuka secara resmi oleh Bendahara umum Pengurus Cabang PMII Pidie Jaya-Pidie Sahabat Khairul Umam.

Turut menghadiri pelaksanaan Mapaba kali kedua ini, Khatib PCNU Pidie Jaya Tgk Muhammad Jafar, Ketua Bawaslu Pidie Jaya Fajri M. Kasem, Pengurus BNNK Pidie Jaya Fakriyadi, Ketua DEMA STIS Ummul Ayman Diaur Rifqi, Ketua IPNU Pidie Mustafa S.Pd sebagai pemateri, Mabincab Andi Firdaus, Senior PMII Mujiburahman Sebagai pemateri dan juga yang lainnya.

Setelah Kegiatan Mapaba yang ke-2 ini, akan dilanjutkan dengan Kegiatan besar cabang yaitu KONFERCAB Perdana, dan juga Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL)

Penulis: Tim FR Nangroe Aceh Darussalam 

Bagikan :
error: Protect !!!