Kegiatan “Bazar Hope” PGRI Garut Kota Mendapat Sambutan Positif Warga Pendidikan

Berita Utama300 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

SETELAH sebelumnya Pengurus PGRI cabang Garut Kota menggelar kegiatan rutin Jum’at Berkah Pemberian Paket Sembako kepada para Penjaga Sekolah dan Shodaqoh Makanan ke berbagai mesjid di wilayah kecamatan Garut Kota, serta pula menyelenggarakan kegiatan Webinar para Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar pertama di kabupaten Garut, kini Pengurus PGRI Garut Kota kembali melancarkan aksi positifnya.

Dalam aksinya kali ini, PGRI Garut Kota menggelar kegiatan kepedulian bertajuk “Bazar Hope” yang digelar secara meriah di Komplek SDN Kota Kulon 1 dan 2 Garut Kota, Jalan Ciledug No. 213, Kotakulon, Kec. Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Sabtu (24/04/2021).

Terpantau pada pelaksanaan Bazar Hope yang berlangsung di bulan Ramadhan ini, ratusan pengunjung yang kebanyakan didominasi oleh keluarga Guru dan Penjaga Sekolah ini terus berdatangan silih berganti menyerbu ribuan pakaian baru dan bekas yang terpajang di semua stand perwakilan 9 ranting PGRI beserta stand khusus Tato Assalam.

Ketua panitia kegiatan Bazar Hope PGRI Garut Kota, Pendi, S.Pd melalui Sekretarisnya, Siti Rohmah Yuliarti, S.Pd menyebutkan, pelaksanaan Bazar Hope ini merupakan bazar pertama dari pengurus PGRI Garut Kota yang diikuti oleh ranting PGRI se-kecamatan Garut Kota, K3S dan Komunitas Tato As’salam Garut.

“Pada Bazar Hope ini, kita pajangkan berbagai kelengkapan pakaian pria, wanita, dewasa dan anak-anak. Pakaian -pakaian tersebut merupakan kontribusi dari para donatur dan anggota PGRI yang ada di 9 ranting PGRI Garut kota serta pula  sumbangsih dari Tato As’salam. Ada berbagai jenis pakaian yang dipajangkan, kondisi pakaiannya pun ada yang masih baru/gress dan bermerk dan ada pula pakaian bekas yang telah dikemas dengan sedemikian rupa sehingga terlihat baru dan menarik,” ucap Siti Rohmah Yuliarti yang akrab dengan pangilan Yuli ini.

Yuli menjelaskan, harga jual pakaian ke pengunjung bazar menjadi sesuatu yang unik di Bazar Hope kali ini. Betapa tidak, untuk pakaian yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah kalau kita membelinya di toko atau Mall, hari ini harganya kita sama ratakan hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp2000,- hingga Rp5000,- saja untuk tiap itemnya. Harga segitupun masih bisa nego lagi, jikalau si pembeli tersebut memiliki keterbatasan soal dananya.

Inline Related Posts  Internet Dating - Is It Right For You?

“Murah karena memang bukan untuk mengambil keuntungan, ini kan bazar amal. Saya lihat, tadi banyak dari anggota PGRI yang secara sukarela memberikan uangnya kepada pengunjung yang terlihat bingung ingin membeli barang yang ia sukai tetapi uangnya kurang bahkan habis. Ya, semacam subsidi, dengan uang pemberian para anggota PGRI, mereka pun akhirnya bisa membeli barang-barag diinginkannya,” ujarnya.

Yuli juga menyampaikan, pelaksanaan Bazar ini akan berlangsung selama 4 hari kedepan, mulai hari Sabtu hingga Selasa depan. Untuk hari pertama sampai hari ketiga, pengunjungnya kita prioritaskan dari keluarga Penjaga Sekolah, Operator, dan Guru Honorer. Sedangkan untuk hari terakhir pelaksanaan bazar amal ini, kita telah sepakat untuk memperbolehkan pengunjung dari luar atau umum untuk berbelanja disini.

“Jadi uang hasil penjualan pakaian di bazar amal ini bukan untuk kepentingan  pribadi, namun kita kumpulkan untuk dibelikan paket sembako yang nantinya akan kita berikan kepada para penjaga sekolah di lingkungan kecamatan Garut Kota,” tegas Yuli yang saat ini merupakan Ketua Ranting 6 PGRI Garut Kota.

Di kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Tato As’salam Garut, H. Latief menyatakan, bahwa dalam pelaksanaan Bazar Hope yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini, niatan Tato As’salam itu hanya satu yakni ingin berbagi dengan semua orang terutama pada mereka-mereka yang membutuhkan.

“Jadi apapun barangnya, berapapun nominal rupiahnya yang penting bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan. Dan, alhamdulillah Tato As’salam selama 3 minggu belakangan ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1000 pakaian baru dan bekas dalam berbagai jenis dan merk, kebanyakannya jaket. Kesemuanya akan kita keluarkan dalam tempo 4 hari pelaksanaan Bazar Hope ini,” ucapnya.

H. Latief juga menyebutkan, pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari penjualan pakaian ini, selanjutnya akan kita belikan paket sembako yang akan disalurkan kembali ke para Penjaga Sekolah yang ada di kecamatan Garut Kota. Pembagian paket sembako ini akan dilaksanakan menjelang lebaran nanti.

Inline Related Posts  Disparbud Garut Terapkan Program 'Digital Tourism' Untuk Jamin Kenyamanan Wisatawan

“Selaku Ketua Tato As’salam, kepada semua anggota saya ucapkan terimakasih karena yang telah mau repot-repot mengumpulkan sumbangan sebanyak ini. Begitu pun Kepada seluruh Pengurus PGRI Garut Kota dibawah pimpinan H. Rahmat dan seluruh stakeholder pendidikan di Garut Kota, kami sampaikan banyak terimakasih karena selama ini selalu melibatkan kami (Tato As’salam) di setiap kegiatan kepedulian yang dilakukan PGRI Garut Kota,” ujarnya.

H. Latief juga menambahkan, untuk kedepannya Tato As’salam akan tetap bergerak dan konsen pada kegiatan yang bersifat kemanusiaan,” bahkan jikalau dimungkinkan di kegiatan kemanusiaan yang selanjutnya, Tato As’salam Garut ingin pula menjalin kemitraan dengan Pemerintah kabupaten Garut, agar semakin banyak orang-orang yang kesulitan diluar sana dapat kita bantu,” pungkasnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua K3S Garut Kota H. Ahmad S.Pd menangapi positif kegiatan Bazar Hope PGRI Garut Kota ini. Menurutnya, kegiatan PGRI Garut Kota ini patut dicontoh oleh PGRI di kecamatan-kecamatan lainnya, pasalnya banyak sekali masyarakat yang terbantu dengan adanya kegiatan semacam ini.

“Saya memantau dari awal pembukaan Bazar Hope tadi, pengunjungnya terus membludak. Ini menandakan bahwa masyarakat di masa seperti sekarang ini, secara umum butuh perhatian dan kepedulian dari kita semua,” ucapnya.

Ahmad juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus PGRI Garut Kota dan Tato As’salam yang terus berkiprah di sisi kepedulian terhadap masyarakat, “Semoga PGRI Garut Kota kedepannya semakin kuat dan padu sehingga bisa mendukung pula kepada keberhasilan pendidikan di Garut Kota,” ungkapnya.

Sementara itu, Bendahara kegiatan Bazar Hope PGRI Garut Kota, Rusyani S.Pd yang juga sebagai Kepala Sekolah SDN 4 Pakuwon menyampaikan, rasa syukur dan alhamdulillah melihat antusiasme Guru, Penjaga Sekolah dan Honorer  terhadap pelaksanaan bazar hari ini.

“Sungguh tak menyangka, pengunjung bazar begitu ramai. Saya rasa, mereka semua sangat menyambut baik acara ini. Oleh karena itu, kami pun merasa bangga dan senang mengingat acara Bazar Hope ini baru pertama kalinya kami gelar,” kata Rusyani.

Rusyani juga menyatakan, dengan begitu tingginya antusiasme warga pendidikan Garut Kota terhadap acara Bazar ini, kita pun telah berbicara banyak dengan Ketua PGRI Garut Kota H. Rahmat agar kegiatan ini dapat diagendakan menjadi kegiatan rutin kedepannya. Dan hasilnya, beliau pun sangat setuju dan siap untuk mengagendakannya kembali.

Inline Related Posts  Direktur PDAM Tirta Intan Garut Serahkan Hadiah Kepada Juara Cabor Futsal dan Bulutangkis

“Mewakili panitia Bazar Hope, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Ketua dan Pengurus PGRI Garut Kota, Korwil Garut Kota, Korwas Garut Kota, para Kepala Sekolah dan para donatur yang telah hadir dan turut mendukung pelaksanaan Bazar kali ini, termasuk pula kepada komunitas Tato As’salam Garut, semoga dengan segala kebaikan yang telah diberikan untuk menyukseskan acara kepedulian kami ini, mendapatkan pahala kebaikan dari Alloh SWT, amiin yaa robbal alamin,” pungkasnya.

Senada dengan yang lainnya, Ketua PGRI Garut Kota, H. Rahmat, S.Pd mengatakan, sangat berterimakasih kepada seluruh Hamba Alloh yang telah memberikan secara gratis pakaian baru maupun bekas sebagai sumbangsih pada kegiatan Bazar Hope PGRI Garut Kota kali ini.

“Kita yakini bersama, bahwa untuk kebahagiaan orang-orang di sekitar kita itu, tak selamanya harus mewah, apa yang kita mampu maka berikan dan muliakan mereka. Saya pun sangat bangga dan salut atas kontribusi dari rekan-rekan pengurus cabang dan ranting se-kecamatan Garut Kota yang telah menyumbangkan berbagai jenis pakaian untuk kegiatan Bazar Hope ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rahmat pun mengucapkan  terimakasih kepada Bu Korwil Hj. Anita Istiani, Pak Korwas H. Memet, Pak K3S H. Ahmad dan seluruh Kepala Sekolah se-kecamatan Garut Kota, serta juga Ketua dan Anggota Tato As’salam Garut.

“Tanpa kolaborasi dan dukungan dari semua pihak yang saya sebutkan, Bazar Hope ini mungkin tidak akan sesukses ini. Semoga dengan semangat kebersamaan dan jalinan silaturahmi yang telah kita lakukan di berbagai kegiatan selama ini bisa bermanfaat dan mendapatkan pahala yang setimpal dari Alloh SWT. Selain itu, semoga pula segala aktifitas dan hajat kita terkabul, diberi kemudahan dalam urusan rejeki serta mendapat berkah dari segala arah, amiin,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

()