8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Jelang Ramadhan 1442 Hijriyah, Ranting 6 PGRI Garut Kota Gelar ‘Webian’ Pertama di Kabupaten Garut

Garut, Fakta dan Realita-

RANTING 6 PGRI Cabang Garut Kota menggelar kegiatan ‘Webian’ (Web Kajian) dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah yang dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yakni di SDIT Garut Islamic School (GIS) Prima Insani, Jalan Ciledug No.281 dan di SDN Kota Kulon 1, Jalan Ciledug No.213, kelurahan Kota Kulon, kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Jum’at (09/04/2021).

Hadir pada kegiatan Webian bertajuk “Deteksi dan Terapi Hati Menyambut Ramadhan” ini, Ketua PGRI Garut Kota, H. Rahmat, S.Pd, Korwil Pendidikan Garut Kota, Hj. Anita Istiani, Ketua Ranting 6 PGRI Garut Kota, Siti Rohmah Yulianti, S.Pd, dan para Kepala sekolah beserta guru-guru se-ranting 6, termasuk Kepala SDIT GIS Prima Insani Garut Kota, Puji Fauziah, S.Pd dan Kepala SDN Kota Kulon 1 Garut Kota, Yadi Supriyadi, S.Pd selaku tuan rumah kegiatan.

Ketua Pelaksana Kegiatan Webian yang juga sebagai Ketua Ranting 6 PGRI Garut Kota, Siti Rohmah Yulianti, ditemui Redaksi Media Fakta dan Realita di lokasi kegiatan di SDIT GIS Prima Insani Garut Kota menyebutkan, kegiatan Webian hari ini merupakan launching pertama yang digelar khusus oleh keluarga besar Ranting 6 PGRI Garut Kota dalam rangka lebih menyatukan tali silaturahmi dan kebersamaan serta memberikan penyegaran rohaniah bagi semuanya.

“Alhamdulillah, Para Kepala Sekolah dan guru-guru dari 8 Sekolah Dasar (SD) yang ada di ranting 6 PGRI Garut Kota, yaitu SDN Kota Kulon 1, SDN Kota Kulon 2, SDN Kota Kulon 8, SDN Kota Kulon 10, SDN Kota Kulon 11, SDIT Garut Islamic School (GIS) Prima Insani, SDIT Atikah Musadaddiyah (Atimu) dan SDIT Muhammadiyah 5 Garut Kota, semua hadir pada Webian yang kami gelar hari ini,” kata Siti Rohmah Yulianti S.Pd atau akrab dipanggil Yuli yang merupakan guru senior di SDN Kota Kulon 1 ini.

Yuli menyampaikan, kegiatan Webian yang dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan ini merupakan program Pokja Bidang Kerohanian yang diketuai Pak Suwarso, S.Pd (SDIT Atimu Garut Kota). Dan, alhamdulillah, untuk webian yang pertama kali digelar di Garut Kota dan bahkan pertama di kabupaten Garut ini, Pengurus Ranting 6 PGRI Garut Kota dapat menghadirkan Ustadz KH. Asep Ridwan Saleh, M.Pd (Ketua IKADI Garut & Ketua AGPAI Garut) sebagai narasumber dan penceramah kegiatan.

“Terima kasih Pak Ustad Asep bisa menyempatkan diri hadir. Atas nama Pengurus Ranting 6 PGRI Garut Kota, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Ketua PGRI Cabang Garut Kota, Ibu Korwil, Pak Korwas, Pak K3S Garut Kota yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Begitupun  kepada Kepala SDIT GIS Prima Insani, Ibu Puji Fauziah yang telah membantu kami menyediakan tempat, fasilitas IT dan juga Host di Webian kali ini,” ujarnya.

Lanjutnya, peran serta seluruh peserta terhadap kegiatan webian ini sungguh sangat luar biasa. Mereka sangat begitu antusias dalam menyimak materi yang disampaikan narasumber maupun dalam mengikuti sesi tanya jawab yang disampaikan pihak panitia.

“Subhanalloh semua sangat antusias, tak menyangka, baru saja beberapa hari membentuk grup Whatsapp, seluruh Kepala Sekolah dan Guru-guru dari setiap Sekolah telah ikut bergabung. Kita pun membuat link twizzbone dan pengingat Ramadhan. Khusus Webian  hari ini sungguh diluar dugaan akan sebesar dan sesemarak ini, karena kami awalnya hanya membikin acara web kajian yang biasa-biasa, mengingat persiapannya cuma sebentar, pokoknya sama sekali tak menyangka, alhamdulilah saya sangat bersyukur dan bangga,” ungkapnya.

Yuli juga menambahkan, yang menjadi target utama pada kegiatan webian ini yakni diharapkan kedepannya keluarga besar ranting 6 PGRI Garut Kota ini akan lebih saling menguatkan dan saling mendukung satu sama lain baik dalam bekerja, beramal maupun berkarya demi kesuksesan kita bersama.

“Seiring dukungan dari berbagai pihak, Insya Alloh kegiatan ini akan rutin digelar untuk setiap bulannya, itu pun selama masih adanya pandemi Covid-19. Bahkan mungkin selanjutnya bisa lebih besar lagi, seiring banyaknya apresiasi dan keinginan dari ranting PGRI lainnya, mudah-mudah hal ini benar-benar dapat terlaksana agar kita bisa terus menjalin ukhuwah islamiah antar sesama muslim” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDIT GIS Prima Insani, Puji Fauziyah S.Pd yang menjadi salah satu tuan rumah dalam kegiatan Webian ini mengatakan, sebagai tuan rumah tentunya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan pengajian menjelang bulan suci Ramadhan yang digagas oleh pengurus ranting 6 ini. Pada prinsipnya, SDIT GIS Prima Insani Garut Kota dalam setiap kegiatan yang bersifat positif, selalu siap bekerjasama dan membantu.

“Alhamdulillah, persiapannya berjalan lancar. Ini berkat Tim Prima Insani yang sangat luar biasa dan bisa diandalkan, yang selalu solid dan siap bekerjasama dalam membantu dan memfasilitasi setiap kegiatan yang dibutuhkan. Intinya, sepanjang kami ini dibutuhkan, Prima Insani Garut akan selalu siap membantu siapapun dan apapun, apalagi menyangkut kemajuan dunia pendidikan di negeri ini,” ucap Kepala Sekolah yang juga aktif sebagai pengurus cabang PGRI Garut Kota ini.

Khusus webian ini, sambung Puji, ia pun menyampaikan terimakasih kepada pengurus ranting 6 PGRI Garut Kota yang telah memberikan kepercayaan pada SDIT GIS Prima Insani untuk menjadi salah satu rumah kegiatan Webian kali ini.

“Kepada Ketua PGRI Cabang Garut Kota H. Rahmat, Bu Kowil Hj. Anita, dan pimpinan lainnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala dukungan dan bimbingannya selama ini sehingga dalam melakukan setiap kegiatan selalu berjalan baik dan lancar,” pungkasnya.

Ditemui dilokasi SDN Kota Kulon 1 yang juga menjadi tempat penyelenggaraan Webian, Ketua PGRI Garut Kota, Rahmat S.Pd, menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Ranting 6 PGRI yang telah berhasil melaksanakan Webian selang pelaksanaan ibadah puasa wajib di bulan suci Ramadhan 1442 Hijiyah ini.

“Pokoknya sangat bangga dan salut, apalagi webian semacam ini pertama kali digelar di kecamatan Garut Kota, dan bahkan di kabupaten Garut untuk  setingkat ranting PGRI,” ucapnya.

Kegiatan Webian seperti ini, kata Kang Amat (Panggilan akrab Rahmat), sangat baik karena dengan materi kajian yang bersifat kerohanian tentunya akan lebih memperkuat ahlak dari para peserta yang hadir. Dengan begitu, maka tali persaudaraan dan tali silaturahmi di kalangan sesama pengurus maupun anggota ranting 6 PGRI akan terbangun dengan lebih baik lagi.

“Webian ini akan menjadi inspirasi yang sangat baik, yang harus diteladani dan diikuti oleh ranting-ranting PGRI Garut Kota lainnya. Dan, Mudah-mudahan Webian semacam ini juga bisa terus berkembang sehingga PGRI pun bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ujar kang Amat.

Terakhir, kang Amat menyampaikan, atas nama Jajaran Pengurus Cabang dan Ranting PGRI Garut Kota, dengan segala ketulusan hati menghaturkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar pendidikan di Garut Kota atas tingkah laku dan perbuatan kita selama ini, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. “Untuk itu, mari kita saling bebaskan dosa perdosaan diantara kita menjelang bulan penuh maghfirah ini. Taqobalallahu Minna Wa Minkum, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan I442 Hijriyah, semoga kita selalu diberi kesehatan dan kekuatan, amiin yaa robbal alamin,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

Bagikan :
error: Protect !!!