Harga Kol Anjlok hingga 500 per Kg, Bupati Garut Sarankan Petani Tanam Cabai Merah dan Tomat

oleh -2 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BUPATI Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, MP berjanji akan segera membantu  menstabilkan harga komoditas sayuran, termasuk akan membuka akses untuk pemasaran komoditas itu ke perusahaan besar.

Hal tersebut dikatakan Bupati, menyusul anjloknya harga sayur-mayur seperti kol hingga hanya 500 rupiah saja per kg yang membuat petani di Cilawu mengalami kerugian besar karena tak sebanding dengan biaya tanam yang dikeluarkan. Hal itu terjadi akibat sulitnya pemasaran hasil panen, mengingat saat ini tengah dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Bupati Garut pun menyarankan, agar mereka beralih untuk menanam cabai merah karena pemasarannya ke salah satu perusahaan besar (PT. ABC).

“Saya himbau mereka untuk saat ini menanam cabai merah dan tomat. Saya perintahkan juga Dinas Pertanian untuk menyiapkan produksi dengan melibatkan kelompok tani,” kata Rudy Gunawan, Sabtu (26/09/2020).

Dengan begitu, Bupati berharap ada kepastian harga, dan petani melakukan kegiatan usahanya dengan maksimal.

“Akses kerjasama ini setidaknya ada solusi lain, dan mereka bisa maksimal dalam bercocok tanam maupun kesejahteraannya,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.