8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Diikuti 452 Peserta Seleksi, DPC PDI Perjuangan Garut Gelar “Fit and Proper Test” Penjaringan Ketua PAC untuk 42 Kecamatan

Garut, faktadanrealita.com-

Sesuai agenda Partai, seperti halnya telah dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Garut, Yudha Pudja Turnawan dua hari Sebelumnya pada Jum’at (28/02/2020),  DPC PDIP kabupaten Garut resmi menggelar tahapan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP Kabupaten Garut di Hotel Augusta, Jalan Cipanas, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Minggu (01/03/2020).

Tarkaut acara ini, Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, Yudha Pudja Turnawan mengatakan, tahapan fit and proper test ini baru pertama digelar dan secara serentak dilaksanakan di seluruh kota/kabupaten, termasuk di Kabupaten Garut.

“Fit and proper test ini dilakukan untuk penjaringan calon Ketua PAC yang terbaik, dan paling utama kita ingin melihat yang kompeten dan memiliki konsep jelas untuk membesarkan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Yudha, pelaksanaan Fit and proper test ini juga bisa meningkatkan kinerja mesin partai untuk kemenangan di pemilihan legislatif (Pileg) pada 2024 mendatang.

Dikatakan Yudha, sepenuhnya tes ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jabar yang diikuti oleh seluruh bakal calon (Balon) Ketua PAC se-Kabupaten Garut. Ia menyebut, masing-masing kecamatan mengirimkan paling sedikit lima calon yang diusulkan ranting.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 452 peserta, nanti akan mengerucut menjadi 42 Ketua PAC. Diharapkan, sampai tanggal 8 Maret 2020 ini seluruh kepengurusan tingkat kecamatan sudah selesai,” ucapnya.

Yudha menuturkan, tahap fit and proper test ini mencakup wawancara dan tes tertulis. Selanjutnya hasilnya akan dikirim ke DPD PDIP Jabar untuk kemudian diputuskan siapa yang terpilih.

“Untuk tes tertulis diantaranya mencakup ideologi wawasan kebangsaan seputar ideologi PDI Perjuangan Pancasila Satu Juni. Sementara untuk wawancara, perihal bagaimana konsep mereka untuk memenangkan PDI Perjuangan di legislatif 2024 di tiap kecamatan,” katanya.

Baca Juga :   Update Data Kasus Covid-19 Kabupaten Garut Per 8 April 2020, 2 ODP Meninggal Dunia

Persis yang dikatakan sebelumnya, Yudha kembali mengingatkan bahwa, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut menargetkan bisa meningkatkan raihan suara hingga 100 persen pada Pemilu 2024. Apalagi, dari hasil sejumlah lembaga survei, PDIP diprediksi akan kembali menjadi pemenang dalam Pemilu 2024.

Yudha menyebutkan, DPC PDIP Kabupaten Garut terus melakukan konsolidasi organisasi sebagai langkah awal meraih kemenangan di Pemilu 2024 mendatang. Ia pun menargetkan, struktur kepengurusan partai dari mulai tingkat ranting (desa) hingga Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan sudah bisa selesai di akhir bulan Maret 2020 ini.

Setelah semua struktur partai lengkap, terang Yudha, mesin politiknya akan langsung digerakan di masyarakat dengan diwajibkan untuk menyikapi berbagai dinamika masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Sebulan sekali mereka harus rapat, menyikapi dinamika masyarakat dan disampaikan ke DPC agar nantinya bisa disikapi oleh para anggota legislatif PDIP dari tingkat kabupaten hingga pusat,” ucapnya.

Menurut Yudha, dengan terus mendengar dan menyikapi dinamika masyarakat secara berkesinambungan, salahsatu kesalahan fatal PDIP di Garut dalam Pemilu lalu tidak lagi terulang.

“Suara kita berkurang di Pemilu kemarin bukan hanya karena dihantam hoax, tapi kader hanya datang mendekati masyarakat saat pemilu saja,” ujarnya.

Yudha pun memastikan, semua dinamika yang ada di masyarakat akan diserap oleh jajaran pengurus dari mulai ranting hingga PAC, akan disikapi oleh para anggota legislatif dari PDIP dari tingkat kabupaten hingga pusat.

Hal ini Ia sampaikan sesuai dengan instruksi dari DPP PDIP Pusat, untuk itu maka, DPC PDIP Garut akan mengatur semua kegiatan reses anggota legislatif PDIP dari tingkat kabupaten hingga pusat sesuai dengan aspirasi yang diterima pengurus ranting dan PAC.(Wena)

Bagikan :
error: Protect !!!