Di Akhir Jabatannya sebagai Kades Cimurah, Asep Kamaludin Tanpa Kenal Lelah Dorong Kemajuan Desanya

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

MENJADI seorang Kepala Desa tentunya memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Sebagai pemimpin, Kepala Desa seyogyanya harus dapat mengemban amanah yang diberikan masyarakatnya.

Dengan amanah ini, Kepala Desa sudah sewajarnya bisa berbuat banyak bagi kemajuan desanya. Keberhasilan-keberhasilan pembangunan menjadi tolak ukur nyata dari kemampuan seorang Kepala Desa.

Maka dari itu, ciri seorang Kepala Desa yang berhasil dicintai rakyatnya, selain piawai dalam mengelola desa dan melayani warganya, sudah barang tentu Ia pun harus memiliki sifat jujur, adil agamis, selalu bekerja keras, dan mau mendengarkan semua saran dan aspirasi dari warganya. Terlebih jika sang Kepala Desa tersebut memiliki banyak Inovasi dan Terobosan yang khas, yang tidak dipunyai Kepala Desa lain.

Semua itu tergambar dari sosok Asep Kamaludin, Kepala Desa Cimurah, Kecamatan karangpawitan, Garut. Asep  Kamaludin di sisa akhir jabatan sebagai kades yang hanya menyisakan beberapa bulan lagi, tenyata masih saja terus giat membangun desa, demi kemajuan desa Cimurah.

Asep diketahui terpilih sebagai Kepala Desa Cimurah pada tahun 2016 melalui perhelatan Pilkades saat itu. Usai terpilih ia pun dikukuhkan Bupati Garut, H. Rudy Gunawan SH, MH, MP sebagai Kepala Desa Cimurah Masa Jabatan 2016-2021.

Selama menjadi Kepala Desa, banyak sekali pencapaian prestasi dan banyak pula keberhasilan yang Ia didapatkan untuk dipersembahkan bagi kemajuan desa Cimurah.

Tak terhitung, sampai saat ini telah banyak sekali penghargaan dan prestasi yang berhasil diraih desa Cimurah berkat kepemimpinan kades Asep ini.

Dalam hal pembangunan infrastruktur, dari mulai pembangunan jalan desa, jalan penghubung, jalan lingkungan, sarana air bersih, pengadaan sumur bor, perbaikan Rutilahu dan banyak lagi yang lainnya, semuanya telah ia lakukan.

Selain itu, Asep pun menjadi salah satu penggagas cikal bakal keberadaan Bumdes di desa Cimurah. Bahkan Asep juga telah menyebabkan desa Cimurah memperoleh predikat desa maju.

Ditemui Media Fakta dan Realita di Kantor Desa Cimurah, Asep mengatakan, keberhasilannya dalam hal prestasi dan pencapaian pembangunan tak terlepas dari peranan berbagai pihak, baik itu para perangkat desa Cimurah, BPD, LPM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakan, RT dan RW serta Seluruh warga desa Cimurah tanpa terkecuali.

“Semua ini tak terlepas dari dukungan penuh keluarga, yakni Murnah Mila Saila Istri tercinta saya dan juga Denny Firmansyah anak saya satu-satunya, yang selama ini telah dengan setia selalu ada dalam suka maupun duka,” kata Asep.

Menurutnya, dalam masa jabatannya yang hampir berakhir ditahun 2021, Asep Kamaludin menyadari masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk lebih mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Untuk itu, jika ada Ridho Allah SWT dan adanya kepercayaan dari masyarakat desa Cimurah, kata Asep, pada periode yang akan datang yakni periode 2021-2027, Ia pun siap mengabdikan diri untuk kembali memimpin Desa Cimurah ke arah yang lebih baik lagi.

“Pasti, bukan sekedar janji, jika terpilih kembali, tentunya saya akan terus berusaha mewujudkan impian saya yaitu membawa Desa Cimurah menjadi Desa yang Sejahtera dan Mandiri baik dibidang ekonomi, pangan dan Pendidikannya,” ujarnya optimis.

Asep menambahkan, untuk mencapai sesuatu keberhasilan yang maksimal pastinya butuh proses, dan proses itu yang sedang dilakukannya.

“Tekad saya satu yakni bagaimana caranya untuk membawa masyarakat Desa Cimurah agar dapat hidup lebih sejahtera dan mandiri lagi kedepannya,” ungkap Asep.

Perbaikan di segala bidang, ujar Asep, akan terus dilakukannya, pengalaman dimasa jabatan sekarang ini akan menjadi pembelajaran yang penting dimasa yang akan datang, demi mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera dan Mandiri.

“Saya sadar selama ini sebagai Kepala Desa Cimurah, tentunya tak luput dari adanya kesalahan dan juga kekurangan walaupun penyebabnya karena faktor ketidak sengajaan misalnya, namun saya berkeyakinan teguh bahwa semua itu akan bisa diperbaiki dan terus diperbaiki jika nanti takdir Alloh SWT memilih saya menjabat Kades Cimurah lagi,” pungkasnya.

Berikut Flasback Berbagai Prestasi dan Pembangunan yang berhasil diraih oleh Desa Cimurah pada Masa Kepemimpinan Kepala Desa Asep Kamaludin:

Raihan Prestasi

– Juara Umum HUT Kemerdekaan                  Kecamatan Karangpawitan Sebanyak 3      Kali
– Juara Umum HUT RI ke-74
– Juara 1 Lomba Karnaval 2017, 2018,            2019
– Juara 1 Pembayaran Pajak Terbaik              se-Kecamatan Karangpawitan Tahun          2018, 2019 dan 2020
– Juara Arak-arakan HUT RI
– Juara 1 Lomba Gapura Tahun 2018-2019
– Juara 1 Lomba Tumpeng 2018-2019
– Juara 2 Kreatifitas Jalan dari Indosiar        Tahun 2018-2019

Keberhasilan Pembangunan

– Pembangunan Jalan Calingcing
– Pembangunan Jalan Kertamanah                RT 04 RW 09
– Pembangunan Jalan Cipatat
– Pembangunan Jalan Cimurah Sepanjang    250 m
– Pembangunan Jalan Cibulu Sepanjang        800 m
– Pembangunan Jalan Kertasari
– Pengadaan Sumur Bor di blok Halteu
– Pengadaan Sumur Bor Kp. Calingcing
– Pengadaan Sumur Bor Kp. Cipatat
– Pengadaan Sarana Air Bersih Kp. Kaum
– Pengadaan Sarana Air Bersih                        Kp. Kertasari
– Pembangunan Rutilahu Secara Swadaya
1. Iwan Eno Kp. Calingcing
2. Atu Kp. Calingcing
3. Oman Kp. Kertamanah
4. Entis Kp. Kaum
5. Endang Kp. kaum
– Pengadaan Sarana PJU pada 40 titik
– Pembangunan Jalan Penghubung
– Pembangunan Gedung Olah Raga (GOR)
– Izin Pembangunan Perum Mutiara
– Izin Pembangunan Perum Griya                  Cimurah Permai
– Pembangunan Jalan Lingkungan                  Kp. Kaum
– Pembangunan Jalan Lingkungan Makam
– Pembangunan Jalan Lingkungan                  Kp. Seungkeu
– Pembangunan Jalan Lingkungan                  Kp. Sukamulya

Visi dan Misi

Visi :

Mewujudkan Desa Cimurah Menjadi Desa Yang Maju, Aman, Sejahtera Menuju Ridho Allah SWT.

Misi :

1. Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Masyarakat Desa Cimurah.
2. Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa.
3. Menggerakan Peran Serta Masyarakat Dalam Proses Pembangunan.
4. Meningkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat.
5. Menegakan Tata Peraturan Desa.
6. Menjalankan Kemitraan/Hubungan dengan Lembaga-Lembaga yang Ada.
7. Meningkatkan Perekonomian yang Ada.

Reporter : Wita | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.