Desa Mekarsari Bangun Kantor Posyandu secara Swakelola Melalui Dana Desa

oleh -3 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

DEMI mendukung kelancaran kegiatan posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dalam memberikan pelayanan kesehatan di desa Mekarsari, Kepala Desa Mekarsari, kecamatan Karangpawitan, kabupaten Garut berinisiatif membangun kantor Posyandu dengan menggunakan Dana Desa.

Lebih rincinya untuk pembangunan kantor Posyandu yang berukuran panjang kali lebar 4 X 4 meter dan tinggi  3,2 meter, yang terletak di Kampung Cijoho RT 04/RW 01 ini, anggarannya  mengambil dari Dana Desa tahap 1 sebesar Rp35.000.000,-, yang dibangun secara swakelola oleh warga setempat.

Terpantau oleh Fakta dan Realita pembangunan Posyandu diawasi langsung oleh Babinsa 1102/krp Sertu Nurjaman. Selain mengawasi jalannya pembangunan Posyandu, Sertu Nurjaman pun terlihat tanpa sungkan ikut serta bekerja bergotong royong membantu warga dalam pembangunan Posyandu tersebut.

“Untuk mendukung kegiatan Posyandu, maka kita fasilitasi para Kader Posyandu dengan membangun kantor Posyandu, ini kita lakukan agar para Kader nantinya bisa lebih leluasa dan nyaman dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga,” kata Kades Mekarsari, Deni Suryaman kepada Fakta dan Realita saat ditemui di kantor desanya, Kamis (02/07/2020).

Deni pun menjelaskan bahwa saat ini keberadaan kantor Posyandu di desa Mekarsari sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya Kantor Posyandu, maka akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para Kader untuk melaksanakan tugasnya.

“Dengan adanya kantor Posyandu, kita berharap agar kelak kantor ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan para Kader Posyandu. kita sadar bahwa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sejahtera tidak bisa lepas dari keberadaan atau peranan dari para Kader Posyandu,” jelasnya.

Dikatakannya, selama ini kegiatan Posyandu di desanya tidak mempunyai tempat khusus. Sekertariat Posyandu dilakukan di rumah para Kader. Baru sekarang ini desa Mekarsari berupaya untuk memiliki tempat untuk kegiatan Posyandu .

“Sebelumnya kita tak punya tempat khusus untuk kegiatan Posyandu, demi memelihara kesehatan warga, kita bangunkan kantornya dari angaran Dana Desa yang dikerjakan secara swakelola,” ungkap Deni.

Ketua RT 04 Kampung Cijoho, Endang Tajudin membenarkan bahwa pengerjaan bangunan kantor Posyandu tersebut memang dikerjakan secara swakelola yang dilakukan oleh para warga RT 04.

“Sesuai arahan dari pak Kades pengerjaan bangunan Posyandu yang baru enam hari dikerjakan ini murni dilakukan swakelola. Kita berdayakan warga sekitar untuk melaksanakan pengerjaan bangunan posyandu ini,” tutur Endang.

Reporter : Wita | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.