BRI Kanca Garut Gelar “Program BRI Menanam” di Desa Brilian, Guna Ciptakan Kondisi Lingkungan dan Sosial Lebih Baik

oleh -31 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BRI menanam merupakan inisiatif PT BRI untuk berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik serta sebagai wujud nyata dan upaya berkelanjutan BRI dalam merealisasikan prinsip Environmental (lingkungan), Social (sosial) dan Governance (tata kelola yang baik) atau di singkat ESG, serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGS) Indonesia di tahun 2030, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No.59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan pada tanggal 4 Juli 2017.

Program BRI menanam ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga tahun depan. Untuk tahun ini, pelaksanaan program dilakukan di berbagai wilayah, salah satu diantaranya di Desa Mekarmukti kecamatan Cilawu, Garut, pada Selasa (16/08/2022).

Di desa Mekarmukti, program BRI menanam digelar sangat meriah, dengan dihadiri oleh unsur forkopimcam Cilawu, unsur Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kabupaten Garut, Regional Head Consumer Bapak Rudy beserta teamnya, para kepala desa briliant dan tokoh terkemuka lainnya.

Pimpinan BRI Cabang Garut, Jimmy Fajriansyah dalam sambutannya mengatakan, program BRI menanam bertujuan untuk membangkitkan semangat, motivasi dan membudidayakan seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon.

“Pada program ini Bank BRI Kanca Garut melakukan penanaman di 21 Desa binaan, dengan total bibit 9.450 pohon. sekitar 4200 bibit disalurkan untuk lahan Desa, 3150 bibit untuk nasabah KUR lama, dan 2100 bibit untuk Nasabah KUR baru,” terangnya.

Untuk mendukung kesuksesan program ini, lanjutnya, jenis bibit yang ditanam di masing-masing Desa sudah disesuaikan dengan aspirasi masyarakat dan juga menyesuaikan jenis lahan, sehingga bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan, “bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan Desa,’ bebernya.

Sementara itu, Manajer Bisnis Mikro BRI Kanca Garut Miftakhul Huda diakhir kegiatan dalam pernyataannya menyebutkan, implementasi gerakan BRI menanam yang dilaksanakan di desa Brilian (Desa Binaan BRI) melibatkan seluruh stakeholder desa dan nasabah BRI.

“Dengan memanfaatkan lahan umum desa seperti sempadan sungai dan bahu jalan sampai dengan pekarangan halaman rumah nasabah menjadi lokasi tanam bibit tanaman produktif yang dibagikan BRI ” jelasnya.

Miftakhul Huda berharap, semoga tanaman yang kita berikan bisa dirawat dengan baik sehingga nanti dapat menghasilkan, agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di kesempatan berbeda Kepala Desa Mekar Mukti Kec. Cilawu Kabupaten Garut, Juhana mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak BRI yang telah memilih desanya sebagai Desa Brilian dan menjadi pemenang ditingkat nasional.

“Alhamdulillah desa kami terpilih menjadi desa brilian dan alhamdulillah juga kami mendapat bantuan bibit pohon yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya.

Juhana menambahkan, ini merupakan salah satu langkah awal yang akan dikelola bersama bumdes dari hasil penanaman tersebut dan tentu saja akan ditindak lanjuti dengan program pemberdayaan desa.

“Sekali lagi saya ucapkan teramat banyak terimakasih kepada BRI, mudah-mudahan apa yang diberikan kepada kami bisa bermanfaat untuk ketahanan pangan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami serta mudah-mudahan dengan bimbingan dari pihak BRI, Desa Mekarmukti bisa lebih maju dan sukses sehingga pendapatan masyarakat bangkit dengan adanya Desa BRIlian yang dimotori oleh BRI,” pungkasnya.

CRST/RED_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.