1 Hektar Lahan Bambu di Desa Lebak Agung Ludes Dilalap Sijago Merah

Asep Prawita

Info166 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

RIBUAN pohon bambu di kawasan Kampung Lebak Agung RW 03 dan Kampung Cirendang RW 02, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Kamis siang (21/12/2023) ludes dilalap sijago merah.

Menurut Kades Lebak Agung, Oman, lahan pohon bambu yang terbakar luasnya diperkirakan lebih dari satu hektar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

“Untuk penyebab terjadinya kebakaran, pihaknya belum tahu pasti, yang jelas lahan pohon bambu tersebut masih produktif. Bahkan baru beberapa hari kebelakang, pohon bambu itu sudah dipanen atau ditebang untuk dijual si pemiliknya. Untuk kondisi lahannya, terdapat banyak sekali dedaunan yang sudah kering sehingga mudah terbakar,” tuturnya.

Oman menerangkan, setelah mendapat informasi dari warga terkait adanya kebakaran lahan bambu di wilayahnya, ia pun cepat melaporkan kejadian tersebut kepada Forkopimcam Karangpawitan. Pihak Forkopimcam pun merespon, dengan langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut.

“Dari situ, tak lama berselang 2 unit armada pemadam kebakaran Disdamkar Garut pun tiba di lokasi kejadian dan langsung bergerak. Dengan dibantu forkopincam dan warga, sekira pukul 15.25 WIB api pun berhasi dipadamkan,” terangnya.

Oman mengucapkan terimakasih kepada Forkopimcam Karangpawitan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Anggota Koramil 1102/Karangpawitan dan Anggota Polsek Karangpawitan, serta warga yang telah ikut membantu dalam proses pemadaman api.

Sampai berita ini diturunkan, total nilai kerugian yang diderita oleh pemilik lahan pohon bambu tersebut belum bisa dihitung secara pasti. Termasuk ihwal penyebab terjadinya kebakaran pun belum diketahui. Semua masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

RED_FR

Inline Related Posts  Bupati Garut Jelang Pergantian Tahun 2023 Lantik 5 Pejabat Eselon II, Camat, dan Puluhan PNS Lainnya