Peringatan Hardiknas 2024 di Kabupaten Garut Usung Tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info562 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta & Realita-

UPACARA Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Garut dengan mengusung tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” berlangsung di Lapangan Oto Iskandar Dinata Alun-alun Garut, Jawa Barat, Kamis (2/5/2024).

Selain Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin sebagai Inspektur Upacara, hadir pada momen Hari Nasional yang rutin diperingati setiap tanggal 2 Mei tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, Sekda Garut H. Nurdin Yana, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut Dr. Ade Manadin bersama jajaran Pejabat Disdik Garut, Forkopimda, Kepala Sekolah dan Guru-guru se-kabupaten Garut.

Kepada awak media seusai memimpin upacara, Pj Bupati Garut Barnas Adjidin sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Garut yang telah menyiapkan segala hal terkait pelaksanaan Hardiknas tahun ini, yang mana sudah menampilkan berbagai atraksi menarik hasil kreasi para peserta didik dan guru-guru di Kabupaten Garut.

“Saya demikian gembira pada hari ini. Nah tentu dengan kunci kebahagiaan yang diperlihatkan hari ini, pendidikan Kabupaten Garut akan cerah kedepan,” ujarnya.

Barnas menuturkan, pendidikan di Kabupaten Garut harus terus mendapatkan perhatian yang tinggi guna meningkatnya kualitas pendidikan. “Karena itu saya secara pribadi, sebagai kepala daerah akan melakukan evaluasi terhadap penganggaran kegiatan pendidikan, karena ini modal utama daripada suatu keberhasilan kedepan,” tandas Barnas.

Barnas juga menekankan terkait pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Garut, meskipun menurutnya itu tidaklah mudah, namun ia berkomitmen akan melakukan pemetaan dalam melaksanakan upaya-upaya untuk peningkatan IPM di Kabupaten Garut. “Mudah-mudahan kita akan cepat memberikan respon terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang ada sehingga IPM-nya bisa ditingkatkan,” harapnya.

Inline Related Posts  Choosing a Logistics College at Delgado College

Barnas mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya pendidikan bagi anak-anak dan berkomitmen untuk melakukan sosialisasi bagi anak-anak yang tidak sekolah. “Dengan pendidikan, seseorang memiliki kesempatan untuk berkembang. Mereka yang tidak mendapat pendidikan akan tertinggal dalam kehidupan,” kilahnya.

Barnas juga mengajak semua pihak untuk bahu-membahu dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan melakukan gerakan-gerakan yang memperbaiki proses belajar mengajar di Kabupaten Garut ke arah lebih baik. “Walaupun saya melihat sudah ada kemajuan yang baik, namun kita akan terus meningkatkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan,” pungkasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Dr. Ade Manadin menyampaikan, berdasarkan tema Hardiknas tahun 2024, seluruh pihak tentunya harus bersama-sama bergerak mendukung kemajuan pendidikan di kabupaten Garut supaya kualitas pendidikan bisa terus meningkat.

“Majunya dunia pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah atau dinas pendidikan kabupaten Garut saja, akan tetapi peran dan dukungan seluruh masyarakat sangatlah diharapkan,” katanya.

Dikatakan Kadisdik Garut, masyarakat harus semakin peduli terhadap pendidikan karena masa depan negara ini berada dipundak generas anak-anak kita, yang tentunya harus dibekali dengan pendidikan yang terbaik.

“Para orangtua diharapkan tidak bosan untuk terus berupaya men-support anak-anaknya agar bersemangat dalam menempuh pendidikannya. Karena pendidikan merupakan modal dasar bagi mereka dalam menjalankan perannya sebagai para penerus bangsa ini,” tandasnya.

Kadisdik Garut berharap, dengan adanya dukungan dari seluruh pihak terhadap kemajuan pendidikan dan ditunjang kurikulum merdeka belajar pendidikan yang berlaku saat ini, nilai IPM kabupaten Garut kedepan bisa lebih meningkat lagi. “Minimalnya IPM kita bisa sejajar dengan kabupaten/ kota yang IPM nya maju di Jawa Barat, bahkan ti tingkat nasional. Ya kalau bisa kita melebihi diatas kabupate/ kota lain,” pungkas Kadisdik Garut.

Inline Related Posts  Memasuki Masa Tenang, Bawaslu Kabupaten Garut Bersama Satpol PP Dibantu Unsur TNI-Polri Tertibkan APK Pemilu 2024

Terpantau oleh Media ini, saat acara Hardiknas berlangsung, Pj Bupati Garut dan beberapa tamu undangan memberikan santunan kepada 15 pejuang guru penggerak. Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan peduli bencana alam di Kabupaten Garut sebesar Rp101.500.000 dari keluarga besar Dinas Pendidikan yang secara simbolis diserahkan langsung Ade Manadin, kepada Pj. Bupati Garut.

RED_FR