Wagub Uu Resmi Serahkan Dokumen Usulan CDPOB Kabupaten Garut Selatan ke Kemendagri

oleh -5 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

TERPISAHNYA Kabupaten Garut selatan dari kabupaten induk yakni Kabupaten Garut, nampaknya semakin mendekati kenyataan. Hal itu seiring penyerahan dokumen usulan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Garut Selatan yang secara resmi disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum yang akrab dipanggil Kang Uu kepada perwakilan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Rabu (16/12/2020). Kang Uu berharap, pemekaran tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan kang Uu, pemekaran daerah itu bertujuan untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Hal tersebut kemudian diharapkan bisa membawa kemajuan yang signifikan.

“Meningkatkan kesejahteraan warga merupakan tugas utama pemimpin daerah. Seperti di Kabupaten Tasikmalaya dimekarkan menjadi kota dan kabupaten, Alhamdulillah kotanya maju dan kabupatennya maju. Juga Ciamis yang dimekarkan menjadi Pangandaran dan Banjar,” jelasnya.

Kondisi seperti itu, menurut Kang Uu,  terjadi di Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi. Pemekaran wilayah tersebut membawa perkembangan yang signifikan, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kang Uu menilai, sejauh ini pemekaran di Jawa Barat terbilang cukup sukses karena kemajuan bagi pembangunan dan kesejahteraan bisa dihadirkan. “Mudah-mudahan apa yang diharapkan dan diinginkan oleh masyarakat Garut dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat segera terwujud dan berhasil,” katanya.

Sementara itu, penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Benny Bachtiar yang hadir mewakili Bupati Garut mengatakan, Garut Selatan adalah wilayah yang memiliki keindahan tersendiri. Agar lebih indah, menurutnya perlu pengelolaan yang lebih baik lagi.

“Bukan berarti hari ini tidak terkelola (oleh Kabupaten Garut), tetapi memang jangkauan yang cukup besar dan cukup jauh,” ujarnya.

Dengan pemekaran ini, Benny berharap, p Garut Selatan akan menjadikan Jabar Selatan lebih tertata dengan baik dan potensi yang dimiliki daerah tersebut bisa tergali maksimal demi kesejahteraan masyarakatnya.

Ditempat yang sama, Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama pada Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengungkapkan bahwa CDPOB Kabupaten Garut Selatan memiliki luas wilayah 1.815,64 kilometer persegi yang terdiri dari 15 kecamatan dan 129 desa. Jumlah penduduknya mencapai 641.921 jiwa. Untuk lokasi calon ibu kotanya berada di Kecamatan Mekarmukti seluas 56 hektare.

“CDPOB Kabupaten Garut Selatan sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.