Tiga Tahun Dipimpin Lurah Asep, Cimuncang Berkembang Pesat

oleh -23 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

KELURAHAN Cimuncang merupakan salah satu kelurahan di kabupaten Garut yang sekarang tengah dalam penataan dan berkembang. Kelurahan Cimuncang termasuk dari 11 kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Garut Kota. Letak Kelurahan ini berada di sebelah timur kecamatan Garut Kota yang berbatasan langsung dengan desa/ kelurahan di wilayah kecamatan Karangpawitan.

Kelurahan Cimuncang sendiri sudah 3 tahun belakangan ini dipimpin Lurah
Asep Salahudin S.Hi. Diketahui, Asep resmi menduduki kursi jabatan sebagai Lurah Cimuncang setelah mendapatkan promosi jabatan dari posisi sebelumnya sebagai Kepala Seksi (Kasi) Kesra di kelurahan Lengkong Jaya kecamatan Karangpawitan.

Saat Kabiro Media Fakta dan Realita menyambanginya, Kepala Kelurahan (Lurah) Cimuncang Asep Salahudin S.Hi mengungkapkan, bahwa per tanggal 11 Agustus 2017 Ia yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kasi Kesra di kelurahan Lengkong Jaya kecamatan  Karangpawitan mendapat kepercayaan dari Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, MP untuk menduduki posisi Lurah di Kelurahan Cimuncang Kecamatan Garut Kota.

“Jadi saya waktu itu dipromosikan Pak Bupati kesini sebagai Lurah Cimuncang untuk menggantikan Lurah sebelumnya Pak Suryana yang dipindah tugaskan menjadi Kasi di Kecamatan Cibiuk,” kata Asep saat menjawab pertanyaan Kabiro Media Fakta dan Realita kabupaten Garut terkait awal mula Ia menjabat sebagai Lurah di kelurahan Cimuncang kecamatan Garut Kota, Jawa Barat, Selasa (15/12/2020).

Lurah yang lahir di Garut pada 55 tahun yang lalu tepat tanggal 15 Maret 1965, memaparkan, Kelurahan Cimuncang memiliki luas wilayah sekitar 410,52 Ha, terdiri dari 19 RW dan 71 RT, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) mencapai 2.839 KK atau total penduduk sebanyak 11.283 jiwa.

“Sedangkan mata pencaharian dari warga kelurahan Cimuncang sendiri, mereka kebanyakan berprofesi sebagai Buruh Tani dan Buruh Menjahit sarung tangan kulit,” ujarnya.

Lanjutnya, ketika menginjakkan kakinya sebagai Lurah Cimuncang, pada saat itu kondisi infrastrukturnya kurang begitu menujang. Dan, Kini dengan dukungan semua pihak terutama seluruh warga Cimuncang kami pun sedikit demi sedikit telah memperbaikinya.

“Alhamdulillah, kami telah berupaya memperbaiki infrastruktur yang ada, diantaranya perbaikan irigasi pahul yang bisa mengairi lahan pesawahan tadah hujan seluas 80 hektar. Dengan adanya irigasi itu maka pesawahan tersebut kini bisa panen secara normal, setahun tiga kali,” ucapnya.

Selain itu, kita juga telah melaksanakan pengerjaan rehab Kantor Kelurahan, saluran drainase sepanjang 4 km lebih dan juga perbaikan jalan kelurahan sepanjang 5 km dengan lebar 4 meter yang sekarang progresnya sudah mencapai 560 meter atau tersisa kurang lebih 4, 44 km lagi.

“Disamping itu, masih banyak pula jalan poros RW yang sama sekali belum bisa dilalui oleh kendaraan Roda 4 akibat lokasinya yang begitu terjal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Asep, kami sangat berharap kepada Pemkab Garut untuk lebih memajukan perekonomian di wilayah kelurahan Cimuncang, salah satunya pembangunan jalan poros RW tersebut supaya nantinya bisa dilalui kendaran Roda 4. Dengan tersambung dan terbangunnya jalan kelurahan penghubung antar RW tersebut maka hasil bumi pun bisa terangkut sehingga terjadi peningkatan ekonomi warga.

Asep juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, seperti Forkopinlur, LPM, RW, RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama  dan Warga Cimuncang semuanya, yang telah bahu membahu membantu tugasnya dalam melaksanakan pembangunan di kelurahan Cimuncang.

“Saya berharap, mudah-mudahan pada  Tahun Anggaran 2021 yang akan datang seluruh jalan di kelurahan Cimuncang bisa diperbaiki, sehingga transportasi menjadi lancar. Begitu pun dengan program-program strategis lainnya, segera pula dapat terealisasikan,” pungkasnya.

Reporter : WH/ Iwan | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.