19 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Ini Yang Diharapkan Wakil Bupati dari “Insan Pers” Garut

Garut, faktadanrealita.com-

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar Sosialisasi peningkatan kapasitas jurnalis bersama insan pers dari berbagai macam media cetak dan online di Hotel Redante, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kamis (19/12/2019).

Acara tersebut berlangsung selama dua hari pada Kamis dan Jumat 19-20 Desember 2019, dengan mengambil tema ‘Meningkatkan Peran Serta Pers dalam Mewujudkan Akselerasi Pembangunan Daerah’.

Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman membuka langsung acara sosialisasi tersebut, dengan dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Mukhsin, Kabid Pengelolaan Informasi dan Kehumasan Ricky Rizki Darajat, Kasubag Humas Polres Garut Ipda H Muhlis Hidayat, Perwakilan dari Dewan Pers Agus Sudibjo dan puluhan jurnalis dari berbagai media dan lembaga Pers.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Garut mengatakan, guna mewujudkan cita-cita akselerasi pembangunan daerah ini harus melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dan stakeholder termasuk peran serta Pers. Wabup juga mengharapkan peranan pers dalam membangun Garut sangat membantu, terutama dalam mengenalkan potensi daerah. Karena sebagai institusi sosial juga berperan memberikan kontribusi dalam membangun daerah.

“Peran serta pers sangat diharapkan, sebagai corong dan sarana komunikasi oleh masyarakat. Peran pers sudah terbukti, karena menjadi pilar keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Partisipasinya sangat dibutuhkan dalam agenda pembangunan daerah dengan kekritisannya yang membangun, cerdas, edukatif dan bermartabat,” kata Helmi Budiman.

Era globalisasi sekarang ini, lanjut dia, telah menuntut masyarakat untuk mendapatkan informasi cepat, akurat dan berimbang. Tidak saja informasi sosial dan kemasyarakatan, melainkan informasi terkait capaian pembangunan baik di perkotaan dan juga di pedesaan, tambahnya.
Namun semestinya, perkembangan informasi yang begitu cepat harus disikapi dengan kerja profesional, cerdas, kritis dan bertanggung jawab, termasuk dalam menyajikan berita terkait tentang kasus-kasus sosial kemasyarakatan, korupsi, pengawasan pembangunan dan capaian pembangunan secara berimbang dan mengedepankan tujuan untuk kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   Kejar Peningkatan IPM Garut, Wakil Bupati Harapkan Kontribusi dari Sekolah Swasta

Dikatakan Helmi, diera digital sekarang ini setiap orang bisa menjadi Humas, mereka bisa menyampaikan informasi berbagai hal melalui media sosial. Melalui kolaborasi dengan rekan media, sesuai dengan tema meningkatkan peran serta Pers dalam mewujudkan akselerasi pembangunan daerah, ini betul-betul terlaksana.
Membangun Garut ini perlu dari berbagai sisi, makannya dalam upaya membangun daerah dari semua kalangan perlu peran serta yang baik dan bersinergi. Saya juga berharap kabupaten Garut ini bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman Kondusif dan kita semua hidup bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Garut Muksin mengatakan, peran insan pers sangat penting dan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan daerah. Oleh karena itu, ia meminta agar Insan pers menjaga kondusifitas Kabupaten Garut melalui pemberitaan yang dibuatnya.

“Kegiatan dilaksanakan berdasarkan perkembangan teknologi dan penyebar luasan informasi di segala bidang yang terus mengalami kemajuan perubahan baik dari segi kebijakan maupun peraturan daerah.
Masyarakat harus mengetahuinya, maka dari itu, Insan Pers mempunyai peran strategis untuk mempublikasikannya sehingga partisipasi masyarakat dalam hal gotong royong membangun Garut yang lebih maju dapat terwujud,” papar Muksin.

Oleh sebab itu, lanjut Muksin, insan pers dituntut bekerja cerdas dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Peran strategis wartawan harus diimbangi juga dengan peningkatan kapasitas para jurnalis tersebut.

“Kami menghimbau kepada rekan-rekan pers, untuk tidak ragu-ragu dalam menjalankan tugas dan profesinya. Namun dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik,” pungkasnya.(DzikriAF)

Bagikan :
error: Protect !!!