11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Selain Meraih Penghargaan Kontribusi Literasi, Dispusip Garut juga Terima Hibah Motor Baca dari Gubernur

Garut, faktadanrealita.com

Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Kabupaten yang berkontribusi meningkatkan literasi di Jawa Barat.

Penghargaan ini diraih setelah Garut berhasil mereplikasi program Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) yang di inisiasi oleh Ridwan Kamil Selaku Gubernur Jawa Barat, replikasi kolecer di Garut ini didukung penuh oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Garut dan Bank Intan Jabar Cabang Garut.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan dalam agenda TEPAS (Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat) Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di Gedung Pakuan pada Jumat 10 Januari 2020.

Dalam sambutannya Gubernur Jabar mengatakan bahwa literasi bukan hanya sekedar suka baca tapi juga benteng pertahanan terhadap perang di masa depan melalui perang informasi.

“Mari kita bangkitkan literasi di semua lini, dan jangan lupa dunia kini berubah sudah terevolusi oleh digital dan kita harus menyesuaikan,” kata Emil-sapaan Ridwan Kamil.

Selain itu, Kabupaten Garut mendapatkan bantuan motor baca untuk dari Pemprov Jabar. Penyerahan kendaraan roda tiga ini dilakukan simbolis oleh Gubernur kepada Kepala Dispusip Garut saat acara TEPAS di halaman Gedung Pakuan Kota Bandung.

Emil mengatakan, motor baca ini bertujuan untuk lebih mendekatkan buku dengan masyarakat. Berbeda dengan Kolecer, motor baca yang mampu menampung ratusan judul buku ini memudahkan pembaca karena bergerak secara mobile.

Baca Juga :   Anggota Komisi V DPRD Jabar, Dadan Hidayatulloh: Perda Ponpes akan Segera Terwujud

“Ini motor baca dihibahkan bertujuan untuk mendekatkan buku dengan masyarakat, kalau sekarang kita maksa masyarakat datang ke gedung perpustakaan agak susah, kalaupun bisa tapi jarak kan jauh, kesibukannya juga tidak semua bisa ke sana, maka kita rubah pelayanan kepada masyatakat. ujung-ujungnya masyarakat Jabar harus naik indeks literasinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dipusip Garut Hj. Lisnawati, mengatakan program peningkatan dan penguatan literasi menjadi salah satu fokus Pemkab Garut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut.

“Semoga penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jabar kepada Kabupaten Garut ini menjadikan semangat dan motivasi kami lebih meningkat, untuk melayani masyarakat dalam upaya meningkatkan budaya baca dan literasi di Kabupaten Garut”. Ujar Lisnawati, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (14/01/2020).

Lebih lanjut Lisnawati menginformasikan, selain Dispusip Garut, penghargaan kontribusi literasi Jawa Barat juga diberikan kepada pustakawan yang lulus ujian sertifikasi dan lembaga yang mereplikasi Kolecer diantaranya, Baznas Garut, Intan Garut, Kadispusipda Garut, Kepala bank bjb Garut dan Kota Sukabumi, Ketua Stikes Kuningan, Kadiskominfo Kearsipan dan Perpustakaan Cimahi dan Kadishub Ciamis.(Wena)

Bagikan :
error: Protect !!!