Disela-sela Apel Gabungan, Bupati Garut Resmi Melantik 3 Kades PAW

Berita Utama1248 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

 

BUPATI Garut H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., memimpin secara langsung jalannya Apel Gabungan Terbatas yang berlangsung di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (14/3/2022). Pada kesempatan tersebut, Bupati melantik 3 Kepala Desa (Kades) Penggantian Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Garut.

 

Dalam kata pengantar sumpah jabatan, Bupati Rudy menyampaikan bahwa Kades sama dengan dirinya, yakni sama-sama dipilih oleh rakyat. Walaupun kali ini para kades yang dilantik merupakan PAW, akan tetapi tetap dipilih oleh salah satu badan permusyawaratan sebagai representasi wakil rakyat.

 

“Saudara-saudara tentu sama dengan saya, yakni dipilih oleh rakyat, karena ini PAW dipilih oleh satu badan permusyawaratan yang mewakili rakyat, saya minta saudara-saudara bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Garut.

 

Menurutnya, desa merupakan bagian yang mempunyai otonomi khusus, karena desa mempunyai anggaran yang dikeluarkan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sampai dengan memiliki Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

 

“Saya menganggapnya dalam disertasi saya adalah otonomi tingkat 3, karena desa mempunyai anggaran yang dikeluarkan oleh APBN langsung ke desa, dalam bentuk dana desa, ada bagi hasil dalam bentuk ADD, ada juga bantuan keuangan dari pemerintah provinsi sama dengan kabupaten, ada APBDes, ada juga yang namanya peraturan desa, yang tidak ada adalah lembaga legislatif,” kata Rudy.

 

Bupati berharap para kades yang hari ini dilantik mampu bekerja maksimal, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

 

Sementara itu, Dede Samsudin salah satu Kades yang dilantik menuturkan, dirinya merasa bangga dan terharu bisa dilantik secara langsung oleh Bupati Garut sebagai Kades Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu.

Inline Related Posts  ISKI DKI Jakarta Sosialisasikan Pentingnya Komunikasi Keluarga Sambil Berbagi Sembako untuk Warga Cililitan

 

Dikatakan Dede, sebagai Kades PAW dirinya hanya akan menjabat sampai dengan bulan Juni Tahun 2023. Berkaitan dengan program, lanjut Dede, pihaknya akan melanjutkan program dari kades terdahulu.

 

“Kalau PAW itu melanjutkan program yang terdahulu, cuman melaksanakan pertanggungjawaban yang belum (terlaksana), karena itu udah ada aturannya, gitu yah tinggal melanjutkan,” ungkapnya.

 

Dede berharap, dirinya bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama dari masyarakat, agar Desa Girimukti yang dipimpinnya bisa lebih maju lagi.

 

Berikut ini Nama-Nama Kades PAW yang dilantik oleh Bupati Garut;

1. Ramdhan Jaelani sebagai Kepala Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.
2. Deden Oting sebagai Kepala Desa Galihpakuwon, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.
3. Dede Samsudin sebagai Kepala Desa Girimukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

 

RED_FR 

  ()