Sejumlah Strategi Disiapkan Disparbud Jabar untuk Mejaga Keberlangsungan Sektor Pariwisata dan Seni Budaya

oleh -13 Dilihat

Garut, faktadanrealita.com-

MENGINGAT banyaknya para pekerja di sektor pariwisata dan seni budaya yang paling terdampak selama pandemi virus corona. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) terus melakukan pendataan.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menjelaskan, kini sedikitnya ada 33.084 tenaga kerja pada dua sektor di wilayah Jabar yang terdampak COVID-19, diantaranya di sektor destinasi wisata, restoran, perhotelan, ekonomi kreatif, dan seni budaya.

Dedi pun mengatakan, kini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga keberlangsungan finansial para tenaga kerja di sektor pariwisata dan seni budaya.

Salah satu strateginya yakni terus melakukan pendataan dan verifikasi aga seluruh tenaga kerja di sektor pariwisata dan seni budaya bisa mendapat bantuan dari pemerintah.

“Kami usahakan para tenaga kerja ini mendapat bantuan, baik berupa bantuan langsung tunai, bantuan sosial, kartu prakerja, maupun bantuan jaring pengaman sosial (JPS) Pemprov Jabar,” imbuhnya.

Hasil terbaru pendataan dan verifikasi Disparbud Jabar terhadap 33.084 tenaga kerja di sektor pariwisata dan seni budaya, sebanyak 18.371 orang telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kemudian, sebanyak 26.517 tenaga kerja telah diajukan untuk mendapat kartu prakerja. Ada pun tenaga kerja yang berada di luar DTKS, tengah diverifikasi agar mendapat bantuan JPS Pemprov Jabar.

Reporter : WH | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.