31 Juli 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

PT. Bank Aceh Syariah Bireuen Berhasil Kumpulkan 132 Kantong Darah di Tahun 2021

Bireuen, Fakta dan Realita-

PT. Bank Aceh Syariah Bireuen berhasil mengumpulkan sebanyak 132 kantong darah pada kegiatan Donor Darah yang berlangsung di halaman Kantor PT. Bank Aceh Syariah, samping Terminal Bus Jalan Nasional Medan-Banda Aceh, Selasa (02/02/2021).

Keberhasilan ini tentunya diluar dugaan karena melebihi apa yang ditargetkan sebelumnya yang hanya 100 kantong darah saja, apalagi jika dikaitkan dengan situasi Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Terpantau Media Fakta dan Realita, kegiatan Donor Darah yang sudah rutin dilakukan PT. Bank Aceh Syariah dalam setiap tahunnya ini, dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, PT. Bank Aceh Syariah tampak berupaya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk seluruh tamu yang datang, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk tahun ini, antusiasme Pendonor pada kegiatan Donor Darah yang digelar PT. Bank Aceh Syariah sangatlah tinggi, berbagai kalangan mulai dari ASN badan dan Kantor Pemerintahaan, Pegawai Bank Aceh, TNI/ Polri dan masyarakat sipil turut serta mengikuti kegiatan ini .

Secara keseluruhan, dalam kegiatan Donor Darah yang melibatkan Tim Medis dari UTD RSU dr. Fauziah Bireuen dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bireuen itu, telah berhasil mengumpulkan sebanyak 132 kantong darah, dengan rincian sebagai berikut;

– Gol darah A sebanyak 30 kantong
– Gol darah B sebanyak 31 kantong
– Gol darah O sebanyak 60 kantong
– Gol darah AB sebanyak 11 kantong

Pimpinan PT. Bank Aceh Syariah Bireuen, Hendra Supardi dalam pernyataannya mengatakan, memiliki  kondisi fisik yang baik itu memang sangat penting apalagi dimasa Pandemi Covid-19 yang kini sedang melanda berbagai negara di dunia secara mengglobal.

Dengan maksimalnya kesehatan kita, maka, sambung Hendra, produktivitas dalam menyelesaikan segala urusan dan pekerjaan dapat pula terjaga dengan baik. Apalagi, untuk menjaga kesehatan fisik dan mental itu, tak hanya dilakukan dengan cara menghindari pikiran dan fisik dari hal-hal negatif saja, melainkan bisa juga dengan melakukan Donor Darah secara rutin.

“Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang tujuannya untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah. Namun, bila ditelisik dari segi kesehatan, ternyata mendonorkan darah itu tak sekedar bermanfaat bagi yang membutuhkannya saja. Tapi, bagi kita sebagai pendonornya pun, akan pula merasakan manfaat yang besar, terutama untuk kesehatan tubuh kita sendiri,” terangnya.

Baca Juga :   Pemkab Garut Bentuk Satgas Tingkat RW Guna Mencegah Kenaikan Klaster Keluarga

Berikut Beberapa Manfaat Yang Bisa Dirasakan Pendonor :

1. Mengurangi penyakit jantung

Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat.

2. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh.

3. Menurunkan resiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan

4. Meningkatkan produksi darah

Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

5. Pikiran lebih stabil

Bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil, dengan mendonorkan darah,maka dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis.

6. Bagian dari pemeriksaan kesehatan

Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

7. Menjadi lansia yang sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lainnya dari mendonorkan darah secara rutin adalah menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantu Anda dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Reporter : Hendra G| Editor : Red_FR

Bagikan :
error: Protect !!!