14 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Jelang Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di Bulan Mei, Sebanyak 2936 Murid Kelas 6 SD di Kecamatan Garut Kota Akan Mengikuti Latihan US

Garut, faktadanrealita.com-

Dalam waktu dekat ini, tepatnya mulai tanggal 16 Maret s/d 21 Maret 2020, sebanyak  2936 murid Sekolah Dasar (SD) kelas 6  yang ada pada 78 SD Negeri maupun Swasta di kecamatan Garut kota akan melaksanakan kegiatan ‘Latihan Ujian Sekolah (US) Tahun Ajaran 2019/2020’.

Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan kecamatan Garut Kota, H. Engkur, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa seluruh SD yang ada di kecamatan Garut Kota pada hari senin ini akan mulai melaksanakan kegiatan Latihan US. Latihan US ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya sekolah untuk mengukur kemampuan anak didiknya menjelang pelaksanaaan Ujian Sekolah sebenarnya di bulan Mei yang akan datang.

“Dengan terukurnya kemampuan anak didiknya berdasarkan hasil Latihan US tersebut, sekolah akan paham dan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi US aslinya,” kata Engkur kepada wartawan Fakta dan Realita, Jum’at (13/03/2020).

Pelaksanaan Latihan US ini menurut Engkur, sebetulnya sifatnya tidak wajib untuk dilaksanakan, akan tetapi tetap diperbolehkan, karena itu tidak menutup kemungkinan ada sebagian kecamatan di kabupaten Garut yang tidak mengadakan kegiatan Latihan US ini. khusus untuk kecamatan Garut Kota berdasarkan kesepakatan para Kepala Sekolah, kita akan tetap melaksanakannya.

“Garut Kota sudah tradisi setiap tahunnya selalu mengadakan Latihan US, ini dilakukan agar siswa kelas 6 mempunyai gambaran tentang materi-materi soal yang akan diujikan dalam US sesungguhnya,” jelasnya.

Engkur berharap, agar seluruh siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal Latihan US ini dilakukan dengan penuh kesungguhan, tidak menganggap remeh, karena latihan ini sangatlah menentukan bagi keberhasilan mereka di Ujian Sekolah nantinya.

Senada dengan Engkur, Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan kecamatan Garut Kota, Memet S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa dalam pelaksanaan US ini akan dilaksanakan 2 tahap. Masing-masing  tahap terdiri dari 10 mata pelajaran.

Baca Juga :   How To Successfully Get married to A Colombian Girl

Untuk tahap pertama yaitu tahap persiapan, kata Memet, seluruh murid kelas 6 akan mengikuti Latihan US terlebih dahulu, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 16 Maret s/d 21 Maret 2020. Sedangkan untuk tahap kedua yaitu  pelaksanaan US nya sendiri, akan dilaksanakan mulai tanggal 03 Mei s/d 08 Mei 2020, juga dengan 10 mata pelajaran yang sama.

Tahap Latihan US ini, menurut Memet, selain dijadikan sebagai ajang pemanasan dan tolak ukur keberhasilan Siswa, Latihan US ini pun akan dijadikan sebagai bahan pengisian rapot mereka juga.

Oleh karena itu, Memet berharap agar para kepala sekolah selalu hadir setiap hari, guna memantau pelaksanaan Latihan US tersebut. Sehingga saat US mei mendatang para kepala sekolah ini telah siap segalanya.

Sementara itu, kepala sekolah SDN 6 Sukamentri Garut Kota, Ateng S.Pd, menyambut baik pelaksanaan Latihan US ini. Latihan US ini sangat bermanfaat bagi setiap siswa yang mengikutinya.

Lanjut Ateng, dengan mengikuti Latihan US ini, diharapkan siswa akan terbiasa dan tidak kaku dalam mengerjakan soal-soal US nanti.

“Bagi siswa yang mengikutinya, mereka akan lebih siap, baik dalam segi mental maupun keilmuannya,” ujar Ateng.

Terakhir Ateng mengajak, kepada sesama Kepala Sekolah se-kecamatan Garut Kota  untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini, sehingga saat selesai nanti kita akan lebih mudah mengevaluasi berbagai kekurangan yang ada. Dan tentunya ini akan menjadi titik tolak persiapan kita sebelum melangkah ke Ujian Sekolah (US) di bulan Mei mendatang.(Wena)

Bagikan :
error: Protect !!!