17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Pemkab Garut Segera Bangun Rumah Sakit Tipe D Limbangan

Garut, faktadanrealita.com-

Dalam upaya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D di kecamatan Limbangan. Hal ini ditandai dengan kunjungan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman ke lokasi lahan tanah yang akan dibangunkan RSUD,  di desa Limbangan Tengah, kecamatan Limbangan, Senin (3/2/2020).

Di kunjungannya kali ini, Helmi didampingi sejumlah  pejabat seperti Kepala Dinas Kesehatan, dr. Maskut Farid dan pejabat di lingkungan Bappeda.

Menurut Helmi, menyangkut pembangunan RSUD tipe D Limbangan, pemkab Garut saat ini sedang mempersiapkan lahannya terlebih dahulu. Dan telah ditentukan lokasinya di Desa Limbangan Tengah dengan luas lahan sekitar 2200 meter persegi. “Awalnya kita sudah siap membangun di Desa Limbangan Timur, tetapi terkendala teknis dan lebih cocok untuk dibangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Jadi yang tepat di Desa Limbangan Tengah,” ujarnya.

Ie menjelaskan, kendati sudah ada lahan yang cocok, Pemerintah Kabupaten Garut masih membutuhkan lahan lagi. Yang mana saat ini baru ada seluas 2200 meter persegi. Tentunya lahan tersebut masih kurang dan akan ditambah lagi.

Baca Juga :   Wabup Helmi Ikuti Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Al-Hidayah Villa Intan Tarogong Garut

“Disini memiliki lahan 2200 meter perlu di tambah lagi, rencananya tahun ini di bangun tapi ada beberapa kendala teknis  harus ada pematangan lahan terlebih dahulu kemungkinan di tahun berikutnya” ucap Helmi

Saat disinggung soal hubungannya rencana pembangunan rumah sakit dengan pamekaran Garut utara,  menurut, Helmi kita akan siapkan infrastruktur yang di butuhkan oleh masyarakat agar bisa mengaksesnya.

“Nanti jika sudah ada RSUD tipe D, masyarakat sudah tidak akan sulit lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RSU besar. Ini sudah menjadi program kami selama memimpin daerah,” katanya.

Terakhir Ia menyampaikan, bahwasannya selain akan membangun di wilayah Garut Utara, pembangunan RSUD juga akan di bangun di daerah Garut Selatan. “Ya, sama juga di Garut Selatan juga akan di bangun, soalnya Garut memiliki daerah yang sangat luas dan jaraknya tempuhnya sangat jauh dari RSU yang sudah ada,”.(Dedi Oded) 

Bagikan :
error: Protect !!!