17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Bank bjb Garut Luncurkan “bjb Mesra”, Pinjaman Tanpa Modal dan Agunan

Garut, faktadanrealita.com-

Dengan dilatar-belakangi adanya fenomena sosial yang terjadi di masyarakat kabupaten Garut saat ini, yang minim akan akses pembiayaan, sehingga terjerat dengan pinjaman informal dengan bunga yang sangat tinggi, Bank bjb Kantor Cabang Garut meluncurkan program pinjaman tanpa bunga dan anggunan bagi masyarakat tidak mampu dengan nama “bjb Masyarakat Ekonomi Sejahtera” atau disingkat “bjb Mesra”.

Demikian dikatakan Pemimpin bank bjb Kantor Cabang Garut, Maman Rukmana, seusai menghadiri acara di Kantor BPR Garut, Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, Senin(03/02/2020).

Dikatakan Maman, dalam Program bjb Mesra ini, pinjaman yang disalurkan kepada masyarakat Garut dengan bentuk pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per orang.

“Masyarakat Garut dapat mengajukan Kredit Mesra dengan membentuk kelompok jumlah anggotanya minimal 5 orang dan maksimal 10 orang serta direkomendasikan oleh Pengurus Rumah Ibadahnya masing-masing,” ujarnya.

Lanjut Maman, Pinjaman ini ditujukan bagi pelaku UMKM khususnya usaha dengan skala mikro dengan jangka waktu pelunasan cicilan maksimal 12 bulan. Masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman hanya menyiapkan persyaratan berupa KTP, KK dan surat menikah bagi yang telah menikah.

“Pinjaman ini pun hanya mengenakan biaya Administrasi yang dibayar di muka dan kemudian hanya membayar cicilan pokoknya saja sampai jangka waktu pinjaman berakhir,” jelasnya.

Sebelum pinjaman diberikan, kata Maman, pelaku usaha yang telah memenuhi persyaratan akan terlebih dahulu diberikan Seleksi Pelatihan Keuangan Mikro guna meningkatkan kualitas pelaku UMKM di Garut.

Baca Juga :   SDN 1 dan 2 Kota Kulon Garut Kota Siap Berkolaborasi Wujudkan Kemajuan Pendidikan

Maman menuturkan,  program bjb Mesra ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemprov Jabar dengan bank bjb yang bertujuan untuk membantu permodalan bagi masyarakat tidak mampu dalam rangka meningkatkan pertumbuhan para pelaku UMKM.

” bjb Mesra ini diluncurkan atas kerjasama antara PT. Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka menumbuhkembangkan para pelaku UMKM di Jawa Barat, khususnya umat beragama yang ada di sekitar rumah ibadat di Jawa Barat.

Selain itu Maman juga menyampaikan bahwa selama ini Bank bjb Kantor Cabang Garut telah menjalin kerjasama dengan BPR Garut dalam berbagai hal,  antara lain : pengelolaan likuiditas BPR, memberikan fasilitas pinjaman untuk BPR Garut, kerjasama layanan dan kerjasama pengelolaan kredit pegawai.

Kerjasama yang kami lakukan bukan di permodalan saja, di era industri 4.0, kami pun senantiasa memberikan pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar UMKM di Kabupaten Garut semakin maju dan berkembang”, tegasnya.

Di akuinya , Hal tersebut sesuai dengan komitmen bank bjb untuk terus mendorong dan memajukan UMKM-UMKM  yang ada, meski dihadapkan ketatnya persaingan yang terjadi saat ini, “kita akan adakan pelatihan manajemen usaha dan pengelolaan keuangan agar para pelaku UMKM ini pengetahun dan kemampuan di bidang usahanya meningkat,” pungkasnya.(Dedi Oded)

Bagikan :
error: Protect !!!