11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Miris…!!! Bangunan SDN 1 Sukagalih Tak Layak Pakai, Satu Diantaranya Ambruk

Foto : H. Ombi Romli, Kepala SDN 1 Sukagalih merangkap Kepala SDN 1 Sindanggalih Kec. Sukaratu

Kab. Tasikmalaya, faktadanrealita.com
Entah sampai kapan rasa cemas dan khawatir terus menghantui perasaan para siswa – siswi, guru termasuk Kepala SDN 1 Sukagalih H. Ombi Romli yang juga merangkap sebagai Kepala SDN 1 Sindanggalih Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya. Hampir seluruh ruangan, kondisinya rusak berat bahkan satu lokal diantaranya sudah ambruk.

Foto : ruang kelas SDN 1 Sukagalih yang ambruk

 

“Rehab akhir sekolah terhitung sejak tahun 2005 hingga sekarang pengajuan anggaran bantuan melalui proposal pun belum kunjung terealisasi”, demikian ungkap kepsek H. Ombi Romli pada faktadanrealita.com diruang kerjanya, selasa (18/2).

Yang lebih mengkhawatirkan lagi bila musim hujan tiba, saya selalu mengintruksikan kepada seluruh guru agar pada saat proses KBM berlangsung, pintu kelas harus terbuka. Ini sebagai antisifasi bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan maka siswa dan guru harus langsung lari keluar kelas”, ujarnya terenyuh sembari menunjukan kondisi seluruh ruangan yang atapnya sudah pada berlobang dan lapuk dimakan usia.

Foto : Atap bangunan yang sudah berlobang, lapuk dan keropos dimakan usia

 

“Ibarat kata “Nini – Nini Di Bedakan” (nenek – nenek didandanin-red), seakan menggambarkan kondisi SDN 1 Sukagalih yang setiap tahunnya hanya mengandalkan pemeliharaan dengan cara di cat saja, padahal keadaan yang sebenarnya sudah sangat rusak berat”, imbuhnya.

Baca Juga :   Kodim 0611/Garut Gelar Kegiatan Baksos Pemberdayaan Masyarakat Kodim T.A 2020

Walau demikian faktanya, kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan murid tidak pernah terganggu, malah semakin semangat belajar. Terbukti pada tahun 2019 siswa kami ada yang meraih prestasi membanggakan yakni pada kejuaraan pramuka putra meraih juara pertama dan putrinya berhasil meraih juara umum ketiga Lomba Tingkat II SD/MI Regu Berprestasi TINGGI dan pada tahun 2020 berhasil meraih juara 2 pada lomba Pentas PAI cabang Tahfidz dan juara 3 lomba sholat.

Kalau di SDN 1 Sindanggalih pada lomba LT II putranya meraih juara umum kedua tingkat kecamatan”, papar kepsek yang juga sekretaris kwartir cabang di Kab. Tasikmalaya seraya berharap mudah – mudahan ada dana taktis untuk merehab bangunan sekolah termasuk ingin memagar / membenteng sekeliling sekolah mengingat SDN 1 Sukagalih pernah dua kali kemalingan hingga raibnya 4 laptop dan 2 infokus termasuk 1 unit kendaraan roda dua milik seorang guru”, ungkapnya.

Diakhir keterangannya, Kepsek H. Ombi Romli mengatakan, SDN 1 Sukagalih memiliki peserta didik sebanyak 151 orang dengan tenaga pengajar PNS 5 orang dan sukwan 3 orang. (fans)***

Bagikan :
error: Protect !!!