17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Foto : Guru-guru pembimbing bersama orangtua murid kelas 6

Diprakarsai Orangtua Murid, SDN 4 Regol Garut Kota Lakukan Study Tour ke Observatorium Bosscha dan Museum Geologi Bandung

Garut, faktadanrealita.com-

Dalam rangka menambah wawasan siswa tentang pengetahuan benda langit dan angkasa, serta yang berhubungan dengan bumi dan alam sekitarnya, SDN 4 Regol Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengadakan acara “study tour” ke dua tempat ilmiah berbeda yakni Observatorium Bosscha Lembang dan Museum Geologi Bandung , pada hari kamis (13/02/ 2020).

Kepala sekolah SDN 4 Regol, Tati Hastiah, S.Pd, M.Pd, saat diwawancarai Wartawan Fakta & Realita di ruangannya, Jum’at (15/02/2020), sehari setelah kegiatan study tour selesai mengatakan, kegiatan study tour ini sepenuhnya diprakarsai oleh seluruh orangtua murid kelas 6 yang berkeinginan sebelum anak-anaknya lulus nanti, terlebih dahulu diadakan sebuah acara represing sambil belajar sebagai sebuah bukti kebersamaan yang tak mungkin terlupakan.

Lebih lanjut Tati menjelaskan, bahwa pelaksanaan study tour ini didasarkan atas hasil musyawarah antara para orangtua murid dengan Komite Sekolah, pihaknya hanya sebagai fasilitator. Segala sesuatunya, tak terkecuali menyangkut besaran biaya yang dibutuhkan, semuanya diserahkan kepada para orangtua murid. Sekolah hanya mengetahui dan melaksanakannya.

“Pihak sekolah hanya sebagai fasilitator, adanya keinginan dari orangtua murid kelas 6 untuk mengadakan study tour ke Observatorium Bosscha dan Museum Geologi, tentunya kita dukung dan fasilitasi,” ungkap Tati.

Tati menilai, sepanjang tidak melanggar aturan dan tidak menghambat kegiatan belajar, kami akan mempersilahkan dan mendukung keinginan para orangtua murid, apalagi kegiatan study tour ini sudah jelas merupakan kegiatan positif yang justru memberikan banyak tambahan ilmu dan pengetahuan bagi anak sekolah.

Terkait pelaksanaan study tour Kamis kemarin, Novi Nurliantini, S.Pd selaku Ibu Wali Kelas 6, menerangkan, Ia bersama tiga guru lainnya mendapatkan tugas dari Kepala sekolah untuk membimbing siswa selama kegiatan study tour berlangsung.

Novi menjelaskan, Rombongan study tour terdiri dari 4 orang Guru Pembimbing dan 42 siswa, termasuk didalamnya ada orangtua murid kelas 6 dan 4. Berangkat dari sekolah pada pukul 06.30 WIB Pagi dengan menggunakan Bus Travel, dan tiba di Observatorium Bosscha Lembang Bandung, sekitar pukul 10.00 Pagi WIB.

Baca Juga :   Dinas Koperasi dan UMKM Garut Dorong Pelaku UMKM Gunakan Pembukuan Digital

Dikatakan Novi, sesampainya di lokasi observatorium Bosscha Lembang, disamping mempelajari sejarah, bangunan, dan lingkungan di sekitar Observatorium Bosscha, murid-murid juga dipandu untuk melihat cara kerja teleskop Zeiss dari dekat. 

Selain itu, kata Novi, rombongan pun diajak untuk  melihat dan mempelajari seluk beluk tentang astronomi di Ruang Multimedia yang berada di Observatorium Bosscha.

“Anak-anak nampak senang, mereka banyak tanya ini-itu terkait Boscha, pengetahuan mereka jadi  kian bertambah, tadinya mereka hanya tahu Bosscha dari buku dan literature lainnya, kali ini mereka bisa secara langsung melihatnya,” ujar Novi.

Menyambung informasi yang diberikan Novi, salah satu Guru Pembimbing lainnya, Hari Heriansyah menambahkan, bahwa sekitar pukul 13.00 WIB rombongan Study Tour SDN 4 Regol bertolak meninggalkan Bosscha untuk menuju Museum Geologi Bandung yang berada di Jalan . Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Dituturkan Hari, kira-kira sekitar pukul 14.30 sore hari, rombongan tiba di Museum, disana kami dimanjakan dengan berbagai fasilitas super lengkap yang membuat pengunjung tidak bosan untuk berkunjung ke Museum Geologi. Ada Ruang Peragaan, Ruang Dokumentasi, Auditorium, Ruang Edukasi, Souvernir Shop, Masjid dan lainnya.

“Siapapun yang mengunjungi Museum Geologi Bandung dipastikan tidak akan menyesal, termasuk kita dan para murid, dengan segala fasilitas yang ada, Museum itu telah memberikan banyak pengetahuan bagi kita semua, disitu murid-murid dapat mempelajari sejarah, dan memahami seluk mineral bumi,” pungkas Hari.(Pemred)

Bagikan :
error: Protect !!!