MAN 2 Bireuen Gelar Rapat Koordinasi E-RKAM dan Sosialisasi DIPA Tahun Anggaran 2021

oleh -12 Dilihat

Bireuen, Fakta dan Realita-

MADRASAH Aliyah Negeri (MAN) 2 Bireuen mengelar Rapat Koordinasi e-RKAM sebagai bentuk Sosialisasi DIPA Anggaran Tahun 2021, Acara ini berlangsung di aula MAN setempat, Desa Cot Gapu, Sabtu (27/02/2021).

Kegiatan tersebut, melibatkan Komite Sekolah, Wali Kelas dan semua guru MAN 2 Bireuen. Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan tahap awal bagi guru untuk menyusun program kerja yang berbasis kinerja dengan berpedoman pada anggaran yang ada sesuai juknis,anggaran tersebut 80 persen akan terserap ke gaji, uang makan, TPG guru dan kesejahteraan lainnya, misalkan tukin pegawai.

Hal ini dikatakan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bireuen, Sabri A. Gani, S.Pd didampingi Komite Sekolah Tgk. Sudirman S.Pdi kepada Media  Fakta dan Realita, Sabtu.

Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik). Sistem ini ditargetkan oleh  pihak Kementerian Agama sudah bisa digunakan seluruh madrasah di Indonesia pada tahun 2023 sebelumnya,

Sistem ini juga sudah didiklatkan kepada 15.422 madrasah yang menjadi pilot project pada 2020 untuk diaplikasikan tahun depan. Diklat yang sama akan diberikan pada sekitar 20 ribu madrasah lainnya pada tahun 2021. Sisanya, akan mengikuti diklat tahun 2022.

“Kementerian Agama mengalokasikan hampir Rp10 triliun untuk dana BOS di madrasah untuk setiap tahunnya. Ini bukan angka yang kecil, anggaran itu merupakan investasi pendidikan yang diharapkan dapat mewujudkan generasi masa depan terbaik. Karenanya, kualitas belanja dari anggaran tersebut harus dijaga agar mendukung peningkatan mutu pembelajaran. Disamping agar Kementerian Agama memiliki sistem informasi keuangan madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

Sementara itu, Rapat Koordinasi e-RKAM Dan Sosialisasi DIPA Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanskan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bireuen, Sabtu (27/02/2021) yang menjadi harapan
Sabri A. Gani, S.Pd dengan kegiatan ini akan terbentuk sistem pengelolaan keuangan madrasah yang transparan, akultabel sesuai prinsip pengelolaan keuangan negara, untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Reporter : Hendra G| Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.