PGRI Garut Kota Gelar “Jum’at Berkah” Pembagian Sembako Penjaga Sekolah dan Snack bagi Jemaah Mesjid Ar-rusydi 1

oleh -14 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PENGURUS PGRI Cabang kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat, Jum’at (26/02/2021), kembali menggelar kegiatan rutin mereka bertajuk “Jum’at Berkah”. Bagi PGRI Garut Kota, penyelenggaraan kegiatan Jum’at Berkah ini merupakan yang ketujuh kalinya digelar.

Untuk pelaksanaan Jum’at Berkah pada minggu keempat di bulan Februari 2021 ini, memang berbeda dengan rutinitas Jum’at Berkah di minggu sebelumnya. Pada Jum’at Berkah kali ini, sesuai agenda yang telah disepakati bersama, pengurus PGRI Garut Kota akan menggelar 2 (dua) rangkaian acara di tempat yang berbeda yakni pagi hari di kantor PGRI Garut Kota dan siang harinya di Mesjid Ar-rusydi 1 Kampung Lebaksari, yang akan digelar selepas shalat Jum’at.

Pada pagi harinya, sekitar pukul 09.00 WIB, PGRI Garut Kota menggelar kegiatan ‘Bakti Kepedulian Pemberian Paket Sembako’ kepada para Penjaga Sekolah yang dipusatkan di Kantor PGRI Garut Kota Jalan Sudirman No 2 Garut. Sedangkan di siang harinya, selepas Shalat Jum’at, PGRI Garut Kota punĀ  kembali menggelar kegiatan rutin mingguan bertajuk ‘Mesjid to Mesjid’ dengan pokok acara pembagian snack makanan kepada para jemaah di Mesjid Ar-rusyidi 1 Kampung Lebaksari, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Media Fakta dan Realita, untuk acara pertama yakni Bakti kepedulian kepada para Penjaga Sekolah, pihak PGRI Garut Kota mendapat banyak dukungan dan kepercayaan dari sejumlah donatur yang dengan ikhlas menyumbangkan sebagian rejekinya. Tercatat, pemilik Rumah Makan Joglo Abah yang diwakili Vemy Oasis, Komunitas Tato Nur As’salam yang diketua H. Latif, dan Komunitas Sodaqoh Subuh Garut Kota dibawah penggeraknya H. Suwarso, yang merupakan donatur utama kegiatan ini, siap hadir di acara ini.

Sedangkan pada acara yang kedua yakni kegiatan “Mesjid to Mesjid” pemberian snack makanan kepada para Jemaah Jum’at di Mesjid Ar-rusydi 1 Kampung Lebaksari, donaturnya murni berasal dari kocek para Kepala Sekolah Garut Kota yang mau mendonasikan sebagian harta miliknya.

Penyerahan Paket Sembako Bagi Penjaga Sekolah

Acara pertama Jum’at Berkah diawali dengan penyerahan secara simbolik bantuan Nasi Box dari Rumah Makan Joglo Abah yang dilakukan oleh Vemi OASIS mewakili Teh Umy pemilik RM Joglo Abah kepada Korwil Pendidikan Garut Kota Hj. Anita Istiani, S.pd, M.Pd yang hadir sebagai tamu kehormatan mewakili PGRI Garut Kota.

Giliran selanjutnya, Korwas Pendidikan Garut Kota H. Memet, S.Pd, M.Pd yang juga mendapat kehormatan mewakili PGRI Garut Kota untuk menerima bantuan dari Komunitas Tato Nur As-salam, lalu hal serupa juga dilakukan K3S Garut Kota, H. Ahmad S.Pd dan disusul oleh Ketua PGRI Garut Kota, H. Rahmat S.Pd serta jajaran pengurus PGRI Garut Kota yang juga menerima titipan bantuan secara simbolik.

Ditemui usai acara, perwakilan donatur, Ketua Komunitas Tato Nur As-salam, H Latif mengatakan, di era pandemi Covid-19 ini kita semua memang sedang terjepit dalam hal ekonomi, apalagi bagi komunitas Tato Nur As-salam yang 80 persen anggotanya masih dalam keadaan menganggur. Namun, bagi kami yang namanya shodaqoh itu sangatlah penting sehingga kami pun berusaha menyisihkan sebagian rejeki pada program ‘sodaqoh shubuh’.

“Dari dana yang terkumpul di sodakoh shubuh Tato Nur As’salam yang jumlah nominalnya tak seberapa, pada hari ini kita berinisiatif menyalurkannya kepada sesama yang membutuhkan melalui kegiatan Jumat Berkah PGRI Garut Kota,” ujarnya.

H. Latif berharap, meski yang dapat kita berikan demikian adanya, namun dengan segala keikhlasan hati, kami berharap bantuan ini bisa sedikit membantu mereka-mereka yang sedang mengalami kesulitan, dalam hal ini para penjaga sekolah di Garut Kota.

“Yang paling utama itu ikhlas. Saya ingin kita saling mendoakan agar diberi kemudahan dan dibukakan pintu-pintu rejeqi dan ampunan, serta segala pintu keberkahan,” pungkasnya.

Sementara itu, Korwil Pendidikan Garut Kota, Hj. Anita Istiani, S.Pd, M.Pd dalam pernyataannya menyebutkan, sebagai Korwil tentunya ia merasa bangga dan salut dengan pelaksanaan Jum’at Berkah PGRI Garut Kota yang digelar hari ini.

“Betapa tidak, Jum’at Berkah hari ini khususnya pada pembagian sembako untuk penjaga sekolah, saya lihat banyak sekali yang terketuk hatinya untuk memberikan bantuan. Tak disangka, sangat luar biasa, donaturnya itu banyak yang dari luar,” ucap Anita.

Anita pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah memberikan sumbangannya melalui PGRI Garut Kota, semoga dengan bantuan yang diberikannya ini, tentunya bisa bermanfaat dan mendapatkan balasan yang setimpal dari Alloh SWT.

“Dengan banyaknya kepercayaan dari para donatur dan hamba Alloh kepada PGRI, saya harap agenda rutin PGRI Garut Kota yang sudah begitu baik ini, nantinya bisa terus berlanjut agar semakin banyak warga pendidikan kita yang terbantu. Karena dengan begitu, hal ini bisa serta merta menjadi bagian dari peningkatan mutu pendidikan di Garut Kota kedepannya,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama Korwas Garut Kota, H. Memet, S.Pd, M.Pd mengatakan, sangat menyambut baik pelaksaanaan Jum’at Berkah PGRI Garut Kota dibawah pimpinan Rahmat, S.Pd ini. PGRI Garut Kota semakin solid, lebih hidup dan terus berkembang.

Khusus, pemberian Paket Sembako kepada para Penjaga Sekolah, Memet menilai, hal itu sangat baik karena mereka sekarang ini memang sedang butuh perhatian yang serius akibat keadaan ekonominya terimbas oleh pandemi yang berkepanjangan.

“Saya mengapresiasi dan mendukung sekali langkah PGRI Garut Kota peduli ini. Dan, kepada Para Donatur saya juga mengucapkan banyak terimakasih, semoga semua yang telah diberikannya dapat menjadi amal kebaikan yang berlipat-lipat dihadapan Alloh SWT, amiin yaa robbal alamin,” ungkapnya.

Acara ‘Mesjid to Mesjid’ di Mesjid Ar-rusydi 1 Lebaksari

Setelah selesai acara pembagian Paket sembako kepada para Penjaga Sekolah di pagi harinya, PGRI Garut Kota pun berlanjut pada acara yang kedua yakni pelaksanaan Jum’at Berkah ‘Mesjid to Mesjid’ yang berlangsung di Mesjid Ar-rusydi 1 Kampung Lebaksari, Kelurahan Regol, yang letaknya tak jauh dari lokasi SDIT Muhammadiyah 4 Garut Kota berada.

Terpantau di lokasi, usai pelaksanaan ibadah shalat Jum’at di Mesjid Ar-rusydi 1, Ketua PGRI Garut Kota, K3S Garut Kota bersama Srikandi-srikandi pengurus PGRI Garut Kota yang dikomandoi Kepala SDN Cimuncang 1 Hj. Armilah selaku Sekbid Pemberdayaan Perempuan PGRI Garut Kota, didukung oleh Kepala SDN Sukamentri 1 Hj. Ihat Solihat, Kepala SDN Regol 3 Hj. Ema Hasanah, dan juga Kepala SDIT GIS Prima Insani Fuji Faujiah, tampak bahu membahu tanpa kenal lelah membagikan box-box snack berisi makanan ringan kepada Para Jemaah di mesjid tersebut.

Kegiatan Jum’at Berkah Mesjid to Mesjid’ PGRI Garut kota yang kini telah rutin digelar pada setiap minggunya ini pun, tak pelak mendapatkan banyak respon positif dari para jemaah yang ikut hadir menunaikan ibadah shalat Jum’at di mesjid Ar-rusydi 1 Lebaksari.

“Saya sempat kaget, pas tadi keluar mesjid, kita langsung diberi snack oleh ibu-ibu yang katanya shodaqoh dari Jum’at Berkah PGRI Garut Kota. Saya ucapkan terimakasih pada PGRI karena sudah seharusnya kita membiasakan diri untuk saling memberi dan saling tolong-menolong dalam hal kebaikan,” demikian respon Salim (50), salah satu warga setempat yang turut beribadah Shalat Jum’at di mesjid Ar-Rusdhi.

Sementara, usai pembagian snack kepada para jemaah, acara dilanjutkan pada penyerahan paket cinderamata dari pengurus PGRI Garut Kota yang diwakili oleh Hj. Armilah kepada pengurus mesjid Ar-rusydi 1 Kampung Lebaksari.

Hj. Armilah dalam kesempatan itu mengatakan, pemberian snack kepada para jemaah usai pelaksanaan shalat Jum’at ini sudah rutin dilakukan PGRI Garut Kota. Hari ini, kita melakukannya di mesjid Ar-rusydi Lebaksari, “sejauh ini, alhamdulillah responnya baik, meski yang kita berikan itu tidak seberapa, sekedar makanan ringan,” imbuhnya.

Hj. Armilah juga menuturkan, banyak sekali nilai positif yang dapat diambil dari pelaksanaan Jum’at Berkah ini, selain membiasakan diri untuk berbagi, saling mengasihi dan ikut merasakan penderitaan orang lain yang kesusahan, pada hakikatnya kita pun memiliki tabungan masa akhir yaitu pahala kebaikan yang mudah-mudahan bisa menjadi juru selamat kita di yaumal akhir nanti.

“Bagi kami ini, yang terpenting itu syukur nikmat. Dalam setiap kegiatan apapun itu, rasa lelah, penat dan capek pastinya akan selalu ada, namun bila kita menyikapinya dengan rasa tulus dan ikhlas dan penuh rasa syukur maka semua beban yang ada akan menjadi ringan,” katanya.

Maka dari itu, sambung Hj.Armilah, sebagai pengurus saya mengajak kepada seluruh rekan-rekan PGRI Garut Kota dan semua kepala sekolah untuk terus bersatu padu dalam menjalankan program Jum’at Berkah kita ini, “jangan takut untuk melangkah, karena Alloh SWT pun akan selalu memudahkan jalan bagi umatnya yang ingin berbuat kebaikan,” ujarnya.

Sementara itu, dikesempatan tersebut, Kepala SDIT Muhammadiyah 4, Hj. Popi Heryanti S.Pd, M.Pd mewakili pengurus mesjid Ar-rusydi 1 Kampung Lebaksari mengatakan, acara Jum’at Berkah ini sangat positif sekali, karena dengan mengeluarkan shodaqoh di hari Jum’at mudah-mudahan rejeki kita berkah dan sampai nanti ke yaumal akhir.

“Alhamdulilah, saya sangat menyambut baik pelaksanaan Jum’at Berkah PGRI Garut Kota ini. Di kepemimpinan Kang amat (Rahmat, S.Pd), PGRI Garut Kota terlihat bergerak dan lebih peduli terhadap masyarakat sekitar, seperti halnya hari ini kepada para jemaah mesjid Ar-rusydi 1 Lebaksari. Tadi itu, jemaahnya sampai penuh bahkan anak-anak yang biasanya keluyuran, tadi banyak yang ikut shalat, ini kan positif ,” ungkapnya.

Hj. Popi menyampaikan, sebagai Kepala Sekolah dan anggota PGRI tentunya sangat mendukung penuh kegiatan Jum’at Berkah yang digagas Pengurus PGRI Garut Kota ini, “semoga PGRI Garut Kota yang kita cintai bersama ini, kedepannya semakin maju, kompak dan sukses, serta selalu peduli terhadap masyarakat sekitarnya, lebih jauhnya bisa mendorong kemajuan dunia pendidikan di kecamatan Garut Kota,” pungkasnya.

Ketua PGRI Garut Kota, H. Rahmat S.P.d atau akrab dipanggil Kang Amat, saat ditemui Redaksi Fakta dan Realita, mengaku terharu dan hampir kehabisan kata-kata dalam mengomentari program Jum’at Berkah kali ini. Baginya, sebagai Ketua PGRI, dengan lancarnya rangkaian kegiatan Jum’at Berkah ini sudah barang tentu hanya bisa mengucapkan syukur alhamdulilah.

“Semua yang terjadi sekarang ini diluar ekspetasinya. Subhanalloh, semenjak rutin melaksanakan kegiatan Jum’at Berkah, baik itu acara berbagi kepada Penjaga Sekolah maupun acara Mesjid to Mesjid, sejauh ini sakit kepala sebelah kiri yang seringkali dideritanya seakan perlahan hilang.

“Semua ini berkat dorongan doa dari para Hamba Allah dan juga semuanya. ‘Jazaakumullaahu khairan katsiran’. Yaa Allah berkahilah mereka semua rizki yang telah Engkau limpahkan kepada mereka. Kabulkanlah apa yang menjadi doanya. Ampuni dan sayangilah mereka, Aamiin Yaa Alloh Yaa Robbal Alamiin,” pungkas Kang Amat singkat.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.