Korwil Pendidikan Garut Kota Gelar Bakti Sosial “Ulin ka Lembur babagi ka dulur” di Karacak Valley

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

DALAM rangka mempererat jalinan tali silaturahmi antar sesama keluarga besar Pendidikan di wilayah kecamatan Garut Kota dan juga seiring dengan program baru Bupati Garut dalam pengembangan sektor pariwisata di kabupaten Garut, Korwil Bidang Pendidikan kecamatan Garut Kota Hj. Anita Istiani, S.Pd, M.Pd bersama jajaran pengawas, para Kepala Sekolah serta para Calon Kepala Sekolah se-kecamatan Garut Kota mengadakan acara bakti sosial sambil berwisata ke objek Wisata Pegunungan nan asri yaitu Karacak Valley yang berada di kelurahan Sukanegla, kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/09/2020).

Kegiatan yang bertajuk “Bakti Sosial Ulin ka Lembur Babagi ka dulur” ini terasa lebih istimewa karena dibuka secara langsung oleh Kabid SD Dinas Pendidikan kabupaten Garut, H. Entib Satibi, S.Ip, M.M.Pd., yang menyempatkan diri untuk hadir, mewakili Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Garut.

Dalam pelaksanaan Bakti Sosial Ulin ka Lembur ini, disamping membagikan masker gratis kepada puluhan orang warga di sekitar kawasan wisata Karacak Valley, Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota melalui pengurus Kelompok Kepala Sekolah (K3S) dan Pengurus Ikatan Guru Olahraga (IGORA) juga mengadakan berbagai jenis perlombaan ala 17 agustusan yang membuat suasana acara semakin seru dan semarak, serta penuh dengan kecerian dan canda tawa.

Foto: Kabid SD Disdik Garut, H. Entib Satibi S.IP, M.M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang SD Disdik Garut, H. Entib Satibi, S.IP, M.M.Pd  mengatakan, Ia sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Korwil Garut Kota bersama Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah se-kecamatan Garut Kota ini, mereka terlihat begitu kompak dan bersatu.

Menurutnya, kita juga sama-sama tahu bahwa Ibu Anita Istiani ini baru seumur jagung dalam mengemban tugas sebagai Korwil Bidang pendidikan di kecamatan Garut Kota, hampir sama dengan saya yang baru satu setengah bulan menjabat sebagai Kabid SD. Namun nyatanya kehadiran Bu Anita ini telah mampu mempersatukan semua kepala sekolah yang ada di kecamatan Garut Kota.

“Saya salut dengan kepemimpinan bu Anita sebagai Korwil Pendidikan Garut Kota, walau baru sebentar, saya lihat para Kepala Sekolahnya sangat kompak dan bersatu padu,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan semacam ini sudah seharusnya kita lakukan, selain sebagai  wujud kepedulian terhadap sesama, juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan penyegaran bagi para Kepala Sekolah.

“Apa yang dilakukan oleh Korwil Garut Kota ini, semoga bisa menjadi motivasi dan contoh bagi Korwil-Korwil lainnya. Dan ini akan saya jadikan contoh bagi korwil-korwil lainnya,” ucapnya.

Terakhir Entib pun memohon maaf karena belum sempat berkunjung ke sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Garut Kota, mengingat situasi yang belum memungkinkan. “Namun, meski begitu saya tetap bersyukur karena pada acara hari ini, Alhamdullilah saya bisa secara langsung bersilaturahmi dengan Para Kepala Sekolah yang ada di kecamatan Garut kota,” pungkasnya.

Foto: Korwil Pendidikan Kecamatan Garut Kota Hj. Anita Istiani, S.Pd, M.Pd.

Lain halnya dengan Anita Istiani, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut kota ini, mendapatkan pujian dari atasannya, Anita dengan merendah mengatakan, apa yang diperbuat dan dikerjakannya saat ini di kecamatan Garut Kota, hanyalah melaksakan tugas sesuai dengan apa yang menjadi kewajibannya sebagai Korwil Bidang Pendidikan.

“Alhamdulillah semua Kepala Sekolah bisa menerima saya dengan baik, hal ini tentunya sangat membantu saya dalam melaksanakan tugas sebagai Korwil di kecamatan Garut Kota. Semoga dengan apa yang saya programkan selama ini, dunia pendidikan di Garut Kota kedepan akan lebih maju dan menjadi Barometer pendidikan di kabupaten Garut,” ujar Korwil dalam sambutannya.

Dikatakannya, dengan makin terjalinnya tali silaturahmi dan kekompakan antar sesama Kepala Sekolah, Insya Alloh apa yang sedang dan akan diprogramkan untuk kemajuan pendidikan di Garut Kota bisa tercapai. Untuk itu, Ia pun sangat berterimakasih kepada pengurus K3S dan IGORA kecamatan Garut Kota yang telah mengadakan acara bakti sosial sambil berwisata hari ini.

Foto: Hj. Anita Istiani turut serta dalam Lomba Tarik Tambang.

“Jadinya kita gak perlu jauh-jauh untuk berwisata, ternyata di kecamatan Garut Kota pun ada tempat wisata yang sangat indah, bagus dan alami, terus terang ini yang pertama kalinya saya berkunjung  ke Karacak Valley,” ungkapnya.

Anita berharap kekompakan seperti ini bisa terus dijaga dan dipertahankan demi kemajuan bersama. Selain itu ia pun sangat bangga kepada para Kepala Sekolah yang sudah mau berbagi dengan saudara-saudara kita yang berada di wilayah kelurahan Sukanegla ini. Oleh karena itu, Anita ingin kegiatan semacam  ini bukan hanya sekali ini saja dilakukan, akan tetapi harus terus berlanjut.

“Kedepan tak hanya Kepala Sekolahnya saja yang dilibatkan, akan tetapi sekalian dengan Guru-gurunya. Tanpa adanya kekompakan dan kebersamaan, semua yang saya programkan tidak akan mungkin tercapai,” pungkas Anita.

Foto: Keseruan lomba ala 17 agustusan, tampak Kepala Sekolah SDN 3 Pakuwon Garut Kota Rahmat S.Pd (tengah) terlihat penuh semangat.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 1 Kota Kulon Garut Kota, Yadi Supriyadi S.Pd sebagai ketua IGORA Kecamatan Garut Kota, yang juga selaku Panitia Kegiatan  mengatakan, Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana dengan baik. Acara ini digelar dalam Rangka memeriahkan HUT RI yang ke-75 dan perayaan Hari Olah raga Nasional tanggal 9 September kemarin. Makanya kami isi acara ini dengan bakti sosial dan permainan yang diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah yang ada.

“Kami sangat berterimakasih kepada Ibu Korwil Pendidikan Garut Kota yang selalu memberikan bimbingan dan arahannya kepada kami, Walau baru satu setengah bulan bertugas di kecamatan Garut kota,  namun tak bisa dipungkiri, apa yang Bu korwil lakukan, telah membawa kami selangkah lebih maju,” pungkas Yadi.

Senada dengan Yadi, Ketua K3S Garut Kota H. Ahmad S.Pd, mengaku sangat berterimakasih kepada Ibu Korwil yang sejauh ini tanpa rasa kenal lelah selalu membimbing dan membina para Kepala Sekolah semuanya.

Foto: Kepala SDN 02 Kota Kulon, Yeyen S.Pd tanpa beban, dengan asyiknya pimpin joget bersama, yang diselingi “hujan saweran”.

“Coba kita bisa lihat sekarang di sekolah- sekolah, semua sekolah telah siap untuk melaksanakan pendidikan secara tatap muka, dengan bimbingan dan arahan beliaulah, kami telah menyiapkan segala fasilitas yang berkaitan dengan protokol kesehatan,” ujarnya dengan singkat.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan Fakta dan Realita di lokasi kegiatan, khusus untuk kegiatan perlombaan, korwil Pendidikan Garut Kota bersama para Kepala Sekolah dan calon Kepala Sekolah tampak larut bersuka cita penuh canda maupun tawa, mengikuti berbagai macam perlombaan yang sengaja digelar pihak panitia lomba seperti Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Kerupuk, Lomba Joget sambil menahan bola dikening, dan juga lomba Menggiring Bola dengan terung.

Pada perlombaan yang mirip dengan lomba 17 agustusan ini, selain tersedia berbagai hadiah bingkisan menarik bagi para pemenang di setiap lomba, panitia juga menyediakan berbagai macam ‘door prize’ yang sangat keren bagi seluruh peserta lomba.

Selain itu, sempat terjadi “hujan saweran” dari kantong pribadi sejumlah Kepala Sekolah pada saat berlangsungnya sesi lomba Joget bersama yang diiringi lagu-lagu dangdut menghentak jiwa, bahkan Korwil Pendidikan Garut Kota pun tak mau ketinggalan, Ia pun turut serta memberikan sawerannya.

Reporter : Wena /Hadi | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.