11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Simak Kisah Keberanian Ibunda Bung Karno sang proklamator

Kisah Keberanian Ibunda Bung Karno

“Ibu katakan padamu, Nak. Kelak engkau akan menjadi orang yang mulia, menjadi pemimpin rakyat kita.”

Garut, faktadanrealita.com
Sukarno tak gentar meski harus berhadapan dengan penjajah Belanda. Suaranya juga lantang memekikan kata ‘merdeka’ di depan antek-antek Jepang. Sukarno telah menjadi pemimpin yang disegani, baik di dalam maupun di belahan dunia lain. Namun, hanya ada satu orang di dunia yang mampu membuat Sukarno tunduk. Sosok wanita itu bernama Ida Ayu Nyoman Rai, yang tak lain adalah ibu dari presiden pertama Republik Indonesia.

Sebagai bentuk hormat setinggi-tingginya seorang putra kepada ibunya, Sukarno kerap melakukan sungkem. Sukarno bersujud dengan hikmat ketika berkunjung ke rumah orang tuanya di Blitar, Jawa Timur. Pertama ia bersimpuh lalu mengatupkan kedua telapak tangan dengan gerakan menempelkannya di depan wajah, lalu turun ke dada. Wajahnya menunduk mencium lutut sang ibu.

Baca Juga :   Webinar Perdana Prodi Komunikasi UNSIA Dengan Tema “Transformation of Digital Communication”

Bung Karno tidak mendapatkan ‘kesaktian’ dari jimat atau tongkat sakti. Kekuatan justru datang dari setiap bait doa yang diuntai ibunya dalam senyap. Wanita yang memiliki nama kecil Idayu ini selalu mendukung perjuangan Sukarno dalam memerdekakan Indonesia. Idayu membalas sungkem Sukarno dengan menumpahkan restu seraya mendekap anaknya.

Presiden Soekarno dan ibundanya Foto : Luthfy Syahban
Bagikan :
error: Protect !!!