19 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

7 Destinasi Wisata di Garut yang Wajib Kamu Kunjungi !!!

Garut, faktadanrealita.com-

Menyambut pergantian tahun yang tinggal menghitung hari, lebih sempurna jika dinikmati dengan berlibur. Garut merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak destinasi terbaik. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata untuk liburan tahun barumu.

Selain terkenal dengan julukan Swiss Van Java , kota ini menyuguhkan pemandangan gunung, laut dan danau yang paling eksotis. Keindahan alamnya membuat siapapun akan jatuh hati. Apalagi jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari ibukota. Penasaran dengan destinasi terbaik di kota intan ini? Simak yuk!.

1. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray secara administratif terletak diantara Cikajang, Banjarwangi, Cilawu, Cigedug dan Bayongbong. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta menjadi alasan tepat kamu mengunjunginya saat tahun baru. Bagi pendaki amatiran tak perlu khawatir, ketinggian gunung cocok untuk kamu yang masih pemula.

Untuk mencapai puncak gunung setinggi 2.821 mdpl, kamu bisa mendaki via Stasiun Pemancar yang dikelilingi pemandangan kebun teh. Tetap hati-hati karena medan Gunung Cikuray cukup terjal.

Harga tiket : Rp25.000 (sudah termasuk biaya retribusi pos).

2. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Suasana Pantai Puncak Guha cocok untukmu yang ingin menikmati suasana pantai saat tahun baru. Pantai ini terletak di Bungbulang, sehingga terlihat seperti surga tersembunyinya Garut. Keindahannya dikelilingi oleh tebing-tebing yang berbatasan langsung dengan lautan.

Puncak Guha adalah nama sebuah bukit berlubang seperti gua yang didiami kelelawar. Kamu akan terlepas dari suasana keramaian kota ketika berkunjung ke pantai ini. Suasana pantai masih bersih dan tenang, cocok untuk santai dikala stres.

Harga tiket : Rp.5000 (belum termasuk biaya parkir kendaraan).

3. Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok merupakan air terjun terbaik yang perlu kamu nikmati saat liburan tahun baru nanti. Gemercik airnya menciptakan suasana tenang dan sejuk. Airnya dingin dan jernih karena berasal dari Gunung Papandayan. Curug ini berada 31 km dari ibukota Kabupaten Garut, tepatnya di Cikajang.

Air terjun memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan bebatuan yang tampak natural . Uniknya, kamu akan menikmati hamparan kebun teh dan kopi yang mengelilingi Curug Orok. Setiap akhir pekan, curug ini tak pernah sepi pengunjung.

Harga tiket : Rp12.000/orang.

4. Talaga Bodas

Talaga Bodas

Liburan tahun barumu akan lebih keren dengan mengunjungi kawah paling eksotis di Garut. Talaga Bodas adalah salah satu kawah yang menjadi destinasi favorit para wisatawan yang terletak di Wanaraja. Warna air kawahnya yang putih menjadi asal muasal kawah ini dinamakan Talaga Bodas.

Baca Juga :   Ikuti Teleconference Bersama 119 Bupati dan Wali Kota, Bupati Garut Paparkan Permasalahan Penyakit TBC

Kamu akan dimanjakan dengan sejuknya suasana Gunung Galunggung yang hijau eksotis. Pemandangan bukit di sekelilingnya membuat pikiranmu tenang. Pencinta hiking dan trekking wajib mengunjungi kawah Talaga Bodas.

Harga tiket : Rp9.500/orang (belum termasuk biaya parkir kendaraan)

5. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies adalah tempat terbaik untuk menikmati suasana bukit yang hijau. Bukit ini berada di Pameungpeuk yang menawarkan banyak destinasi wisata terbaik di Garut. Pantai Sayang Heulang berada tak jauh dari Bukit Teletubies.

Tak perlu bingung mencari tempat selfie , ada spot terbaik yang disediakan pengelola untuk pengunjung berfoto ria. Kamu perlu mengunjungi bukit keren ini setidaknya saat tahun baru. Untuk yang tak sempat ke Nusa Penida, masih bisa menikmati Bukit Teletubies di Garut bukan?.

Harga tiket: Rp5000 – Rp. 10.000 (belum termasuk biaya parkir kendaraan)

6. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Kecamatan Pameungpeuk dan menawarkan liburan dengan berbagai kuliner yang memanjakan lidah. Pantainya yang membentang luas dan bersih cocok untuk liburan keluarga maupun bersama pasangan. Di sekeliling pantai terdapat warung makan dengan menu ikan laut yang lezat.

Kamu pun bisa menikmati keindahan laut dengan menggunakan perahu nelayan. Meskipun pantai ini terletak di sekitar pemukiman nelayan, kamu tetap bisa rileks dan menikmati deburan ombak yang tenang.

Harga tiket : Rp5.000 (khusus sewa boat dikenakan harga: Rp25.000)

7. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong

Selain pantai dan gunung, kamu juga bisa mengunjungi danau Leuwi Tonjong, Cihurip. Danau ini begitu eksotis dengan dua tebing yang kehijauan. Tebing ini dipisahkan oleh celah yang mengeluarkan air terjun. Pemandangan Leuwi Tonjong semakin indah dengan air danaunya yang berwarna hijau.

Kamu juga bisa menikmati danau ini sambil menaiki perahu rakit. Meskipun danau tidak terlalu luas, keindahannya mampu membuat liburanmu lebih berkesan.

Harga tiket : Rp10.000 – Rp15.000/ orang

Nah, sudah siap untuk menikmati liburan tahun barumu? Khusus tahun baru, estimasi biaya sewaktu-waktu bisa berubah. Yuk, mulai rencanakan untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik di Garut.

penulis : Wena Hanafia

(Sumber diambil dari berbagai literatur)

Bagikan :
error: Protect !!!