11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Jangan Panik Jika Ada Bagian Tubuh yang Tersiram Minyak atau Air Panas, Lakukan ini…

Garut, faktadanrealita.com

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami tersiram minyak panas atau air panas, baik mengenai tangan, kaki , wajah ataupun bagian tubuh lainnya dan akibatnya kulit yang terkena pasti melepuh, lantas apa yang harus kita dilakukan ?!!, stop jangan diolesi odol atau pasta gigi karena hanya akan menambah proses pembakaran kulit, jangan panik dan jangan langsung di bawa ke dokter, karena bisa-bisa waktu kita terbuang untuk mengeluarkan mobil atau sepeda motor dan juga perjalanan menuju klinik, hanya akan membuat proses pembakaran di kulit kita semakin parah. Perlu diketahui, Dokter hanya akan memberi salep dan itu tidak akan membuat kulit aman, kulit akan tetap melepuh dengan rasa panas setidaknya seharian penuh.

Maka dari itu, saya akan berbagi pengalaman, berikut tips jitu agar kulit kita aman, tidak merasa tebakar dan tidak melepuh :

Saya selalu mempunyai stock tepung terigu di dapur, karena keluarga sangat suka makan gorengan yang tentunya berbahan dasar tepung terigu. Selain dipakai sebagai bahan makanan, terigu juga sangat berguna saat tubuh kita tersiram minyak panas atau air panas, pergunakan terigu sebagai pertolongan pertama.

Caranya, begitu bagian tubuh ada yang tersiram atau terciprat minyak goreng panas atau air panas, masukkan dalam tepung terigu atau taburi dengan tepung terigu di bagian yang terkena, diamkan hingga rasa panas hilang, baru kemudian terigu di bilas.

Baca Juga :   Wabup Garut Terima Tim Penilai 'Kesra KB Kesehatan' Provinsi Jawa Barat

Untuk kasus kecil 15-30 menit biasa nya rasa panas mulai hilang, untuk kasus besar diamkan hingga 2 jam baru hilang rasa panasnya dan kemudian baru bilas dengan air untuk membersihkan tepung terigu yang menempel. Bisa dipastikan setelah dibilas bagian tubuh yang tadi ditaburi terigu tidak akan melepuh dan tidak terasa panas terbakar lagi, paling hanya memerah saja.

Selanjutnya kita tinggal beli salep di apotik untuk luka bakar seperti bioplasenton dan lain-lain, agar pemulihan kulit yang memerah bisa lebih cepat sembuh. Untuk itu saya menyarankan agar stock tepung terigu dirumah kita senantiasa tersedia, agar sewaktu-waktu bisa dipergunakan. Lebih bagus lagi bila tepung terigunya kita  simpan di dalam kulkas khasiatnya akan lebih mujarab.

Demikian tips dari saya kali ini, saya pastikan tulisan ini  berdasarkan pengalaman saya  dan telah teruji, semoga ini ada manfaatnya.

Penulis : Wena Hanafia, Pimred faktadanrealita.com

Bagikan :
error: Protect !!!