Jalur Evakuasi Disiapkan Pemkab Garut Menyusul Kemungkinan Terjadinya Tsunami di Wilayah Pesisir Garut Selatan

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, segera menyiapkan sejumlah jalur evakuasi bagi masyarakat dalam rangka mitigasi bencana alam tsunami di wilayah pesisir pantai selatan Garut. Upaya itu diharapkan bisa meminimalisasi tingkat risiko, terutama korban jiwa apabila terjadi tsunami di daerah itu.

”Sekarang kita membuat tempat. Ada beberapa tempat untuk jalur evakuasi. Sekarang, kami sedang melakukan langkah itu,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (28/9).

Dia menuturkan, jalur evakuasi itu akan menuju ke dataran tinggi sekitar 40 sampai 50 meter dari permukaan laut yang dinilai aman dari terjangan bencana tsunami. Kawasan dataran di pinggir pantai selatan Garut itu ketinggiannya paling rendah hanya sekitar 7 meter dari permukaan laut sehingga tidak aman apabila terjadi bencana tsunami.

”Pameungpeuk, Cikelet, dan Cibalong itu tiga kecamatan yang posisinya berada di lokasi yang rendah. Kita siapkan jalur evakuasi ke suatu daerah di atas ketinggian 40 sampai 50 mdpl,” terang Rudy.

Dia menyampaikan, Pemkab Garut akan melakukan simulasi mitigasi bencana untuk mengedukasi masyarakat agar dapat melakukan tindakan cepat dan tepat ketika mengetahui akan ada bahaya bencana tsunami. Proses evakuasi harus lebih cepat dibandingkan dengan akan datangnya bencana tsunami. Untuk itu masyarakat harus memiliki pemahaman dalam proses penyelamatan diri menuju titik kumpul evakuasi.

“Jangan perhatikan harta benda saat terjadi bencana. Harus lari ke atas secepat mungkin, karena bencana tsunami itu sangat cepat,” ujar Rudy.

Dia menambahkan, selain membuat jalur evakuasi, secepatnya akan memperbaiki alat peringatan dini tsunami di beberapa titik sepanjang pantai Garut. Alat peringatan dini tsunami itu, hanya dua yang masih berfungsi dari sebelumnya terpasang tujuh alat.

”Beberapa alat akan dilakukan perbaikan oleh BNPB. Kami tak mau panik, sekarang alat pendeteksi (peringatan) tsunami sedang diperbaiki, ada lima yang kami ajukan, tapi ada tiga yang akan diperbaiki sama BNPB,” kata Rudy.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.