19 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Dorong Prestasi Anak, IGTKI Garut Kota Menggelar Gebyar Prestasi Siswa dan Guru Taman Kanak-kanak Tahun 2020

Garut, faktadanrealita.com

Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Garut Kota menggelar acara Gebyar Prestasi Siswa dan Guru Taman Kanak-Kanak Tahun 2020 dengan tema “Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Pada Era Revolusi Industri 4.0” bertempat di GOR PGRI, Jalan Sudirman, kelurahan Kota Kulon, kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (02/03/2020).

Hadir pada kemeriahan acara, Bunda Paud Garut Kota, Ketua IGTK Garut Kota beserta para pengurus, Korwil dan Korwas Garut kota, Sesepuh PGRI, H.Asep Wawan, Pengawas SD dan TK, Unsur Panitia dan Para Juri, serta seluruh peserta pelombaan.

Menurut Ketua Panitia kegiatan yang juga menjabat sebagai Ketua IGTKI kecamatan Garut Kota, Yani Handayani Farhan S.Pd.M.Pd., mengatakan bahwa, kegiatan Gebyar ini dilaksanakan dalam rangka seleksi prestasi untuk mengembangkan minat dan bakat anak usia dini, khususnya di lembaga formal atau Taman Kanak-kanak se-kecamatan Garut Kota.

Dijelaskannya, acara ini sudah menjadi agenda tetap IGTKI, dan setiap tahunnya sudah rutin dilaksanakan. Hari ini baru di tingkat kecamatan, nanti dilanjutkan ke tingkat kabupaten dan juga di tingkat propinsinya.

“Alhamdulillah tahun sebelumnya perwakilan dari kecamatan Garut kota ada yang juara di tingkat kabupaten dan diberangkatkan ke tingkat Propinsi,” ujarnya.

Tentang pelaksanaan lomba, Yani memaparkan, kegiatan seleksi prestasi anak usia dini ini akan berlangsung satu hari, dengan berbagai jenis perlombaan yakni Lomba Mewarnai, Lomba Menyanyi Solo, Lomba Tahfidz “Ayat Kursi”; Lomba Biantara Sunda (pidato dalam bahasa Sunda), Lomba Bermain Konstruktif atau Robotik dan Lomba Lari Estapet Putra dan Putri.

Lanjut Yani, ada hal unik dan menarik pada gebyar TK tahun ini, yakni selain lomba untuk anak-anak, diselenggarakan pula lomba untuk guru-guru dan para kepala sekolahnya, diantaranya ada Lomba Bercerita, Lomba Membuat Desain Pembelajaran, dan Lomba sesuai “Best Practice”nya.

“Selain mengadakan lomba untuk anak-anak, hari ini kita adakan juga lomba untuk Guru dan Kepala Sekolah, pokoknya lengkap, semuanya ikut berpartisipasi mengikuti lomba,” terangnya.

Ia menuturkan, dari 34 sekolah yang terdaftar di Dapodik, khusus untuk kecamatan Garut Kota tercatat sebanyak 29 sekolah siap mengikuti dan telah mengirimkan persertanya , tentunya dari jumlah sekolah yang ikut tersebut,  ada yang full mengikuti seluruh perlombaan dan ada pula yang ikut untuk beberapa kategori saja, bahkan ada sekolah yang mengirimkan peserta untuk satu jenis perlombaan saja.

Baca Juga :   Bank bjb Garut Luncurkan "bjb Mesra", Pinjaman Tanpa Modal dan Agunan

Untuk pesertanya sendiri, kata Yani, tahun ini ada sekitar 1.400-an peserta yang ikut perlombaaan. Baginya, selaku Ketua Panitia, hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri karena jumlah ini melebihi jumlah peserta ditahun 2019 lalu.

“Tahun 2019 lalu pesertanya 1.257 orang, yang sekarang ada sekitar 1400 orang peserta yang ikut, itu menandakan antusiasme peserta cukup tinggi, saya bangga sekali,” ungkapnya.

Terakhir Yani berharap, adanya hasil terbaik dari berbagai kategori yang dilombakan, “hasil yang terbaik berdasarkan pemilihan para juri tersebut mudah-mudahan bisa mewakili Garut Kota di tingkat kabupaten, dan bisa menang,” pungkasnya.

Sementara itu ditemui ditempat yang sama, Korwil Pendidikan kecamatan Garut Kota, Drs. H. Engkur, SH, M.Si, kepada wartawan Fakta & Realita mengatakan hal yang sama, yakni kegiatan yang diprakarsai oleh IGTKI ini telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuan dalam rangka menyeleksi anak-anak berprestasi untuk mewakili kecamatan Garut Kota ke tingkat kabupaten dan bahkan bila berhasil bisa sampai ke tingkat propinsi.

Diakui Engkur, acara seperti ini sangatlah positif bagi kemajuan dunia pendidikan, pada anak-anak se-usiaan itu memang harus diberikan dan ditanamkan pendidikan karakter termasuk lomba- lomba yang bisa menggali potensi anak itu sendiri, hingga saat nanti sudah besar menjadi anak yang unggul dan berkarakter.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, salut kepada pihak panitia (IGTKI), acara hari ini sangat meriah, kompak dsn sukses ,” ucapnya.

Engkur berharap, kepada seluruh anak-anak yang ikut perlombaan ini, selain mendapat juara bagi yang beprestasi, ada yang lebih penting bagi mereka yaitu kegiatan ini harus dijadikan pengalaman pembelajaran yang baik sebagai modal dasar di masa depan nanti.(Wena)

Bagikan :
error: Protect !!!