17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Diakibatkan Luapan Air kiriman dari Atas Pabrik, Jalan Raya Leles Terendam Banjir

Garut, faktadanrealita.com

Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis (16/1/2020) sekitar pukul 16.00 WIB mengakibatkan banjir. Berdasarkan pantauan Tim Fakta dan Realita, air menutupi seluruh bahu jalan, tepatnya di depan Pabrik Changsin hingga pasar Leles.

Di halaman Pasar Leles, air mencapai setinggi lutut orang dewasa. Bahkan air juga yang diduga kiriman dari atas dan pabrik memasuki rumah warga. Warga yang panik langsung mengamankan harta bendanya dengan mengeluarkan dari dalam rumah.

Salahsatu warga Kampung Sukasirna, Desa Salam Nunggal, Leles, Asep Toni, banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Yang mana air datang begitu cepat hingga masuk ke pemukiman dan rumah warga.

“Sekarang lebih parah lagi, ketinggian air mencapai lutut orang dewas. Seperti terlihat di depan pasar leles. Bahkan air masuk sampai kedalam toko-toko yang ada,” ujarnya.

Baca Juga :   Gerak Cepat, Tim Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan Covid-19 Sosialisalikan PHBS

Asep menduga, penyebab banjir disinyalir merupakan air kiriman dari atas termasuk salah satunya luapan dari salah satu pabrik. “Sumber air memang banyak yang menjadi penyebab banjir ini. Air tumpah ke bawah dataran rendah,” ucapnya.

Ia menuturkan, kondisinya banjir masih berlangsung bahkan ada sebagian warga sudah mengamankan dan menyelamatkan harta bendanya yang terendam air, takut air semakin meninggi.

Berdasarkan pengamatan secara langsung, di lokasi tersebut, air masih mengalir deras dari dataran tinggi tepatnya dari depan pabrik yang ada di Kecamatan Leles. Arus lalu-lintas terlihat padat merayap dengan adanya insiden bencana banjir ini.(Dedi Oded)

Bagikan :
error: Protect !!!