8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Desa Jayaraga Garut Gelar Pelatihan Kader Posyandu

Garut, faktadanrealita.com-

Sebanyak lima puluh orang kader posyandu dari enam belas RW wilayah Desa Jayaraga mengikuti pelatihan kader bertempat di Jalan Patrakomala. Latihan yang berlangsung sehari penuh ini digelar dalam suasana kekeluargaan dengan cara out door menggunakan tenda di halaman rumah kediaman Sarimah Sunardi, ketua Pokja PKK Desa Jayaraga. Senin, (20/01/2020).

Kades Jayaraga, Moh. Sam Sakti Alamsah berharap semua posyandu di desanya lebih maju.
“Semua posyandu di tiap RW harus lebih maju dan meningkat derajatnya. Bagi RW yang sudah mempunyai kader tetapi belum nemiliki posyandu permanen sehingga aktifitas berpindah-pindah, akan diusahakan dibangun pos,” paparnya.

Kepala Puskesmas Haurpanggung, Rohmahalia M Noor, SKM. MKM yang hadir selaku fasilitator menjelaskan, peran Puskesmas adalah membina kader, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader. Pelatihan kader merupakan program desa, sedangkan puskesmas bertindak sebagai fasilitator.

Ada pun tujuan pelatihan atau refreshing kader ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader serta meningkatnya strata posyandu dari madya menjadi purnama dan mandiri.
“Diharapkan dengan pelatihan ini tumbuh kader yang berwawasan sehingga terampil melayani warga dan mampu mengelola dan meningkatkan strata posyandu mandiri,” ujar Lia sapaan akrabnya.

Baca Juga :   Di Bungbulang Garut, Rumah Beserta Dua Unit Motor Baru Hangus Terbakar

Ketua Tim Penggerak PKK Tarogong Kidul, Hj. Elah Karmilah, SPd., MPd. dalam sambutnya mengajak peserta untuk mengikuti dan menyimak materi pelatihan dengan sebaik-sebaiknya. Peserta yang sudah dilatih bisa menjadi motivator dan mengajak kaum milenial untuk menjadi kader dasawisma di RW masing-masing.

Saat wartawan Fata dan realita meminta pendapat peserta pelatihan, mereka mengatakan, pelatihan kader posyandu bisa menambah ilmu dan wawasan tentang kesehatan.“Setiap kader harus memahami agar bisa menjelaskan masalah kesehatan. Alhamdulillah, pelatihan kader ini bisa meningkatkan wawasan dan keterampilan mengelola posyandu.

Semoga setelah pelatihan ini kader bisa lebih semangat dalam mengemban tugas yang disertai keikhlasan walaupun kader tidak digaji”, pungkas Yuyun penuh semangat. (Rahman)

Bagikan :
error: Protect !!!