Desa Cinisti Wakili Bayongbong di Ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Garut

oleh -29 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

DESA Cinisti resmi terpilih mewakili kecamatan Bayongbong pada ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2021. Keputusan itu diketahui, setelah pada hari Selasa (06/04/2021) berdasarkan hasil penilaian dari Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa & Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Garut memutuskan bahwa desa itu berhasil lolos dari seluruh pesyaratan yang diterapkan Panitia Lomba Desa.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) DPMD Aji Sekarmaji, Camat Bayongbong Arip Rumdana, Ketua Parade Nusantara Garut Tedi Rochendi, Para Kepala Desa se-kecamatan Bayongbong, Tokoh Masyarakat, Babinsa dan Babinmas setempat.

Berdasarkan pantauan Media Fakta dan Realita di lokasi kegiatan, desa Cinisti terpilih karena dari hasil penilaian yang meliputi 3 kategori seleksi yakni Kelengkapan Admistrasi, Ekspose dan Riceking yang dilakukan Tim Penilai Lomba Desa dari DPMD Garut, desa Cinisti dianggap yang paling memenuhi syarat dan layak untuk mewakili kecamatan Bayongbong dalam lomba desa tingkat kabupaten Garut.

Terpantau pula, desa Cinisti dalam eksposenya menyuguhkan 11 produk unggulan UMKM warga setempat yang saat ini dikelola melalui Bumdes Cinisti, seperti;
-Kerupuk Seblak
-Kerajinan Bambu
-Lumbung Sigap
-Pariwisata Kolam Renang
-Budidaya Tanaman Kopi
-Pengolahan dan Pemasaran
-Kerajinan Kulit
-Rajutan
-Es Krim
-Tembakau dan Pengolahan
-Budidaya Ikan Lele

Kepala Desa Cinisti, Iwan Ridwan dalam pernyataannya menyebutkan, selain 11 produk unggulan yang diekposkan, ada juga inovasi yang menjadi unggulan desa Cinisti yaitu website sicepot.id (sistem percepatan pembangunan berbasis internet desa) yang merupakan hasil karya Perangkat Desa bersama Kaum Milenial di desa Cinisti yang bertujuan untuk memperluas jaringan internet.

“Alhamdulilah Program sicepot.id ini sudah berjalan di sembilan RW dengan menyiapkan 10 luter, dengan cara si pengelola dikasih wifi gratis dan diwajibkan membeli voucer yang mana keuntungan dari hasil penjualan voucer itu akan menjadi PAD bagi desa Cinisti,” ucapnya.

Iwan menyampaikan, banyak ilmu yang didapat dengan terlaksananya lomba desa ini. Dan, ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi desa Cinisti agar bisa lebih maju lagi kedepannya.

Sementara itu, Kadis DPMD Garut, Aji Sekarmaji mengatakan, dari 6 besar desa yang mengikuti lomba desa di tingkat kecamatan Bayongbong, desa Cinisti lah yang terpilih mewakili kecamatan Bayongbong di tingkat Kabupaten Garut.

“Jadi melalui rangkaian seleksi lomba desa di tingkat kecamatan, tim penilai telah memutuskan bahwa desa Cinisti yang dianggap paling layak mewakili kecamatan Bayongbong pada lomba desa tingkat kabupaten,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan lomba desa ini, kata Aji, diharapkan nantinya bisa membuat desa-desa yang ada di kabupaten Garut semakin kreatif, lebih tertib administrasi, bisa mentata ruang desa sebaik mungkin, dan dapat pula memberdayakan masyarakatnya, khususnya dalam pemulihan ekonomi.

“Saya ucapkan selamat kepada desa Cinisti, semoga Cinisti bisa berhasil di tingkat selanjutnya, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi dan bahkan di Tingkat Nasional,” pungkasnya.

Reporter : Rahman/ YS|Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.