Bupati Garut Bacakan Sambutan Menteri Kesehatan RI pada Peringatan Hari Ibu Ke-92 Tahun 2020

Berita Utama192 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

DALAM rangka peringatan Hari Ibu yang ke-92 Tahun 2020, Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, MP memimpin secara  langsung jalannya pelaksanaan upacara yang berlangsung di Lapangan Setda Garut, kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (22/12/2020).

Dalam upacara yang dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat itu, Bupati Garut membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Bupati mengatakan, upacara peringatan hari ibu dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada perempuan dari masa ke masa.

Perempuan, kata Rudy, sudah banyak memberikan kontribusinya dalam mengatasi permasalahan di Indonesia.

“Perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang,” kata Bupati.

Pandemi Covid-19, lanjut Bupati, menempatkan  perempuan dalam situasi  yang lebih rentan, hal ini tertuang dalam hasil survei UN Women.

“Hal ini tertuang dalam hasil survei dari UN Women yang menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s),” terang Bupati.

Meskipun berada dalam kondisi yang rentan, Imbuh Bupati, perempuan tetap turun menjadi penggerak sosial serta menjadi menjadi relawan pada masa pandemi Covid-9.

“Perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah, dan turut serta menyediakan makanan bagi warga yang terdampak ekonomi dan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan,” ucapnya.

Dalam peringatan hari ibu tahun ini, Ia berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia dari masa yang lalu.

Inline Related Posts  Satu Kampung di Garut Selesai Diisolasi, Bupati Pastikan Tak Ada Terpapar Covid-19

“Melalui PHI ke-92 Tahun 2020 ini, Saya berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mewarnai peringatan hari ibu dengan karya nyata untuk Indonesia.

“Untuk itu, mari warnai PHI dengan peran, kerja, dan karya nyata dari anda semua, untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR