11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Bukti Kecintaan terhadap warganya, Kades Ngamplangsari Ikhlaskan sebagian Tanah Miliknya Untuk Bangunan Kantor Desa Baru

Garut, faktadanrealita.com-

Demi kelancaran dan kenyamanan dalam sisi pelayanan terhadap masyarakat desa, Kepala Desa Ngamplangsari, kecamatan Cilawu, kabupaten Garut, Ade Kusnadi, dengan segala keikhlasan hati telah menghibahkan tanah seluas 42 tumbak (588 meter persegi) miliknya untuk kepentingan pembangunan  Kantor desa yang baru, hal ini Ia semata-mata dilakukan demi memenuhi harapan warga desa Ngamplangsari yang menginginkan kantor desanya lebih memadai, representatif dan lokasinya strategis.

Kepada wartawan Fakta dan Realita, Senin(20/01/2020), Kepala Desa pensiunan TNI ini menerangkan, bahwa untuk pembangunan Kantor Desa yang baru, anggarannya diberikan Pemda Garut, sesuai janji Bupati Garut, H. Rudy Gunawan pada saat menghadiri reses anggota DPRD Garut, Yuda Puja Turnawan dari fraksi PDI Perjuangan, beberapa bulan yang lalu.

“Pemkab Garut katanya akan membantu dalam pengadaan Gedung Kantor Desanya saja, sedangkan untuk pengadaan lahannya dikembalikan lagi ke masyarakat desa, makanya setelah dipikir-pikir, saya putuskan untuk menghibahkan tanah milik saya sendiri, tanahnya sudah bersertifikat, semua itu saya lakukan dengan ikhlas tanpa tendensi apa-apa, semua demi kepentingan masyarakat walaupun nanti umpamanya saya tidak menjabat Kades lagi,” katanya penuh semangat.

Ade menjelaskan, keberadaan kantor Desa Ngamplangsari selama ini dirasakan sudah tidak memadai untuk ukuran sebuah kantor desa karena berada di jalan gang yang sempit dengan tidak memiliki lahan untuk parkir, sehingga selalu kesulitan kalau ada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan lebih-lebih kita tidak memiliki ruangan serbaguna seperti Gedung Olah Raga (GOR) untuk keperluan rapat, tidak seperti desa-desa di wilayah kecamatan Cilawu lainnya.

Baca Juga :   Jalan Kabupaten di Wilayah Cibatu Garut Berlubang, PUPR Garut Belum Juga Bergerak

“Karena tanahnya sudah tersedia, kami berharap kepada Pemerintah Daerah terutama bapak Bupati Garut untuk  segera mewujudkan keinginan masyarakat desa Ngamplangsari mempunyai kantor Desa yang representatif dan memadai,” pungkas Ade.

Sementara itu, menurut salah seorang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ngamplang Sari, mengatakan salut dan haru atas apa yang dilakukan Kadesnya, “ini patut dicontoh oleh Kades lainnya, dia bukan mengambil tapi memberi dan melakukan pengabdian untuk masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini banyak sekali tanggapan positif dari warga terhadap keputusan Kepala Desa ini, mereka berpendapat jika Ade Kusnadi selama menjabat Kepala Desa selalu mamentingkan keinginan masyarakat daripada kepentingan pribadinya, kata mereka, Ade itu orangnya terkesan tidak neko-neko, selalu transparan dalam pelaksanaan pembangunan yang bersumber Dana Desa, termasuk selalu melibatkan unsur-unsur masyarakat dalam setiap kegiatan desa.(red)

Bagikan :
error: Protect !!!