Wakil Bupati Garut Tinjau Beberapa Wilayah yang Terdampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor

oleh -11 Dilihat

Garut, faktadanrealita.com-

Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah sebagian wilayah kabupaten Garut di terjang banjir dan longsor. Sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, pemukiman warga dan jalan raya mengalami kerusakan yang cukup parah.

Seperti halnya yang terjadi beberapa hari lalu di kecamatan Cigedug dan Cikajang tepatnya di Kp. Rancapandan, Desa Mekarjaya, banjir menerjang di beberapa pemukiman warga hingga puluhan rumah dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan.

Beda halnya di kecamatan Banjarwangi dan kecamatan Singajaya, beberapa ruas jalan utama mengalami kerusakan dan tertimbun longsor.

Menurut Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman yang turun langsung mengecek kelapangan mengatakan, tadi kesana memang aliran itu sangat besar karena curah hujan sangat tinggi, sehingga meluap melebihi tanggul yang sudah ada, oleh karena itu memang mau gak mau tanggul ini harus di tinggikan.

“Ini terjadi karena ada aliran sungai yang masuk ke sungai cikuray, makanya harus di lebarkan tentu harus ada normalisasi dan pengerukan. Pihak pemkab pun akan segera melakukan pengerekun, peninggian tanggul dan pelebaran anak-anak sungai dalam waktu dekat,” ujar Helmi, Jumat (10/4/2020).

Helmi menambahkan, pada saat ini juga selain melihat banjir yang melanda di kecamatan Cikajang, dirinya bersama Dinas PUPR melanjutkan perjalanannya ke kecamatan Banjarwangi dan singajaya untuk melihat langsung lokasi longsoran, dikarenakan ada beberapa titik ruas jalan yang rusak akibat longsoran dan curah hujan yang sangat tinggi.

Ini perlu penangan segera, agar tidak terjadi longsor yang lebih besar yang menimbulakan putusnya jalan. Mudah-mudahan segera ada penangan,” ungkapnya.

Dikatakan Helmi, ada beberapa solusi yang sedang di jalankan yakni dengan menurunkan alat berat agar akses jalan bisa dilalui, dan bagian jalan yang sempit di daerah yang rawan longsor akan diperlebar.

“Pihak pemkab pun memberikan bantuan sembako kepada para korban banjir yang rumahnya terendam banjir,” pungkas Helmi Budiman.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.