Wabup Helmi: Penegakan Displin Protokol Kesehatan Menjadi Prioritas Penerapan ‘New Normal’ di Garut

Berita Utama104 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, faktadanrealita.com-

HASIL rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) Kabupaten Garut bersama Gugus Tugas  Covid 19 menghasilkan berbagai kesepakatan. Rapat tersebut digelar dalam rangka menghadapi rencana pemberlakuan New Normal, atau Kenormalan Baru ditengah Pandemi Covid 19 di kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan, pihaknya bersama Forkopimda dan Gugus Tugas Covid 19 tengah membahas berbagai hal penting, diantaranya tentang penegakan displin protokol kesehatan.

“mulai  tanggal 1 sampai 30 juni 2020 ini ada pengetatan penegakan disiplin protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, tempat wisata serta lokasi-lokasi keramaian lainnya,” kata Helmi kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya dilokasi-lokasi keramaian akan ada konsentrasi aparat keamanan baik dari TNI dan Kepolisian untuk mengingatkan penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Misalnya ada orang yang tidak menggunakan masker, maka akan ditegur dan diingatkan untuk senantiasa memakai masker saat beraktifitas diluar rumah terutama ketika mendatangi tempat-tempat keramaian,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0611 Garut sebagai Kordinator pelaksanaan penegakan pengetatan disiplin protokol kesehatan di lapangan mengatakan pihaknya merespon hal tersebut dengan segera menyebar aparat keamanan  melalui Posko terpadu.

“nantinya Posko-Posko itu akan diefektifkan untuk penegakan disiplin protokol Kesehatan penanganan Covid 19, Pokoknya bagaimana agar warga masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan Covid 19 saat melakukan aktivitas di pusat-pusat keramaian,” katanya.

Ia menambahkan Pokso penegakan  pengetatan disiplin akan di didirikan di tempat-tempat keramaian dengan skala besar.

“Misalnya Mall, pasti ada Posko karena keramaiannya cukup besar begitu juga dengan pasar-pasar tradisional, pokoknya yang besar-besar saja yang mendapat porsi prioritas,” tukasnya.

Meski tidak ada sanksi bagi para pelanggar disiplin protokol kesehatan tersebut, Dandim optimis pihaknya dapat menyadarkan warga dengan pola hidup yang disiplin dan tertib dengan protokol kesehatan.

Inline Related Posts  Belaku 2 Juni 2021, Ini Tarif Baru Layanan Kesehatan RSUD dr. Slamet Garut

Reporter : Wa’Oded | Editor : Red_FR