31 Juli 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Artikel ini memberikan tips agar kamu tetap produktif saat belajar di rumah di tengah merebaknya virus Corona. Tetap sehat, tetap belajar!

Sekolah Diliburkan Akibat Corona? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Produktif saat Belajar di Rumah

faktadanrealita.com
Belakangan ini, Indonesia dihebohkan dengan virus Corona yang kian menyebar secara cepat di beberapa wilayah. Hingga saat ini, total pasien yang terjangkit COVID-19 masih terus bertambah. Oleh sebab itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan kebijakan untuk menutup sekolah selama dua minggu, mulai Senin, 16 Maret 2020. Penutupan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Meskipun begitu, kita dianjurkan untuk jangan panik dan tetap siaga, ya. Proses belajar mengajar pun dilakukan melalui metode jarak jauh (berbasis online). Artinya, kamu akan belajar di rumah selama dua minggu kedepan, nih.

Nah, biasanya, belajar di rumah membuat kamu kurang produktif dalam menyerap materi. Penyebabnya, bisa dari berbagai macam faktor. Misalnya, lingkungan rumah yang kurang kondusif atau semangat belajarmu yang jadi berkurang karena keasyikan leyeh-leyeh di kamar. Tapi tenang, kamu bisa lakukan tips berikut ini agar kamu tetap produktif saat belajar di rumah.

Baca juga: 5 Tips Efektif Belajar di Rumah Selama Sekolah Diliburkan karena Corona.

1. Membuat Jadwal Kegiatan Harian
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai membuat jadwal kegiatan harian. Susunlah kegiatan yang ingin kamu lakukan di esok hari, mulai dari bangun tidur, berangkat ke sekolah, belajar, bermain, hingga tidur. Tentukan juga lama waktu kamu menjalankan kegiatan itu. Misalnya, waktu bermain 30 menit, dilanjutkan dengan belajar 60 menit. Tujuannya, agar waktumu bisa terbagi secara efektif. Kamu jadi nggak keasyikan main HP, terus bukannya belajar, malah ketiduran. Pastikan juga, kamu bisa menyelesaikan semua jadwal yang kamu buat, ya. Nah, dengan membuat jadwal kegiatan harian, kamu jadi lebih produktif dan juga disiplin.

2. Menciptakan Area Belajar yang Nyaman
Kedua, kamu bisa cari atau buat lingkungan belajar yang nyaman. Biasanya, tempat-tempat yang jauh dari suara bising atau hal yang dapat mengganggu konsentrasimu dalam belajar. Eits! Tapi, jangan belajar di kasur juga, ya. Nanti bukannya belajar, malah tiduran, terus ketiduran. Hehehe… Posisi belajarmu juga harus diperhatikan. Paling tidak, pilih tempat dengan pencahayaan yang bagus agar membantumu lebih fokus.

3. Berhenti dari Aktivitas Social Media Selama Belajar
Belajar online mengharuskan kamu belajar lewat HP atau laptop. Nah, jangan sampai kamu jadi salah fokus, ya. Bukannya serius belajar, malah dikit-dikit cek whatsapp, instagram, dan berbagai notifikasi yang muncul di layar HP-mu. Akhirnya, malah nggak jadi belajar, deh. Yuk, berhenti sejenak dari aktivitas social media yang kamu punya selama waktu belajar, agar kamu juga jadi lebih produktif. Kalau waktu belajar sudah selesai, baru deh kamu bebas main HP kembali. Tapi, harus ada batasannya juga, ya.

Baca Juga :   Membludaknya Bantuan APD dari Masyarakat, IDI Sebut Banyak Tidak Sesuai Standar

4. Membuat Catatan Materi yang Dipelajari
Kamu tahu nggak sih, materi yang kita pelajari akan lebih mudah terserap oleh otak jika kita mencatatnya, dibandingkan jika hanya membaca atau mendengarkannya saja. Kamu juga bisa memberi warna/highlight untuk bagian yang penting dari catatanmu itu. Apalagi kalau kamu lagi belajar pelajaran yang banyak rumus hitungannya. Menghafal rumusnya saja nggak akan cukup membuatmu mengerti dan sukses di ujian tanpa banyak berlatih soal.

5. Istirahat Sejenak
Nah, poin yang terakhir ini juga penting loh untuk meningkatkan produktivitas dalam belajar. Saat kamu sudah mulai jenuh membaca buku beberapa halaman, atau pusing nggak nemu jawaban dari soal latihan, kamu bisa rehat sejenak. Ingat ya, se je nak! Misalnya, keluar rumah untuk menghirup udara segar, membuat teh/susu, atau bahkan stretching. Istirahat sejenak dari buku atau laptop juga penting untuk kesehatan matamu, lho.

Oke, itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan di rumah agar belajarmu jadi lebih produktif. Tapi, jangan cuma mentok di niatnya aja, ya. Tanpa aksi, kamu nggak akan bisa merubah diri. Apalagi, akses untuk belajar semakin mudah kita dapatkan di jaman yang serba canggih ini. Contohnya, aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru.

Sebagai bentuk dan upaya dalam membantu siswa Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19, Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara mengumumkan dibukanya Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru. Lewat program ini, kamu dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (live teaching) setiap hari seperti sekolah biasa di aplikasi Ruangguru. Yuk, catat jadwalnya dari sekarang di sini! Semoga program #SekolahOnlineRuangguru ini dapat membantumu lebih dalam memperjuangkan mimpi dan cita. Ingat! Selalu ada jalan untuk tetap semangat dan belajar. #TetapSehatTetapBelajar. (biro garut)

sumber : ruangguru.com

Bagikan :
error: Protect !!!