Sebanyak 4 Kecamatan di Garut Terendam Banjir

oleh -2 Dilihat

Garut, faktadanrealita.com-

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terendam banjir. Diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur tanpa henti sejak Selasa (07/04/2020) sore, tak pelak membuat air sungai meluap, menerjang sejumlah permukiman warga.

Berdasarkan laporan dari kontributor Fakta & Realita di lapangan, sebanyak 4 kecamatan terendam banjir yakni  Kecamatan Banjarwangi, Cikajang, Cisurupan hingga Kecamatan Tarogong Kidul.

Di Kecamatan Cikajang, luapan air Sungai Cimanuk dikabarkan telah merendam sejumlah rumah warga. bahkan sebuah Pesantren juga ikut terendam. Ketinggian air di sana katanya sempat mencapai lebih dari satu meter.

“Sampai saat ini banjir masih terus terjadi. Beberapa jam lalu, air sempat mencapai ketinggian 170 sentimeter. Sekarang sudah mulai surut dan ketinggiannya sekitar 20 sentimeter. Ada rumah warga serta Pesantren Persis yang terendam,” ucap Kapolsek Cikajang AKP Amat Rahmat saat dikonfirmasi kontributor FR.

Disaat bersamaan luapan banjir juga terjadi di Kecamatan Banjarwangi, Cisurupan dan Tarogong Kidul.

Di Tarogong Kidul, luapan Sungai Cimanuk juga telah merendam puluhan rumah warga yang terletak di Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung.

Ketinggian air dikabarkan sempat mencapai satu meter dan masuk ke rumah-rumah penduduk. Padahal, lokasi rumah warga saat ini berada cukup jauh dari bibir sungai setelah direlokasi pasca banjir bandang 2016.

Hingga berita ini diturunkan, para petugas gabungan Pemda dibantu TNI-Polri sedang berada di lokasi dan melakukan pengamanan. “Kami masih melakukan evaluasi. Sementara untuk jumlah rumah yang
terendam dan laporan korban belum dilakukan pendataan,” ucap Kabid Darlog BPBD Garut Iman Rido.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.