11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Sebanyak 31 Kepala Desa Gelombang III Hasil Pilkades Serentak 2019 Dilantik Bupati Garut

Garut, faktadanrealita.com-

Bertempat di lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, hari Jumat (14/02/2020), Bupati Kabupaten Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP melantik 31 kepala desa (Kades) definitif Gelombang III hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019. Ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji jabatan yang disaksikan oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Garut, Apdesi, Tokoh Masyarakat beserta para Tamu undangan lainnya.

Bupati Garut dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Desa yang dilantik seraya menghimbau agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan amanah.

Tugas pokok utama Kepala Desa, menurut Bupati,  yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya, seorang kades  harus berjiwa luhur agar tdak membeda-bedakankan siapa yang memilih dan yang tidak memilih.

“Kepala desa yang terpilih harus rajin membaca Undang-Undang Desa dan Perundang-Undangan lainnya,” ucapnya.

Pada bagian lain, Bupati mengingatkan kembali agar kepala desa untuk menyisihkan Alokasi Dana Desa sebesar 10 % untuk pajak dan disetor ke Kas Negara, apalagi kini bertambah  40 Milyar menjadi 265 Milyar ADD atau 60% dari jumlah Dana Desa. “Atas inisiatif Pak Wabup bersama DPRD, bertambah  40 Milyar menjadi 265 Milyar ADD,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pelaksanaan Momentum Bersejarah "HUT Pertama Media Fakta dan Realita" Berlangsung Meriah

Meski demikian bupati meminta maaf karena penambahan TPP para kepala desa belum maksimal dan rasional  karena terhalang peraturan yang ada. “Seharusnya tujuh juta, tapi baru setengahnya, namun itu sudah tiga terbesar di Jabar,” kata Rudy menambahkan.

Kepada para istri kades, Bupat Rudy berpesan agar memperhatikan janda-janda miskin. “Bila menemukan seperti itu, laporkan kepada saya sebelum ke pihak lain  yang akan jadi komoditas politik,” tegasnya.

Pelantikan tersebut merupakan rangkaian terakhir tahapan.” Pelantikan Gelombang III ini adalah yang terakhir dari tahapan Pilkades Serentak 2019 di 124 Desa, dan  dinyatakan resmi selesai,” kata bupati, meski pilkades serentak 214 Desa Tahun 2021 telah menanti.(Rahman/Yosef)

Bagikan :
error: Protect !!!