19 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Pengertian Berita: Arti, Ciri-Ciri, Syarat, Struktur, dan Jenis Berita

Pendahuluan

Seorang Jurnalis dalam kesehariannya sudah barang tentu berkutat dalam mencari dan membuat berita. Membuat berita tentunya itu tidaklah mudah bagi jurnalis pemula dan tidaklah sulit bagi mereka yang telah terbiasa. Menurut hemat saya, untuk menjadi seorang Jurnalis yang handal baik dalam mencari berita atau menulis suatu berita ada beberapa cara  yakni :

Handal dalam mencari Berita

1. Usakan berpenampilan rapih sebagaimana seorang jurnalis

2. Persiapkan alat-alat peliputan seperti, alat tulis, alat perekam, kamera(digital Kamera atau HP android), handycam, KTA Pers, Surat peliputan.

3. Pikirkan berita seperti apa yang akan kita bikin, lalu tuliskan beberapa pertanyaan dalam buku catatan, dimana pertanyaan tersebut sesuai kaidah 5W+1H.

4. Saat wawancara pastikan kita yang mengendalikan percakapan bukan narasumber yang mengendalikan kita, pertanyaan sesuai dengan daftar pertanyaan di buku catatan jangan melebar kemana-mana ke hal-hal yang sama sekali tak penting.

Handal Dalam Menulis Berita

1. Bersekolah dikursus-kursus jurnalis atau mengikuti pelatihan jurnalis

2. Sering membaca berita,  baik yang tayang di media cetak atau di media Online, perhatikan cara penulisan dan gaya bahasanya.

3. Rajin mengetik berita, apakah itu berita sendiri ataupun berita orang lain. Semakin sering kita mengetik, maka kita akan semakin  paham.

4. Pastikan setiap berita yang kita buat, apakah sudah benar penulisannya dan apakah alurnya kata-katanya nyambung atau tidak, makanya jika berita sudah selesai dibuat jangan dulu ditayangkan, alangkah baiknya kalau kita baca terlebih dahulu berita tersebut, lihat apakah sudah sesuai atau tidak.

Berdasarkan hasil penelusuran, hal-hal berikut ini yang wajib diperhatikan dan membuat berita

Pengertian Berita

Apa yang dimaksud dengan berita (news)? Secara umum, pengertian berita adalah suatu informasi atau laporan tentang hal yang sedang/ telah terjadi dimana penyampaiannya dilakukan melalu media cetak, siaran TV, radio, media online, maupun dari mulut ke mulut kepada khalayak umum.

Pendapat lain mengatakan arti berita adalah suatu laporan informasi fakta terbaru dan penting mengenai peristiwa terkini yang disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai media, seperti surat kabar, Televisi, radio, media online, dan berbagai media lainnya.

Pada umumnya isi berita yang disampaikan kepada masyarakat adalah informasi terbaru/ terkini, atau fakta-fakta terbaru mengenai sesuatu yang terjadi di masa lalu juga dapat dijadikan berita. Selain menyampaikan informasi, tujuan lain dari berita adalah untuk mempengaruhi masyarakat terkait isu yang diangkat di dalam berita tersebut.

Penyampaian berita harus terdapat unsur-unsur berikut ini:

What, apa yang terjadi dalam suatu peristiwa?

Who, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?

Where, di mana peristiwa tersebut terjadi?

When, kapan peristiwa tersebut terjadi?

Why, mengapa peristiwa tersebut terjadi?

How, bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?

Dalam bahasa Indonesia, untuk memudahkan penghapalan ke 6 unsur ini maka dikenal singkatan “ADIKSIMBA” yang merupakan kependekan dari “Apa DImana Kapan SIapa Mengapa BAgaimana.

Contoh letak 5 W 1 H dalam Berita

 .Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa kecelakaan kereta api yang terjadi baru-baru ini, selasa 15/12/2015 di Medan.
Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusanMedan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)

  • Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Contoh teks berita berikut ini adalah tentang peristiwa kebakaran yang belum lama ini terjadi:
Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru

Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why)

  • Contoh Teks Berita tentang Banjir

Contoh teks berita berikut ini adalah berkaitan dengan peristiwa banjir yang baru-baru ini terjadi.
Puluhan Hektare Tambak dan Sawah di Lamongan Terendam Banjir

Puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak dan lahan padi yang terendam ini membuat petani merugi. (What, Where)

Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol setelah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Lamongan

Selatan. Tanggul sungai jebol sepanjang 10 meter sehingga membuat air menggenangi puluhan hektar lahan tambak dan tanaman padi di Kecamatan Lamongan dan Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seorang petani, tanggul mulai jebol sekitar jam 09.00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang terus meluber. Jebolnya tanggul ini merupakan yang kedua kalinya terjadi. Bahkan, tahun lalu rumah warga juga sempat terendam banjir. (How)

Para petani di Desa Plosowahyu merasa resah karena sejumlah titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak dan rawan jebol. Mereka hanya berharap pemerintah Kabupaten Lamongan segera memperbaiki tanggul agar petani tidak terus merugi. (Who)

Akibat banjir yang merendam lahan tambak dan tanaman padi ini, petani mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. (Who)

  • Contoh Teks Berita tentang Politik

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa politik yang baru-baru ini terjadi:
Temukan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Pemilihan Ulang

Baca Juga :   Penyaluran Tahap 2 BLT dari Kemensos di Kelurahan Karang Mulya Karangpawitan Berjalan Lancar

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu. (What, When, Why)

Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang. (Where)

Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara (Why)

Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)

  • Contoh Teks Berita tentang kriminal

Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa kriminal
Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi

Sindikat penjualan narkoba jenis sabu berhasil dibongkar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

Dari operasi ini polisi berhasil menangkap empat orang tersangka dan menyita 13 kg sabu. Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

Dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil menyita 1,24 gram sabu. Dari pengembangan kasus polisi berhasil mengungkap pengedar berinisial RD di wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why). Polisi berhasil menyita 24 bungkus plastik sabu dengan berat total 13 kg atau setara dengan Rp. 19,5 milyar. Pengedar RD adalah mantan residivis dengan kasus yang sama. (What, Who)

Ciri-Ciri Berita yang Baik

Informasi dalam bentuk berita memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan bentuk informasi lainnya. Adapun ciri-ciri berita adalah sebagai berikut:

  1. Suatu berita berisi informasi aktual dan terkini yang dianggap bermanfaat bagi khalayak umum.
  2. Isi berita dapat menarik perhatian masyarakat sehingga dalam penyajiannya membutuhkan teknik penyampaian tersendiri.
  3. Informasi yang disampaikan dalam berita sesuai fakta sehingga publik dapat mempercayainya.
  4. Isi berita disampaikan dengan jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana atau mudah dimengerti.

Syarat-Syarat Suatu Berita

Berita yang dianggap bermanfaat dan sesuai dengan kode etik jurnalistik harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun beberapa syarat berita adalah sebagai berikut:

  1. Sesuai Fakta, informasi yang disampaikan dalam berita harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya di lapangan.
  2. Berita Aktual,  informasi yang disampaikan merupakan fakta terkini dimana jarak waktu antara kejadian dan penyiaran berdekatan.
  3. Berimbang, informasi yang disampaikan harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya, tidak memihak atau memojokkan suatu pihak untuk mempengaruhi masyarakat.
  4. Lengkap, informasi di dalam berita yang disampaikan harus lengkap sehingga tidak membuat masyarakat bingung.
  5. Sistematis, penyampaian isi informasi berita disusun secara sistematis sehingga masyarakat lebih mudah memahaminya.
  6. Akurat, isi berita harus melalui proses konfirmasi dari pihak terkait sehingga akurat dan tidak dibuat- buat untuk kepentingan tertentu.
  7. Menarik, cara penyampaian berita harus dibuat semenarik mungkin tanpa mengesampingkan tujuan utama dari berita tersebut, yaitu manfaatnya bagi pembaca/ pendengar.
  8. Mudah Dimengerti, penggunaan dan penyampaian kata di dalam berita harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

Struktur Bagian Berita

Secara umum, di dalam berita terdapat beberapa bagian yang menyusunnya menjadi satu kesatuan. Adapun struktur bagian berita adalah sebagai berikut:

  1. Headline, lebih kita kenal dengan judul berita yang berguna sebagai informasi awal tentang peristiwa yang diberitakan.
  2. Deadline, biasanya terdiri dari nama media, tempat peristiwa, dan tanggal peristiwa. Tujuan adanya deadline adalah untuk menjelaskan nama media serta tempat dan tanggal peristiwa yang diberitakan.
  3. Lead, lebih kita kenal dengan teras berita yang merupakan intisari dari suatu berita.
  4. Body, lebih dikenal dengan badan berita yang isinya menjelaskan peristiwa dengan bahasa yang ringkas, padat, dan jelas.

Jenis-Jenis Berita

Dalam dunia jurnalistik, berita dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Mengacu pada pengertian berita di atas, adapun jenis-jenis berita adalah sebagai berikut:

1. Straight News

Pengertian berita langsung (straight news) adalah suatu berita yang ditulis secara singkat dan lugas. Pada umumnya halaman depan surat kabar menggunakan berita langsung.

Jenis berita langsung dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Hard News; berita yang berisi informasi mengenai peristiwa khusus yang terjadi secara tiba-tiba. Dengan kata lain, informasi yang disampaikan sangat penting untuk segera diketahui khalayak.
  • Soft News; berita yang berisi informasi pendukung dan nilainya di bawah hard news.

2. Depth News

Pengertian berita mendalam (dept news) adalah suatu berita yang mengalami pengembangan dengan mendalami berbagai hal yang terdapat di dalam informasi dasar.

3. Investigation News

Berita investigasi adalah berita yang mengalami pengembangan berdasarkan hasil penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber informasi.

4. Interpretative News

Interpretative news adalah suatu berita yang dikembangkan dengan disertai penelitian dan pendapat dari penulis atau reporternya.

5. Opinion News

Berita opini adalah suatu berita yang menyampaikan informasi berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal. Pada umumnya, pendapat tersebut berasal dari seorang ahli, cendekiawan, atau pejabat.

6. Comprehensive News

Comprehensive news merupakan berita yang berisi laporan mengenai fakta dari suatu peristiwa yang ditinjau secara menyeluruh.

7.Feature Story

Dalam Feature story, penulis mencari fakta yang akan menarik pembaca. Penulis memberikan reading experiences pada pembaca dengan menyajikan berita yang ditulis dengan gaya penulisan humor sehingga membuat pembaca tertarik.

8. Editorial Writing

Editorial writing merupakan berita yang ditulis secara khusus sebagai representasi dari pikiran suatu institusi. Pikiran tersebut diuji didepan sidang pendapat umum. Sehingga penulis editorial bukan menulis atas nama dirinya sendiri, melainkan atas nama sebuah surat kabar, majalah atau stasiun radio dan televisi. Oleh sebab itu penulis editorial kemungkinan akan diberi instruksi sebelum menulis. Editorial menyajikan fakta dan opini, menafsirkan berita penting dan mempengaruhi pendapat umum mengenai sesuatu hal.

Red_

Bagikan :
error: Protect !!!