Penataan Alun-Alun Garut Rampung, Bupati Mengaku Puas

Berita Utama1269 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

 

ALUN-ALUN Garut dalam waktu dekat ini akan memiliki wajah baru. Hal itu seiring dengan rampungnya penataan pusat icon kota dodol itu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Garut, yang pengerjaannya dilakukan sejak beberapa bulan kebelakang.

 

Sekretaris Disperkim Garut, Ajid Sayidin menyebutkan, pembangunan Alun-alun Garut menghabiskan dana sekitar 12.7 Miliar Rupiah lebih, dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.

 

“Alun-Alun Kabupaten Garut dibangun atau diperbaiki menjadi lebih bagus, ini sumber anggaran dari APBD Provinsi Jawa Barat melalui bantuan provinsi senilai sekitar 12 miliar lebih,” ujar Ajid, saat memantau persiapan peresmian, di Alun-Alun Garut, Kamis (20/01/2022).

Pembangunan Lapang Ottista yang memakan waktu 150 hari kerja ini, dikerjakan oleh salah satu penyedia jasa yang merupakan putra daerah dari Garut, yakni PT. Tridaya Putra Bungsu.

 

“Selanjutnya ini melalui lelang, yang mendapatkan lelang proyek ini adalah putra Garut ya, dari PT Tridaya Putra Bungsu, ini putra Garut sendiri, dilaksanakan sekitar 4 bulan yang lalu dan Alhamdulillah telah selesai,” ucapnya.

 

Wajah baru dari Alun-Alun Garut ini memiliki 10 fasilitas penunjang di antaranya tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, play ground atau tempat bermain, tugu di 4 sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

 

Alun-Alun Garut yang rencananya akan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada hari Minggu pagi 23 Januari 2022 ini, imbuh Ajid, diharapkan bisa dipelihara secara baik oleh masyarakat Garut.

Inline Related Posts  Diprakarsai Orangtua Murid, SDN 4 Regol Garut Kota Lakukan Study Tour ke Observatorium Bosscha dan Museum Geologi Bandung

 

“Selanjutnya sarana ini untuk publik dan diharapkan ini mohon untuk dipelihara bersama-sama oleh warga Garut, dan ini diharapkan untuk sampahnya (dibuang ke tempatnya), sarana prasarana yang sudah ada itu dipelihara sama-sama, untuk memiliki (dan) memelihara supaya tetap lestari, tetap bagus. Nah, rencananya akan diresmikan oleh Pak Gubernur (Jawa Barat) sekitar hari Minggu tanggal 23 Januari 2022,” harapnya.

 

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Alun-Alun Garut ini, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku puas, karena proses pembangunannya bisa tepat waktu.

 

“Ini adalah pusat di mana masyarakat menjadi alun-alun (sebagai) bagian dari satu simbol bagi suatu pemerintah daerah, saya bergembira ini tepat waktu karena di Garut ini kebanyakan tidak tepat waktu,” ujar Bupati Garut dalam acara Soft Opening Alun-Alun Garut, Sabtu (11/12/2021).

 

Bupati Garut pun berharap, semoga dengan adanya revitalisasi Alun-Alun Garut ini, nantinya mampu membangkitkan ekonomi Kabupaten Garut yang selama 2 tahun terakhir cukup tergoncang akibat adanya wabah pandemi Covid-19.

 

Red_FR ()