Pemdes Sukakarya Bersama Forkopincam Samarang dan Masyarakat Gelar Penghijauan di Lahan Kritis Pasir Ucing

oleh -3 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PEMERINTAHAN Desa Sukakarya kecamatan Samarang kabupaten Garut bersama Forkopincam Samarang, Perwakilan Dinas LHKP Garut, Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan, menggelar kegiatan penghijauan bersama di daerah lahan kritis Pasir Ucing.

Pada kegiatan ini, mereka secara simbolis melakukan penanaman sebanyak 50 jenis pohon pilihan di beberapa titik lahan yang dianggap rawan bencana longsor.

Diketahui, kegiatan penghijauan yang diprakarsai pihak Desa Sukakarya ini merupakan lanjutan dari kegiatan penghijauan sebelumnya, dimana pada saat itu telah pula ditanami 1000 batang pohon dari berbagai jenis dilokasi tersebut.

Ditemui usai kegiatan Kepala Desa Sukakarya, Aep Saepudin mengatakan, kegiatan penghijauan hari ini sebagai simbolis, setelah ini kita akan tanam 1000 batang pohon lagi. Beberapa bulan kebelakang di lokasi Pasir Ucing ini, kita juga telah menanam 1000 pohon, waktu itu bekerjasama dengan PWI.

“Keadaan tanah di Pasir Ucing itu sangat labil dan rawan akan bencana longsor, makanya kami bersama para warga berusaha untuk menanaminya,” ujar Aep di kantor Desa Sukakarya kepada wartawan Media Fakta dan Realita, Kamis (28/01/2021).

Dengan adanya kegiatan penghijauan ini, kata Aep, masyarakat pun harus ikut menjaga keberadaan pohon-pohon ini agar tumbuh dengan baik, karena pohon yang ditanam ini selain berfungsi untuk mencegah bahaya longsor, juga bisa menyerap dan menyimpan cadangan air sehingga ekosistem di kawasan ini bisa tetap terjaga.

” Apalagi pohon-pohon yang kita tanam ini akan mempunyai nilai ekonomis nantinya. Yang kita tanam itu, ada pohon petai, pohon Durian, Pohon Mangga dan pohon buah-buahan lainnya,” pungkas Aep.

Berdasarkan pantauan Media Fakta dan Realita, kawasan Pasir Ucing ini sering digunakan sebagai tempat kegiatan perkemahan atau Camping Area dan juga touring pendakian. Topografi alam Pasir Ucing ini berkelok-kelok dan berbukit-bukit. Untuk sampai ke kawasan ini, ada jalur khusus bagi para pengunjung, berupa tangga menanjak lebih kurang sepanjang 200 meter, dengan kemiringan hampir 70 derajat.

Dengan melihat pemandangan alam Pasir Ucing yang begitu mempesona. Patut kiranya kawasan tersebut dikelola dan dikembangkan dengan baik agar nantinya bisa menjadi destinasi wisata pegunungan baru yang dapat menarik minat wisatawan sehingga bisa serta merta menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Reporter: Ujang Son | Editor: Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.